Wajib Baca!

Cara Membuat Program Latihan

Cara Membuat Program Latihan Seorang pelatih sudah pasti melatih seorang atlet atau team yang ia tangani. Oleh karena itu seor...

Manfaat renang untuk bayi - Berenang dapat meningkatkan nafsu makan buah hati Anda. Sehingga bila bayi atau anak Anda susah makan bisa coba ajak berenang. Aktivitas berenang akan lebih mengasyikkan, karena berenang juga bisa digunakan salah satu alternatif untuk rekreasi bersama keluarga.

Dan jika bayi Anda hobi berenang di kolam renang atau baby spa, jadikanlah itu sebagai aktivitas rutin agar bayi mendapatkan banyak manfaat dari melakukan renang.

Manfaat Renang Untuk Bayi dan Anak Anda

Manfaat Renang Untuk Buah Hati Anda

Berenang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu juga sangat baik untuk perkembangan bayi Anda. Nah kali ini zona pelatih akan menjelaskan beberapa manfaat renang untuk bayi.

1. Berenang dapat melatih seluru otot pada tubuh bayi

Menurut catatan para peneliti, kepadatan air yang cuma 1 gram per sentimeter kubik itu adalah 800 kali lipat dibandingkan dengan udara, sehingga bagus untuk aktivitas gerak fisik yang dapat meningkatkan kekuatan otot, karena di dalam air kolam beban sangatlah ringan dan bagus untuk persendian. Dan hal inilah juga berlaku untuk melatih otot jantung bauh hati Anda.

Sehingga berenang dapat membuat otot bayi semakin terlatih dan persendian tidak terasa terbebani. Alhasil dapat mempengaruhi tumbuh kembang bayi tersebut.

2. Meningkatkan keterampilan motorik bayi

Manfaat berenang untuk meningkatkan gerak motorik bayi pernah diungkapkan oleh Sigmundsson dan Hopkins bahwa berenang secara teratur dapat memberikan efek positif bagi perkembangan ketrampilan gerak motorik pada bayi.

Selain itu ditemukan perbedaan yang jelas, dimana bayi yang berenang sejak bayi hingga usia 4 tahun, koordinasi mata dan tangan meeka lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak melakukan aktivitas renang sejak bayi.


3. Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan membiasakan bayi berenang sejak usia 6-12 bulan, akan membuat bayi lebih percaya diri terhadap air. Sehingga lebih memudahkan dalam melatih renang.

4. Menjauhkan bayi dari obesitas

Berenang dapat menjauhkan bayi dari obesitas (kegemukan). Para peneliti percaya bahwa dengan melakukan aktivitas olahraga renang dan olahraga lainnya, maka sang bayi akan terhidar dari yang namanya obesitas.

Karena dengan berolahraga akan menjadikan kebiasaan bayi bergerak sejak dini. Dan jika sanak tidak gerak dan hanya diam saja akan merasa tidak nyaman. Dan alhasil si anak akan tubuh bugar, sehat dan berat badan terjaga.

5. Menguatkan ikatan si kecil dengan keluarga

Berenang sejak usia dini dapat menguatkan hubungan ikatan bayi dengan keluarga. Selain itu juga dapat menghilangkan rasa stres orang tua yang dialami ketika merawat si buah hati. Karena pada dasarnya air memberikan efek rileks dan juga menenangkan, kondisi tersebut membuat bayi lebih dekat dengan mama/keluarga yang menemaninya.

6. Berenang meningkatkan nafsu makan serta memperbaiki pola tidur bayi

Pada website swimming.org menuliskan bahwa berenang dapat meningkatkan nafsu makan bayi, ini dikarenakan mereka lebih banyak bergerak dan pastinya membutuhkan energi yang banyak. Sehingga membuat bayi lebih mudah lapar, oleh karenanya bayi membutuhkan asupan energi kemabli.

Selain itu aktivitas renang juga dapat membuat bayi mudah tidur, dikarenakan banyaknya aktivitas gerak ketika berenang membuatnya lelah dan membutuhkan istiraht yang cukup setelah berolahraga.


Tips Mengajak Bayi Berenang

  • Kenalkanlah olahraga renang sejak usia dini dan lakukan secara bertahap sesuai dengan usia serta keberanian mereka dengan air.
  • Perhatikan kondisi dan kebersihan kolam renang, seperti kejernihan air, lantai kolam, suhu air, arah sinar matahari dan banyak orang yang berenang di kolam tersebut.
  • Carilah kolam renang yang menyediakan tempat mandi khsusus untuk bayi dan balita (air hangat).
  • Gunakanlah peralatan renang untuk bayi, seperti pelampung, neck ring yang sesuai dengan ukurannya.
  • Jangan sekali kali membenamkan kepala bayi ke dalam air, itu sangat berbahaya dan berisiko.
  • Selalu awasi dan pastikan bayi dalam jangkauan Anda.
  • Perhatikan jika tangan bayi sudah mulai putih atau keriput, maka bayi segera diangkat dari air dan dimandikan dengan air hangat.
  • Jika tidak ada usahakan dihangatkan dengan peralatan yang dibawa dari rumah seperti minyak telon, baju hangat dan kaos kaki.
  • Sipakan juga keperluan bayi lainnya seperti susu hangat dan makanan hangat.


Nah itulah tadi penjelasan mengenai manfaat renang untuk bayi. Semoga bermnfaat buat kita semua.

Artikel Terkait

0 Komentar untuk Manfaat Renang Untuk Bayi dan Anak Anda