Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Manfaat berenang untuk ibu hamil dan janin - Manfaat renang bisa Anda jadikan pertimbangan khusus untuk memberikan pilihan olahraga kepada ibu yang sedang hamil. Karena berenang mempunyai banyak manfaat bagi perkembangan janin serta kesehatan ibu hamil. Selain itu berenang merupakan olahraga yang aman untuk ibu hamil dan janin di kandungan, sehingga janin pun akan menjadi lebih sehat.

Ketika ibu sedang hamil, kebanyakan ibu menjadi malas untuk olahraga karena mereka takut jika janinnya bermasalah maupun terguncang karena suatu aktivitas. Padahal, program renan untuk ibu hamil merupakan olahraga paling efektif yang mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan janin.

Inilah Manfaat Renang Untuk Perkembangan Ibu Hamil dan Janin


Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil dan Janin

Salah satu cabang olahraga yang paling banyak dianjurkan khusus ibu hamil adalah renang, jenis olahraga akuatik ini merupakan jenis olahraga yang paling baik dilakukan oleh para ibu hamil. Karena memang terbukti banyak manfaatnya bagi ibu hamil. Berikut manfaat berenang untuk ibu hamil dan janis beserta tips nya yang perlu Anda ketahui:

1. Menyembuhkan pembengkakan dan varises

Varises serta pembengkakan merupaakan dua masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Jika tiak percaya Anda bisa melihat orang yang sedang hamil tua, biasanya kaki membengkak serta otot varises kelihatan. Oleh karena itu ajaklah ibu hamil untuk berenang, supaya membantu mengatasi ketegangn dan rasa sakit pada tubuh. Selain itu berenang juga bermanfaat untuk menghilangkan pembengkakan dan varises pada kaki ibu hamil.

2. Menjadi latihan fisik yang membuat tubuh ibu hamil semakin stabil

Pada penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang sudah mulai berenang pada trimester awal memiliki kesempatan untuk dapat melahirkan lebuh mudah serta cepat daripada ibu hamil yang tidak berenang. Selain itu, ibu hamil yang rutin berenang mempunyai punggung yang lebih kuat dan sehat daripada ibu yang tidak berenang.

Kita tahu bahwa ibu hamil tidak boleh tidur tengkurap dan kita jarang banget melihat ibu hamil dengan posisi tengkurap. Nah dengan berenang para ibu hamil bisa melakukan posisi tengkurap dan itu menjadikan kenikmatan tersendiri bagi bumil, karena bisa bergerak bebas ketika berenang. Olahraga renang juga dapat mengurangi risiko keguguran karena adanya akibat dari pergerakan otot yang berlebihan.

Selain itu berenang juga bermanfaat untuk melemaskan kembali ketegangan pada otot-otot punggung bumil.


3. Memperbaiki sistem kardiovaskuler, respirasi, dan peredaran darah

Manfaat berenang untuk ibu hamil lainnya adalah dapat melancarkan sirkulasi darah, getah bening, dan paru-paru menjadi lebih baik, akibat adanya tekanan air yang berbeda ketika berenang. Selain itu sistem pernapasan ibu hamil menjadi lebih bagus sehingga membuat janin bunda mendapatkan oksigen yang cukup.

4. Melatih pernapasan mama dan janin

Berlatih pernapasan pada dasarnya bisa dilakukan diluar kolam renang/ di darat. Namun proses pernapasan ketika berenang akan membuat proses pernapasan menjadi lebih alami. Hal inilah yang akan membuat pernapasan sang janin lebih kuat dan sehat.

Apalagi selama proses persalinan, bayi berpotensi mengalami anoksia (kekurangan oksigen). Oleh karenanya laltihan bernapas ketika berenang tidak hanya melatih paru-paru sang bunda saja, namun juga berpengaruh terhadap janin.

5. Berenang untuk ibu hamil dapat memperkuat sistem imun tubuh

Berenang dengan teratur dapat meningkatkan sistem imun bagi ibu hamil. Ini dikarenakan perbedaan suhu di air dengan suhu di daratan, sehingga efeknya dapat meningkatkan kekebalan tubuh (daya tahan) bumil dan janin yang semakin sehat di dalam kandungan.

6. Berenang dapat menjaga berat badan teap ideal

Perlu Anda ketahui berenang dapat membakar 600 kalori dalam tubuh. Oleh karena itu bumil tidak perlu risau apalagi takut jika berat badan akan naik ketika hamil. Jadi jika berat badan Anda naiknay tidak banyak (normal), maka keuntungannya bagi ibu hamil adalah ketika melahhirkan Anda akan lebih mudah dalam menguruskan berat badan Anda menjadi ideal lagi.

7. Berenang membantu posisi janin lebih baik

Berenang dapat membuat tubuh ibu hamil rileks sehingga janin dan bumil merasakan ikatan emosi positif. Selain itu ketika bumil berenang akan membantu sang janin menemukan posisi yang tepat di dalam rahim. Dan manfaat lain berenang yaitu dapat menghilangkan riseiko adanya plasenta previa.

8. Berenang yang rutin dapat menjaga kestabilan emosi bumil

Renang khsus ibu hamil akan membuat ibu lebih percaya diri dan membuat kondisi mental buil menjadi lebih baik, sehat dan bugar. Sehingga ibu hamil yang rutin berenang tidak akan mudah mengalami tekanan psikis selama mengandung hingga melahirkan bayi.

9. Tidur lebih nyenyak

Setelah berenang membuat otot-otot tubuh menjadi lemas dan rileks, sehingga dapat membuat ibu hamil tidurnay lebih nyenyak dan nyaman.

Itulah beberapa manfaat berenang bagi ibu hamil. Namun telepas dari manfaat renang tersebut, zonapelatih tetap menyarankan untuk tetap konsultasi ke dokter kandungan mengenai apakah Anda boleh melakan olahraga renang atau tidak. Karena adanya hal tertentu bumil tidak dianjurkan untuk berenang. Karena Anda juga harus mengetahui kemungkinan riseko alergi pada air kolam (klorin), dan flek pada vagina.


Tips Berenang Untuk Ibu Hamil


  1. Sebelum berenang usahakan ibu hamil minum segelas air. Dan setiap 15 menit minum segelas air lagi. Ini dimaksudkan agar ibu hamil tidak dehidrasi.
  2. Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum berenang dan juga melakukan pendinginan setelah selesai berenang.
  3. Sebelum masuk kolam renang alangkah baiknya Anda mandi atau membasahi terlabih dahulu seluruh tubuh dengan air bersih.
  4. Ketika ibu hamil baru memasuki usia kehamilan trimester pertama, lama waktu berenang cukup 30 menit saja.
  5. Berenanglah pada waktu pagi hari, ini bisa berfungsi untuk mengurangi rasa mual dan muntah untuk ibu hamil.
  6. Gunakan baju renang yang sesuai, Anda bisa menggunakan baju renang khusus ibu hamil. Ini supaya Anda tetap merasa nyaman ketika berenang karna baju yang Anda pakai tidak menekan perut Anda yang membesar.
  7. Perhatikanlah kandungan air kolam, apakah berkaporit atau tidak. Usahakan pilih kolam renang yang tidak ada kaporitnya, karna ditakutkan akan membahayakan bagi kandungan Anda jika air kolam tertelan atau terminum oleh ibu hamil.
  8. Berenanglah dengan santai, dan nikmati setiap gesekan kulit badan dengan air. Pilihlah suhu air kolam yang tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.
  9. Jika Anda belum bisa berenang, Anda bisa mencoba berjalan perlahan di dalam kolam renang yang dangkal, paling tidak tinggi air sedada Anda.
  10. Ibu hamil bisa juga menggunakan sepatu atau alas kaki anti slip (aqua shoes), supaya ibu hamil tidak mudah terpeleset ketika di dalam kolam renang.


Nah inilah artikel tentang manfaat berenang untuk ibu hamil dan juga tips renang yang aman untuk bumil. Semoga bermanfaat buat kita semua. Jika Anda punya tips lain, silahkan tambahakan pada kolom komentar. Dan jangan lupa share!

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Inilah Manfaat Renang Untuk Perkembangan Ibu Hamil dan Janin