Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Latihan Penafasan Untuk Kesehatan Tubuh - Tubuh manusia membutuhkan oksigen guna menjalankan sistem tubuh yang ada. Salah satunya adalah sistem pernafasa, dimana tubuh sangat membutuhkan yang namanya oksigen. Tubuh manusia bernapasan kurang lebih 20.000 kali perhari. Dengan teknik pernapasan yang baik, maka paru-paru pun juga pasti dalam kondisi baik.

Pada paru-paru yang sehat dapat memiliki kapasitas penyimpanan jumlah udara yang banyak. Dan hasilnya dengan mempunyai kapasitas penyimpanan udara yang banyak, maka tubuh tidak akan mudah kelelahan atau ngos-ngosan.
Latihan Penafasan Untuk Kesehatan Tubuh

Sayangnya, seiring berjalannya usia kita semakin tua. Maka kemampuan paru-paru mulai menurun. Oleh karena hal tersebut Anda perlu melakukan program latihan pernpasan untuk menjaga dan mempertahankan serta meningkatkan kapasitas paru-paru Anda agar lebih kuat dan sehat.

Latihan Penafasan Untuk Kesehatan Tubuh


Dengan melakukan program latihan pernapasan untuk kesehatan tubuh yang baik dan benar. Maka hasilnya adalah paru-paru dapat mempunyai penyimpanan oksigen yang lebih banyak. Dan inilah bentuk atau jenis latihan pernapasan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Pengertian Latihan Pernapasan

Latihan pernafasan adalah latihan dasar dalam mengatur pernapasan, dimana bisa juga digunakan untuk melatih vokal nada maupun untuk memeriksa kesehatan dalam tubuh kita sendiri. Seperti jika ANda mengalami pernapasan terasa tidak lancara, pasti ada bagian tubuh kita yang tidak bekerja dengan baik. Itu bisa disebabkan oleh aliran darah tidak lancar, sehingga sistem pernpasan terganggu. Oleh karena itu berlatih pernapasan sangat baik dilakukan untuk memelihara kesehatan badan kita.

Tujuan Latihan Pernapasan

  • Beberapa tujuan latihan pernafasan yaitu:
  • Mengatur frekuensi sertabpola napas sehingga kita bisa mengurangi air trapping.
  • Memperbaiki fungsi diafragma.
  • Memperbaiki mobilitas sangkar toraks.
  • Memperbaiki ventilasi alveoli untuk memperbaiki pertukaran gas tanpa meningkatnya kerja sistem pernapasan. Sehngga lebih efisien.
  • Mengatur serta mengkoordinir kecepatan pernapasan sehingga proses pernafasan kita lebih efektif dan efisien.


Latihan Pernafasan yang Benar

Dengan melatih pernapsan Anda, maka otot-otot pernapasan akan meningkatkan lebih kuat. Oleh karena itu zona pelatih menjelaskan beberapa pola/metode atau cara olah pernapasan untuk kesehatan yang sederhana dan mudah.

Berikut Mcam-Maacam Teknik Latihan Pernapasan:

1. Latihan Pernapasan Diafragma

Jenis latihan pernafasan ini melibatkan diafragma serta bagian perut Anda. Dengan teknik pernapasan ini perut akan terisi penuh dan mengembang ketika udara/oksigen masuk ke bagian perut, ketika itu dada tidak bergerak banyak.

Cara melakukan latihan napas diafragma selama 5 menit:
  • Duduklah dengan santai dan sambil bersandar.
  • Letakkan tangan kanan Anda di perut dan tangan kiri di dada.
  • Lalu tarik nafas melalui hidung selama 3 detik, sambil rasakan udara bergerak memenuhi perut. Rasakan juga dengan tangan Anda tadi dimaan perut akan semakin membesar.
  • Pada saat itu usahakan perut lebih banyak bergerak lebih banyak jika dibandingkan dengan dada.
  • Kemudian hembuskanlah napas selama 3 detik melalui mulut diaman bibir dibuka sedikit (kecil) dan rasakan juga perut mulai kempis.
  • Ulangi langkah-langkah diatas 10 kali.


#Note
Ketika melakukan latihan teknik pernapasan usahakan bahu tetap santai dan punggung tetap tegak lurus.

2. Teknik Pernapasan Pursed Lips Breathing

Latihan napas pursed lips ini pada dasarnya mengurangi jumlah napas yang diambil dan membuat saluran udara terbuka lebih lama. Cara melatihnya cukup mudah, Anda hanya cukup tarik napas melalui hidung dan dikeluarkan melalui mulut selama mungkin (secara perlahan) dengan bibir yang mengerucut.

Cara melakukan latihan pernapasan pursed lips:
  • Hiruplah udara secara perlahan melalui luabng hidung.
  • Lalu hembuskan napas dengan sangat perlahan melalui mulut dengan bibir dibuka sedikit.
  • Ulangi beberapa kali hingga Anda merasakan rileks. Anda bisa melakukan dengan cara berdiri maupun sambil duduk.


3. Latihan Rib Stretch

Kunci dari latihan pernapasan rib stretch ini adalah Anda diharuskan mengambil napas panjang selama 10-25 detik dan menahan udara di paru-paru.

Dengan teknik pernapasan ini kita juga telah melatih meningkatkan kapasittas paru-paru kita. Lakukan latihan ini sehari 3 kali saja denan durasi perlatihan 2-5 menit. Dengan begitu paru-paru kita juga akan lebih efektif kerjanya.

4. Latihan Numbered Breathing

Teknik latihan numbered brathing ini lebih difokuskan untuk meningkatkan kapasitas daya tampung dalam paru-paru. Kunci dalam melakukan teknik pernafasan ini adalah dengan melakukan perhitungan 8 kali secara kontinyu.

Cara melakukan teknik pernapasan numbered:
  • Ambil posisi berdiri dengan mata terturup.
  • Ambillah napas, dengan membayangkan Anda sedang menghitung angka 1. Kemudian tahan hingga beberapa detik, selanjutnya hembuskan napas melalui hidung.
  • Lalu ambillah napas dengna membayangkan menghitung angka 2.
  • Kemudia tahan sekian detik dan hembuskan melalui hidung.
  • Lakukan berulang kali hingga Anda membayangkan sudah menghitung angka mencapai 8.


5. Latihan Kekuatan Paru Pranayama

Teknik latihan pernapasan paru pranayama ini dilakukan dengan posisi duduk. Dan ketika bernafas bergantian menggunakan lubang hidung kanan dan kiri. Berikut cara melakukannya:

  • Ambil posisi duduk dengan punggung tegak lurus. Pandangan lurus ke depan.
  • Tutuplah lubang hidung kanan dengan jari jempol Anda.
  • Tariklah napas panjang (sedalam-dalamnya yang Anda bisa).
  • Setelah sudah maksimal mengambil nafas, maka tutuplah lubang hidung kiri Anda dengan jari kelingking Anda dan bukalah lubang hidung kanan Anda. Dan hembuskan napas melalui lubang kiri ANda.
  • Lakukan sepeti itu secara bergantian sampai 10 kali.


Manfaat Latihan Penapasan

Dengan melakukan latihan pernapasan secara rutin dan benar, maka Anda akan memperoleh banyak sekali manfaatnya. Antara lain:

  • Mengurangi stres serta kecemasan
  • Memberikan energi lebih.
  • Memperkuat tubuh.
  • Mengurangi rasa sakit.
  • Meringankan sakit asma.


Selain teknik pernapasan di atas Anda juga harus menguasai teknik dasar pernapasan terlebih dahulu. Seperti teknik dasar nafas dengan perut, dada dan kombinasi keduanya.

Teknik Dasar Pernapasan

Teknik Dasar Pernafasan Perut

Mulailah dengan manarik naafas dan biarkan udara masuk ke dalam perut, sehingga perut akan menjadi lebih buncit dikarenakan perut menjadi menggembung. Dan ketika menghembuskan nafas makan perut akan mengempis kembali.

Lakukan teknik dasar nafas perut ini dengan posisi duduk tegak. Bisa duduk diatas kursi ataupun duduk dilantai dengan kaki bersila. Dan cobalah lakukan teknik ini beberapa kali hingga Anda terbiasa dan merasa santai.

Teknik Dasar Pernapasan Dada

Caranya adalah kebalikan dari teknik dasar nafas perut. Ketika menarik napas kita fokuskan pada dada Anda. Sehingga dada ANda akan mengembang, dan pundak pun ikut bergerak ke atas.

Teknik Dasar Gabungan Pernapasan Perut dan Dada

Cara melakkukan menarik nafas sedalam-dalamnya hingga perut, dada mengembang dan juga pundak naik. Lalu hembuskan napas hingga perut, dada mengempis serta pundak turun kembali keposisi semula.

Nah itulah makalah tentang Latihan Penafasan Untuk Kesehatan Tubuh. Selain itu Anda juga bisa mencarai refrensi lainnya seperti contoh olahraga pernapasan ataupun teknik penyembuhan menggunakan pernapasan.

Silahkan Anda pelajari dan berlatih. Semoga manfaat dari latihan pernapasan ini bisa Anda rasakan manfaatnya untuk kesehatan badan kita. Dan jangan lupa share artikel ini ya!

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Latihan Penafasan Untuk Kesehatan Tubuh