Ukuran Lapangan Bulutangkis dengan gambar dan keterangnya
close
-----Klik 2x --- (Close)
Ukuran Lapangan Bulutangkis dengan gambar dan keterangnya
Penulis wiwa coret

Ukuran Lapangan Bulutangkis dengan gambar dan keterangnya

Berapa ukuran panjang dan lebar lapangan bulutangkis? Bagi Anda pecinta maupun penggemar olahraga bulu tangkis (badminton) ini pasti tidak akan asing lagi dengan berapa ukuran panjang dan lebar lapangan serta tinggi tiang netnya. namun bagi yang masih awam pastilah tidak tahu tentang ukuran detail lapangan bulutangkis ini. Oleh karena hal tersebut zona pelatih akan membahasnya lebih detail.

Sebelum masuk membahas tentang ukuran lapangan bulutangkis, sebaiknya Anda perlu tahu dulu mengenai apa itu permainan olahraga bulutangkis.

Ukuran Lapangan Bulutangkis dengan gambar dan keterangnya

Bulutangkis atau biasa disebut badminton adalah salah satu olahraga yang dimainkan menggunakan alat bernama raket serta shuttlecock (kok / bola) dan dimainkan oleh dua orang atau dua pasang yang saling berlawanan.

Shuttlecock/kok (sebutan bola untuk bulutangkis) adalah bola yang digunakan dalam permainan olahraga bulu tangkis yang terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun rapi seperti kerucut, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Sebutan "kok" mengadopsi dari baha Inggris "cock" yang mempunyai arti ayam jantan.

Sedangkan raket adalah sebuat alat yang digunakan pada permainan bulutangkis, tenis, squash dimana pada ujungnya berbentuk oval (bulat seperti telur) serta memiliki jaring-jaring yang terbuat dari senar nilon, bergagang dan dilengkapi dengan pegangan. Dimana alat tersebut digunakan untuk memukul shuttlecock/kok (bola).

Setelah Anda mulai paham mengenai apa itu bulutangkis, kini saatnya kita bahas mengenai ukuran lapangan bulutangkis sesuai dengan ukuran standar resmi dari federasi.

Gambar Lapangan Bulutangkis dan Ukurannya

Ukuran Lapangan Bulutangkis dengan gambar dan keterangnya | zonapelatih
Lapangan bulutangkis biasanya dibangun di dalam ruangan (in door) dan juga di luar rungan (out door) dan biasanya lapangan badminton berwarna hijau dengan garis berwarna putih. Lapangan bulu tangkis jika kita cermati mempunyai 6 garis vertikal dan juga 7 garis horizontal. Dimana garis-garis tersebut mempunyai fungsi dalam peraturan permainan bulu tangkis.

Ukuran lapangan bulutangkis standar Nasioanal dan Internasional

Panjang lapangan bulutangkis: 13,40 meter.
Lebar lapangan bulutangkis: 6,10 meter.

Jarak antara garis net hingga garis servis yaitu: 1,98 meter.
Jarak antara garis servis tengah dengan garis samping lapangan bulutangkis: 3,05 meter.

Jarak antara garis servis belakang (untuk pertandingan ganda) dengan garis belakang lapangan bulutangkis: 0,76 meter.
Jarak antara garis samping pada permainan tunggal dengan garis pinggir lapangan bulutangkis: 0,46 meter.

Ukuran tinggi tiang net bulutangkis: 1,55 meter.
Ukuran tinggi net bulutangkis: 1,55 meter.

Ukuran lapangan bulu tangkis standar BWF untuk katagori tunggal putra dan putri yang berbeda :

Panjang lapangan bulutangkis: 13,40 meter.
Lebar lapangan bulutangkis: 5,18 meter.
Lebar lapangan permainan penerima servis : 2,59 meter.


Ukuran lapangan bulutangkis standar BWF untuk kategori ganda putra, putri maupun ganda campuran:

Panjang lapangan bulu tangkis : 13,40 meter.
Lebar lapangan bulu tangkis: 6,10 meter.

Panjang dari lapangan permainan penerima servis yaitu: 3,96 meter.
Lebar dari lapangan permainan penerima servis yaitu: 3,05 meter.

Ukuran-ukuran lapangan bulutangkis tersebut sudah sesuai dengan standar internasional. Dengan begitu jika Anda bertanding dimanapun ukuran lapangan bulu tangkis sudah sama semua, dari ukuran lapangan, tinggi net dan garisnya. Dan bahkan raket serta shuttlecock pun juga sudah sesuai dengan standar yang berlaku (yang sudah ditetapkan).

Peraturan yang ditetapkan oleh Federasi Bulutangkis Internasional yang meliputi pemain, net serta alat yang digunakan yaitu:

Pemain

Dalam permainan bulutnagkis pemain dibedakan menjadi beberapa nomor pertandingan. Ada nomor tunggal putri, tunggul putra, ganda putri, ganda putra dan juga nomor ganda campuran (putra dan putri).

Net

Ukuran Lapangan Bulutangkis dengan gambar dan keterangnya

Ting net dipasang tepat ditengah ujung garis samping lapangan, dimana membagi menjadi dua daerah. Net terbuat dari bahan tali halus dan berwarna gelap. Ukuran tinggi tingan net adalah 1,55 meter. Sedangkan panjang net 6,10 meter dan lebar net adalah 0,75 meter. Pada puncak atas net terdapat batasan berwarna putih dengna lebar 7,5 cm.

Shuttlecock (kok)

Ukuran Lapangan Bulutangkis dengan gambar dan keterangnyaPada umumnya shuttlecock (kok) ini terbuat dari bahan sintesis (agar lebih awet) berupa gabus dan bulu angsa. Jumlah bulu angsa yang terdapat (tertancap) pada gabus "kok" berjumlah 16 bulu. Panjang tiap-tiap bulu adalah 62-70 mm serta berat sebuah shuttlecock adalah 4.75-5.50 gram. Pada waktu pertandingan pemain diperbolehkan meminta ganti "kok" kepada wasit, ketika shuttlecock dirasa sudah tidak layak buat maen. Karena jika "kok" tidak layak buat main akan mempengaruhi permainan bulutangkis dimana kecepatan pukulan akan berbeda dan jelek.

Raket

Salah satu alat yang digunakan dalam permainan bulutangkis adalah raket. Raket tersbeut terbuat dari bahas yang keras, ringan dan tidak kaku. Raket biasanya dibuat dengan bahan besi atau fiber. Raket mempunyai bagian yang terdiri dari 5 bagian, yaitu pegangan, area yang dipasang senar (bagian yang berbentuk oval seperti telur, batang dan leher raket.

Nah itulah Ukuran Lapangan Bulutangkis dengan gambar dan keterangnya yang bisa zonapelatih jelaskan. Semoga bermanfaat buat kita semua. Jika ada kekurangnya silahkan Anda tambahkan pada kolom komentar, agar artikel tentang permainan bulutangkis ini lebih komplit dan bisa buat belajar bersama.
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahrag dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Ukuran Lapangan Bulutangkis dengan gambar dan keterangnya"