Pengertian dan Tujuan Melakukan Senam Lantai

Artikel Unggulan

Beberapa Jenis Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula/glukosa yang t...

Pengertian dan Tujuan Melakukan Senam Lantai
Penulis WW

Pengertian dan Tujuan Melakukan Senam Lantai

Senam bisa kita artikan sebagai setiap bentuk pembelajaran fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih serta terencana guna mencapai tujuan tertentu (bisa untuk proses pembelajaran PENJAS atau pun prestasi olahraga senam).

Tujuan Melakukan Senam Lantai zonapelatih

Oleh karena hal di atas, kita dapat melihat bahwa olahraga senam disusun berdasarkan sistematika tersendiri, dan mempunyai tujuan yang hendak dicapai seperti daya tahan, kekuatan, kelenturan, koordinasi, atau bisa juga diperluas untuk membentuk seorang atlet untuk berprestasi, membentuk tubuh yang ideal serta memelihara kesehatan.

Pengertian Serta Manfaat Melakukan Senam Lantai Secara Rutin


Menurut organisasi Federation International Gymnatiqua (FIG), senam dapat dikelompokkan menjadi 3 macam:
  1. Senam Artistik (artistic gymnastics).
  2. Senam ritmik (sportive rhymic gymnastics).
  3. Senam umum (general gymnastics).

Pengertian Senam Lantai

Senam lantai adalah salah satu cabang olahraga yang dilakukan di atas permukaan lantai serta beralaskan sebuah matras.

Mastras sendiri berupa kasur tebal yang berisi kapuk atau busa yang berguna sebagai alas untuk olaharaga senam lantai. Berguna untuk melindungai dan mengurangi resiko atlet senam lantai dalam melakukan gerakan-gerakan senam lantai, apabila terjatuh.


Senam lantai bisa dikatakan juga masih satu dari rumpun senam. Sesuai dengan istilah kata "lantai", maka gerakan-gerakan ataupun bentuk pembelajarannya dilakukan di lantai. Sehingga lantai atau matraslah merupakan alat wajib yang harus digunakan untuk senam lantai. Senam lantai disebut juga dengan istilah pembelajaran bebas.

Tujuan dan Manfaat Melakukan Senam Lantai

Tujuan melakukan senam lantai adalah untuk meningkatkan kemampuan melakukan bentuk-bentuk gerakan senam lantai sendiri juga sebagai pembelajaran pembentukan kemampuan untuk melakukan gerakan senam dengan alat.

Manfaat Senam Lantai Secara Umum

  1. Menjaga kebugaran tubuh.
  2. Kesehatan tubuh lebih terjaga.
  3. Mampu memperbaiki bentuk tubuh yang kurang proposional.
  4. Dapat mengurangi berat badan.
  5. Tubuh menjadi lebih lentur.
  6. Sebagai proses dalam pembentukan tubuh.
  7. Dapat menambah tinggi badan.
  8. Membantu dalam penguatan tulang.
  9. Bisa sebagai detoksifikasi, membantu proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh bersamaan keluarnya keringat hasil melakukan senam lantai.
Nah itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika senam lanati dilakukan secara teratur dan benar.

Cara Melakukan Senam Lantai yang Benar

Untuk melakukan senam lantai yang benar Anda haarus mulai dengan pemanasan terlebih dahulu, baru melakukan kegiatan inti. Setlah itu Anda harus melakukan pedinginan juga.

Yang tepenting Anda harus melakukan pemanasan dan juga pendinginan, itulah kunci dalam melakukan senam lantai maupun cabang olahraga lainnya.

Nah semoga dengan membaca Pengertian dan Tujuan Melakukan Senam Lantai, anda bisa paham dan melakukan senam lantai dengan benar. Smeoga manfaat dari senam lantai yang benar bisa Anda rasakan untuk kesehatan badan Anda dan keluarga.
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahrag dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Pengertian dan Tujuan Melakukan Senam Lantai"