Tahapan Belajar Renang yang Benar Untuk Pemula
Tahapan Belajar Renang yang Benar Untuk Pemula
Penulis wiwa coret

Tahapan Belajar Renang yang Benar Untuk Pemula

Tahapan belajar berenang -  Belajar dan berlatih berenang sangatlah penting diajarkan untuk anak-anak maupun pemula, serta berguna juga untuk mengembangkan potensi diri seseorang. Oleh karena hal tersebut begitu penting untuk Anda memahami tahapan yang benar dan baik dalam belajar berenang bagi pemula maupun anak-anak.

Pengertian renang secara umum adalah suatu upaya untuk dapat mengapung atau mengangkat tubuh ke atas permukaan air agar kita tidak tenggelam. Renang merupakan suatu aktivitass manusia ataupun hewan yang dilakukan di air, entah itu di sungai, laut, danau ataupun kolam renang, dengan usaha mengangkat badannya untuk tetap mengapung agar mudah bernapas dan bergerak sesuka hati entah maju maupun mundur serta menyelam.

Tahapan Belajar Renang yang Benar Untuk Pemula
Latihan berenang yang benar

Renang sendiri termasuk salah satu cabang olahraga yang tercantum pada kurikulum pendidikan jasmani dan olahraga. Namun dikarenakan keterbatasan pengadaan kolam renang di sekolah-sekolah, maka renang tidak diwajibkan untuk kegiatan di sekolah. Namun bagi sekolah-sekolah yang mampu mengajarkan boleh diberikan pelajaran prakteknya.

Belajar Berenang yang Benar

Belajar dan berlatih renang sangat bagus untuk kesehatan badan serta lebih mudah dalam mengembangkan otot-otot tubuh secara menyeluruh. Aktivitas renangpun juga bisa difungsikan untuk ajang rekreasi keluarga. Dan berenang juga mempunyai dampak untuk keselamatan, karna dapat menghindari diri dari bahaya tenggelam. Oleh karena hal tersebut maka sangatlah penting kita memulai belajar renang.

Tahapan Cara Belajar Berenang yang Benar

Belajar berenang jika sesuai dengan tahapan-tahapannya maka Anda akan lebih mudah dan cepat bisa. Namun jika belajar renang Anda asal-asalan, saya jamin Anda akan mengalami kesulitan dalam belajar renang. Apalagi jika Anda takut dengan air. Oleh karena itu silahkan simak dan praktekkan penjelasan tentang tahapan belajar renang yang baik dan benar untuk pemula dan anak-anak.

1. Pengenalan Air

Dalam belajar berenang pada tahap pertama dan paling utama bagi seorang anak-anak ataupun seorang pemula yaitu adalah tahap pengenalan air.

Pengenalan air ini bertujuan untuk meminimalisir/menghilangkan rasa takut terhadap air dan juga lebih mengenalkan sifat-sifat air. Seperti sifat air basah, dingin dan sebagainya.

Pengenalan air sangatlah penting dilakukan, apalagi jika Anda atau anak anda mempunyai perasaan takut air atau phobia, takut dengan kedalaman air kolam, punya traumatik tentang keselamatan di air. Tahap pengenalan ini akan sangat berguna untuk hal tersebut.

Cara atau bentuk pengenalan air untuk anak-anak atau pemula

  • Duduklah dengan kedua kaki berjuntai di pinggi kolam renang, kemudia ayun-ayunkan kedua kaki secara bergantian ke depan ke belakang pada permukaan air.
  • Masuk dan berdiri atau juga bisa divariasikan untuk berjalan menyusuri kolam reanng yang dangkal.
  • Duduklah dengan posisi mengkangkang dan bungkukkan badan ke depan sehingga bagian wajah Anda masuk ke permukaan air dan jangan lupa buka kedua mata Anda. Biarkan Anda melihat dasar kolam renangnya.
  • Selanjutnya masukkanlah seluruh bagian kepala ke air.
  • Jongkoklah di dasar kolam renang dengan memegang kedua lutut Anda dengan tangan.


Selain itu Anda juga bisa dengan metode permainan di kolam renang. Bisa dengan mempersiapkan alat mainan maupun permainan di kolam renang, seperti balapan berjalan dari ujung ke ujung. Atau juga bisa bermain percik-percikan air dan juga bermain mengambil benda ke dasar air (pilih kolam yang dangkal)


Adapun tujuan khusus dalam pengenalan air yaitu:

  • Agar Anda atau anak-anak/pemula mengetahui serta merasakan adanya perbedaan gerak di darat dengan di dalam air.
  • Supaya Anda atau anak-anak/pemula memahami adanya pengaruh air terhadap gerakan yang dilakukan.
  • Supaya Anda atau anak-anak/pemula dapat merasakan adanya pengaru serta rangsangan terhadap pernapasan.
  • Agar anak-anak/pemula lebih paham pengaruh air terhadap keseimbangan tubuh dan pergerakan.
  • Memupuk dan meyakinkan anak-anak/pemula untuk mulai menghilangkan rasa takut terhadap air.


2.Cara Bernapas dalam Air (membuang dan mengambil nafas)

Bagi yang baru pertama kali belajar berenang (orang awam) pastilah akan kesulitan dalam hal bernapas dalam air (cara membuang/menghirup napas). Karena mereka belum beradaptasi bagaimana cara mengambil udara di atas permukaan air kolam kemudia masuk ke air dan membuang napas melalui mulut secara perlahan (seperti orang meniup).

Dari gambaran diatas maka zona pelatih memberikan bentuk latihan membuang napas/bernapas di dalam air. Oleh karenanya silahkan simak dengan baik.

Sebelum masuk ke dalam kolam renang, sebaiknya anda berlatih dahulu bagaimana cara menghirup napas melalui mulut dan mengeluarkan secara pelan-pelan melalui mulut/hidung. Rasakan iramanya agar menjadi terbiasa dan otomatis kemudian. Jika dirasa sudah mulai terbiasa Anda bisa mencobanya dengan masuk ke kolam renang yang dangkal.

Hiruplah udara melalui mulut, selanjutnya tahan dan masukkan ke dlam permukaan air (boleh jongkok atau menunduk. Setelah itu buanglah npasa secara perlahan bisa melalui mulut ataupun hidung. Lakukan berulang kali hingga Anda terbiasanya.

3. Berlatih Mengapung

Teknik mengapung dalam proses belajar renang adalah teknik yang wajib dikuasi dan sangatlah penting untuk dikuasi. Karena akan berpengaruh terhadap gerakan-gerakan pada gaya renang dikemudia hari.

Alasan kenapa teknik mengapung wajib dikuasi adalah karena mengapung merupakan teknik paling dasar dalam berenang untuk semua gaya renang yang ada. Oleh karena itu ketika Anda berlatih mengapung, usahakan tidak hanya dalam satu sikap saja.

4. Latihan Gerakan Kaki

Mulailah berlatih gerakan kaki untuk gaya renang bebas. Karena teknik renang gaya bebaslah (front crawl) yang paling mudah dipelajari dan dilatihkan.

Alasan kenapa latihan gerakan kaki dalam renang sangat penting yaitu karena gerakan kaki mempunyai peran yang cukup penting dalam berenang, hal tersebut karena beberapa hal berikut:
  • Kaki merupakan kekuatan terbesar dalam usaha untu bergerak maju dan sudah jelas kekuatan gerakan kaki lebih besar dibandingkan dengan lengan.
  • Kaki merupakan pendayung yang besar dikarenakan bidang daratan kaki jauh lebih besar dibandingkan dengan lengan.
  • Kaki terletak di bagian belakang badan, sehingga jelas lebih emnguntungkan untuk membantu bergerak ke depan.


5. Latihan Gerakan Lengan dan Tangan

Latihan gerakan lengan/tangan ini akan diarahkanke gaya renang bebas/krol. Jika gerakan tangan/lengan renang gaya bebas/front crawl ini Anda kuasai, maka Anda akan lebih mudah dalam mempelajari gaya renang yang lain.

6. Latihan Gabungan Gerakan Kaki, Lengan dan Bernapas

Setelah Anda menguasi gerakan kaki dan lengan, selanjutnya Anda harus belajar mengkombinasikan kedua gerakan tersebut. Dan ini artinya Anda telah belajar renang secara keseluruhan.

Jika Anda mampu menguasai gerakan gabungan/kombinasi mengambil napas, gerakan kaki dan lengan tersebut, maka Anda sudah bisa dikatakan dapat berenang.

7. Latihan Meluncur

Latihan meluncur bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh dengan air. Jika Anda sulit untuk menguasai keseimbangan tubuh maka tubuh Anda akan tenggelam (menyelam ke dasar kolam)

Tahapan Belajar Renang yang Benar Untuk Pemula
Latihan meluncur

Cara melatih gerakan meluncur yaitu:

  • Berdiri di tepi kolam renang dengan sikap membelakangi dinding kolam, salah satu kaki (pilihlah kaki terkuat) menempel pada dinding kolam guna melakukan tolakan.
  • Kedua lengan lurus ke atas samping telinga serta kedua ibu jari saling berkaitan.
  • Ambilah napas dalam-dalam dan condongkan badan ke dapan, lalu ujung jari masuk ke air dan lakukan tolakan kaki hingga badan terdorong ke depan.
  • Ketika meluncur usahakan badan lurus dan biarkan badan berhenti dari melaju ke depan.


Nah itulah tahapan belajar berenang yang benar untuk pemula dan anak-anak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya!
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahrag dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Tahapan Belajar Renang yang Benar Untuk Pemula"