Beberapa Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga Yang Benar
close
-----Klik 2x --- (Close)
Beberapa Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga Yang Benar
Penulis wiwa coret

Beberapa Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga Yang Benar

Merasa nyeri setelah selesai melakukan olahraga adalah hal yang umum terjadi. Rasa nyeri ini bisanya akan muncul pada pagi harinya ataupun juga setelah 3 hari berolahraga, hal seperti ini dikenal dalam dunia medis sebagai "Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS)". Dimana kondisi seperti ini terjadi pada sebuah/unit otot dalam tubuh, tergantung lebih dominan pada bagian tubuh mana yang digunakan untuk olahraga.

Mengapa Otot Terasa Nyeri Setelah Berolahraga?

Anda akan merasakan rasa nyeri setelah berolahraga karena adanya aktivitas fisik yang cukup berat yang dirasakan oleh otot tubuh sehingga dapat menyebabkan trauma pada serat otot.

Nyeri otot ini bukanlah hal yang fatal (bukan merupakan kerusakan permanen). Rasa nyeri ini terjadi karena adanya sebuah bentuk adaptasi otot terhadap aktivitas/olahraga/latihan yang baru Anda lakukan.

Dengan adanya jaringan kersakan pada otot tersebut, maka otot akan membentuk jaringan baru yang pastinya akan meningkatkan massa serta bentuk otot yang lebih besar ketika fase pemulihan. Alhasil otot Anda semakin terbentuk dan kuat.

Inilah beberapa gejala nyeri otot setelah berolahraga

Sebenarnya banyak sekali tanda bahwa Anda mengalami "Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS)", tetapi rasa nyeri pasti berbeda dari rasa nyeri yang parah (akut) yang terjadi ketika Anda sedang melakukan olahraga.

Rasa nyeri bisa Anda rasakan pada bagian paha, rasa sakit pada bagian lengan dan rasa nyeri pada anggota badan lainnya. Berikut zonapelatih jelaskan tanda yang umum terjadi serta dapat Anda amati sendiri:

  1. Adanya pembengkakan pada sekitar area yang terasa nyeri.
  2. Otot bagian tubuh terasa kaku atau mengalami keterbatas gerak (gerakan tidak bisa seperti biasanya)
  3. Akan terasa nyeri atau sakit ketika disentuh.
  4. Anggota gerak yang mengalami DOMS akan sedikit terasa lemas (tidak bertenaga) dan dapat berlangsung beberapa hari kedepan.
  5. Pada kasus yang fatal, kerusakan otot dapat mempengaruhi kinerja ginjal dan mampu menyebabkan perubahan warna urin. Jika Anda menemui hal demikian segera periksakan ke dokter. Agar segera mendapatkan penanganan yang baik dan benar.

Cara menghilangkan nyeri otot

Rasa sakit nyeri pada aktivitas fisik/masa melakukan program olahraga sudah tentu tidak bisa dihindari. Dan pasti para atletpun juga merakan demikian. Namun Anda jangan putus asa dan merasa malas untuk berolahraga. Karena sejatinya rasa nyeri bisa kita kurangi/minimalisir dengan beberapa cara berikut:

Kompres dengan es pada area yang terasa nyeri

Lakukan kompres dengan es adalah salah satu tindakan P3K yang wajib ketika Anda merasakan nyeri atau bengkak pada bagian tubuh Anda. Karena rasa dingin dapat mengurangi rasa sakit nyeri atau rasa sakit yang timbul karena bengkak setelah benturan.

Menggunakan obat nyeri otot

Minumlah obat anti nyeri, dimana obat tersebut dapat membantu inflamasi pada otot untuk membantu proses pemulihan lebih cepat. Selain itu obat anti nyeri juga dapat mengurangi (meredakan) rasa nyeri dalam beberapa waktu. Salah satu obat yang bisa Anda gunakan adalah aspirin. Jika Anda ragu bisa konsultasikan dengan dokter Anda.

Memperbaiki jaringan otot menggunakan makanan

Mengatasi rasa nyeri pada otot bisa dengan makanan lho. Karena makanan dapat mempengaruhi proses penyembuhan dan juga dapat memperburuk (memperparah) keadaan inflamasi.

Oleh karena hal tersebut ketika Anda mengalami rasa nyeri atau sakit pada otot, janganlah Anda makan makanan yang banyak mengandung kolestrol tinggi serta garam (daging dan makanan yang diasinkan). Untuk gantinya Anda bisa mencoba beberapa bahan makanan yang sedikit mengandung kolestrol dan garam serta berfungsi sebagai anti-inflamasi:

  • Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti walnut, almond, biji matahari (kuaci), serta hazelnut memiliki kandungan omega 3 yang tinggi.

  • Buah-buahan

Anda pasti sudah paham, jika buah-buahan mempunyai zat antioksidan yang baik yang diperlukan untuk pemulihan otot yang bermasalah. Beberapa buah yang mempunyai kadar antioksidan tinggi yaitu buah apel, blueberry, chery, nanas, raspberry dan juga buah strawberry. Dimana buah-bauhan trsebut juag bisa Anda dapatkan di pasar ataupun #supermarket.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun mempunyai kandungan asam lemak omega 9 yang baik, dimana dapat berfungsi sebagai zat anti-inflamasi. Sehingga minyak zaitun dapat Anda jadikan pilihan untuk bahan makanan agar lebih menyehatkan.

  • Ikan

Ikan salmon, ikan tuna, ikan cod merupakan ikan yang mempunyai kandungan omega-3 dan protein tinggi serta memiliki kadar kolestrol rendah. Sehingga ket=tiga ikan tersebut dapat Anda jadikan pilihan untuk membantu proses penyembuhan inflamasi.

Perbaiki aliran darah Anda

Aliran darah yang lancar tentu akan sangat baik dalam proses penyembuhan jaringan serta mengganti sel otot yang rusak. Oleh karena hal tersebut ketika akan dan selesai olahraga, jangna lupa lakukan pemanasan dan juga pendinginan. Untuk pendinginan Anda bisa lakukan dengan jalan santai supaya aliran darah lancar dan tensi tubuh turun secara perlahan. Intinya dalam pendinginan tetap lakukan dengan aktif gerak/aktivitas yag ringan.

Konsumsi air yang cukup

Dalam keseharian Anda harus mampu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Jika Anda kekurangan cairan dalam tubuh maka Anda akan mengalami dehidrasi, sehingga dapat menyebabkan pemulihan jaringan otot terhambat. Karena kandungan air yang cukup dalam tubuh dapat membantu proses penyembuhan otot secara cepat. Oleh karean hal tesebut penuhilah kebuhtuhan air dalam tubuh sekitar 2,5 liter perharinya.

Pengobatan topikal atau metode terapi

Menggunakan obat topikal sejenis balsam dengan cara mengoleskan pada sekitar bagian yang terasa nyeri akan membantu memberikan efek relaksasi nyeri, sensasi rasa dingin, serta meningkatkan kadar kalsiium yang dapat membantu memperlancar aliran darah dan mempercepat proses penyembuhan rasa nyeri tersebut. Namun jika luka bengkak jangan sekali sekali diolesi balsam atau kompres hangat. Karena akan menyebabkan bengkak lebih besar.

Jika dirasa rasa nyeri telah hilang Anda jangan langsung melakukan olahraga atau aktivitas yang berat. Karena sebenarnya otot berlum pulih secara 100%. Namun tetap lakukan aktivitas yang ringan dan tetap aktif bergerak selama proses penyembuhan.
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahrag dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Beberapa Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga Yang Benar"