Manfaat Melakukan Renang Yang Benar Bagi Tubuh
Manfaat Melakukan Renang Yang Benar Bagi Tubuh
Penulis wiwa coret

Manfaat Melakukan Renang Yang Benar Bagi Tubuh

Manfaat renang bagi tubuh - Pastilah banyak sekali orang yang menginginkan manfaat dari melakukan olahraga renang. Karena jika Anda berenang dengan teknik yang baik dan benar, sudah tentu manfaat dari berenang juga akan Anda rasakan, sehingga tubuh menjadi sehat dan bugar.

Berenang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, apalagi kegiatan renang ini Anda lakukan secara rutin. Nah silahkan simak di bawah ini manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh dengan melakukan renang secara teratur dengan teknik renang yang benar.

Manfaat Melakukan Renang Yang Benar Bagi Tubuh
Manfaat berenang

Manfaat Renang Bagi Kesehatan dan Pertumbuhan Tubuh

Inilah manfaat dari aktivitas olahraga renang yang teratur yang bisa Anda rasakan. Manfaat renang ini juga bisa dirasakan bagi usia dini, remaja dan juga bagi wanita maupun pria. Manfaat ini telah dirangkum dari manfaat renang gaya dada, gaya punggung, gaya bebas dan gaya lainnya telah dirangkum oleh zonapelatih di bawah ini.

1. Melatih Penapasan

Kegiatan berenang dapat digunakan untuk latihan pernapasan supaya lebih kuat dan panjang. Hal ini dikarenakan gerakan ketika berenang membuat kumpulan otot pada anggota tubuh semua bergerak, begitu juga dengan pembuluh darah sehingga mampu memicu aliran darah ke jantung, paru-paru lebih lancar.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot Tubuh

Jika Anda rajin berlatih renang, secara otomatis Anda akan memperoleh otot dan tulang yang kuat. Otot yang kuat dan kokoh akan semakin terlihat dari postur badan yang secara perlahan semakin atletis karena otot yang semakin terlatih.


3. Meninggikan Badan

Manfaat renang dapat meninggikan tinggi badan (membantu pertumbuhan tubuh), sehingga jika Anda ingin mempunyai tinggi badan yang ideal silahkan lakukan olahraga renang secara rutin dan gunakanlah teknik renang yang benar.

4. Menyehatkan Jantung dan Paru-Paru

Manfaat berenang juga dapat membantu menyehatakan jantung dan paru-paru, dikarenakan sistem pernapasan yang semakin membaik.

5. Membentuk Badan Ideal

Manfaat renang yang lain adalah dapat membentuk badan lebih ideal. Dikarenak saat berenang semua bagian tubuh akan bergerak. Dengan begitu semua otot semakin terlatih dan membentuk tubuh semakin ideal dan atletis.

6. Meredakan Stres dan Depresi

Manfaat renang yang lain yaitu dapat meredakan dan bahkan menghilangkan stres. Karena ketika renang dapat merangsang hormon endorfin dimana hormon tersebut dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan nyaman. Ini juga dipengaruhi karena ketika berenang otot-otot mengalami peregangan dan relaksasi sehingga meningkatkan mood yang bagus.


7. Meredakan Radang Sendi

Manfaat renang juga dapat membantu meredakan radang sendi pada tulang bagian belakang. Dengan latihan berenang yang benar Anda tanpa sadar telah dapat mengurangi masalah radang sendi tulang belakang, karena ketika berenang Anda sudah melatih untuk memperkuat otot belakang semakin kuat dan kencang.

8. Menurunkan Berat Badan

Olahraga renang juga dapat digunakan untuk program penurunan berat badan (diet), karena olahraga ini paling bagus untuk membakar lemak jahat dalam tubuh, inilah alasan salah satu dari manfaat berenang untuk diet. Dan jika Anda ingin cepat kurus, maka rajinlah berlahraga dan juga lakukan program diet.

9. Menurunkan Resiko Diabetes

Renang jika dilakukan dengan rutin dapat membantu menurunkan risiko penyakit diabetes. Dikarenakan berenang mampu mambakar kalori serta lemak dan gula dalam tubuh, sehingga Anda terbebas dari penyakit diabetes.

10. Panjang Umur dan Awet Muda

Manfaat renang yaitu memanjangkan usia, dikarenakan jika kondisi badan sehat dan bugar maka tingkat kesehatan lebih baik, sehingga dapat memanjangkan umur dan pastinya tetap sehat dan bugar diusia senja.


11. Terapi Ketika Cidera

Manfaat renang yang lain dan sering digunakan oleh para atlet yaitu renang digunakan untuk membantu proses penyembuhan cidera,s eperti engkel, cidera lutut dan lain-lainnya.

12. Sebagai Latihan Kardio

Saat berenang pastilah semua anggota badan Anda bergerak bukan? Nah dikarenakan semua bergerak secara terus menerus maka olahraga renang bisa juga digunakan untuk latihan kardio agar lebih bagus.

13. Meningakatkan Keseimbangan

Aktivitas fisik berenang dapat juga untuk meningkatkan keseimbangan badan Anda. Berenang secara rutin dapat mengembangkan otot-otot perut serta punggung bawah dan dapat meregangkan serat otot dan ligamen. Oleh karena itu kebanyakan perenang mempunyai keseimbangan tubuh yang baik (stabil).

14. Mencerdaskan Otak

Menurut studi di Journal of Physiology, berenang mengakibatkan aliran darah ke otak meningkat hingga 14 persen ketika seseorang berenang. Sehingga tidak ada salahnay jika olahraga renang Anda lakukan setiap hari.

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat berenang yang benar bagi kesehatan tubuh. Sekarang tugas Anda apakah akan menjadikan renang menjadi olaraga pilhanmu? Dan melakukan latihan renang dengan teknik yang benar agar manfaat yang banyak tadi Anda rasakan.
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahrag dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Manfaat Melakukan Renang Yang Benar Bagi Tubuh"