Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Beberapa Program Diet Untuk Tubuh Ideal

Pola Makan - Pengertian diet adalah program pengaturan pola makan, baik porsi maupun jumlah kandungan gizi dari jenis makanan yang akan kita makan. Itulah definisi dari diet. Jadi jika Anda mendengar kata "DIET", itu tidak mesti tentang mengurangi berat badan, namun memang benar kebanyakan orang melakukan program diet untuk menurunkan berat badannya.

program diet sehat untuk tubuh ideal

Program diet adalah suata program/cara yang dilakukan seseorang untuk mengatur pola makan, untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan diet itu bermacam-macam. Ada yang ingin menurunkan berat badan ada juga sebaliknya, yaitu untuk menaikkan berat badan agar tidak terlihat kerempeng dan juga untuk menjaga kesehatan badan. Oleh karena hal tersebut tujuan diet adalah bisa untuk menurunkan berat badan atau untuk menaikkan berat badan seseorang. Ada jugga untuk mempertahankan badan yang sudah ideal.

Jadi saya harap, sekrang Anda sudah lebih paham lagi apa itu diet dan apa itu program diet. Jika belum silahkan simak pejelasan detailnya dibawah ini.

Program Diet Untuk Tubuh Yang Ideal

Dari artikel diatas bisa kita simpulkan bahwa diet itu mempunyai tujuan masing-masing tergantung orangnya. Sebagai contoh jika Anda gemuk pasti dietnya untuk menurunkan berat badannya. Dan jikalau ANda kurus kerempeng, program diet ANda adalah untuk menaikkan berat badan Anda agar telihat lebih besar dan ideal tentunya. Sehingga zonapelatih akan menjelaskan lebih rinci jenis-jenis program diet yang bisa ANda coba sesuai dengan keadaan Anda masing-masing.

Jenis-jenis Program Diet

Pada umumnya masyarakat hanya mengenal prpgram diet itu hanya dua macam, yaitu untuk menurunkan berat badan dan juga menaikkan berat badan. Padahal program diet itu ada banyak sekali jenisnya antara lain:

1. Program diet fokus pada kalori
2. Program diet fokus pada karbohidrat
3. Program diet fokus pada lemak
4. Program diet fokus ke napsu makan

Dan pada intinya setiap progam diet pastilah mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Apalagi yang namanya program diet itu kadang cocok untuk Anda belum tentu untuk orang lain berhasil. Sehingga memang progam diet itu dibuat disesuaikan dengan kondisi pasien Anda.

Pada kesempatan kali ini zonapelatih hanya akan membahas mengenai program diet untuk mengurangi berat badan bagi orang yang gemuk alias obesitas. jadi silahkan disimak dengan baik dan jangan lupa share untuk sodara maupun sahabat Anda.

Program diet yang bagus untuk menguragi berat badan yang populer di masyarakat Indonesia.


1. Program Diet Paleo

Pada dasarnya Diet Paleo beranggapan bahwa manusia itu harus kembali makan makanan seperti nenek moyangnya dahulu kala, yaitu memakan makanan sayur mayur dan buah-buahan.

Teorinya tersebut didukung karna pada era modern sekarang ini banyak orang yang sakit dikarenakan konsumsi gandum, produk susu sapi serta makanan olahan. Sehingga Diet Paleo berharap ketika makanan tersebut dihindari.

Dan bagusnya masyarakat itu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein tanpa lemak, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan serta biji-bijian. Dan itu baik juga untuk kesehatan badan dan jantung Anda.

Namun kelemahan dari teori Diet Paleon ini adalah orang bisa kekurangan jenis gizi yang seharusnya didapatkan dari produk susu sapi serta gandum.

2. Program Diet Vegan

Apakah Anda sudah tahu? Jika Diet Vegan itu diciptakan oleh sekelompok orang vegetarian yang menyukai dan memilih tidak memakan atau mengkonsumsi produk susu sapi, telor serta produk hewan lainnya. Alasanya karena para kelompok vegan ini tidak suka meng-eksploitasi serta kekejaman terhadap hewan meski dengan alasan lingkungan dan kesehatan.

Oleh karena hal tersebut diatas maka diet vegan adalah tidak memakan produk yang berasal dari hewan dan memilih mengkonsumsi sayur serta buah buahan.

Manfaat diet vegan ini adalah dapat untuk mengurangi berat badan dan massa tubuh jika dibandingkan dengan program diet lainnya. Selain itu die ini juga dapat mengurangi resiko sakit jantung, penyakit diabetes tipe 2, sakit alzheimer serta kanker.

Kekurangan dari diet vegan ini adalah Anda bisa kekurangan vitamin B12, vitamin D, Iodin, Kalsium dan omega 3 yang seharusnya Anda dapatkan pada makanan dari produk hewani.

3. Diet Rendah Karbohidrat

Dilihat dari namanya saja Anda pasti sudah tahu bagaimana diet ini dilakukan. Ya... benar Diet Rendah Karbohidrat (DRK) ini adalah diet dimana seseorang mengurangi atau membatasi asupan karbohidrat hingga mencapai 20-150 gram karbohidrat per harinya.

Tujuan dari diet DRK ini adalah untuk memaksa atau memaksimalkan lemak menjadi bahan bakar energi yag dibutuhkan oleh tubuh sebagai gantinya dari karbohidrat. Dengan begitu diet DRK ini cocok sekali untuk orang obisitas yang ingin menguruskan atau mengurangi berat badannya.

Kelemahan dari diet DRK yaitu Anda akan mengalami nafsu makan menurun serta tidak mudah merasa lapar. Selain itu juga doet DRK ini tidak semua orang cocok ada juga yang malah menimbulkan kolestrol jahat. Dan juga jika melakukan diet rendah karbohidrat secara extrem dapat menyebabkan "ketoacidosis". Sehingga bagi wanita menyusui jangan melakukan diet ini ya.

4. Program Diet rendah Lemak Ultra (The Ultra Low-Fat Diet)

Pada dasarnya diet rendah lemak ini yaitu mengurangi mengkonsumsi lemak hingga 10% dari mengkonsumsi kalori.

Meski banyak orang yang mengatakan program diet ini kurang maksimal untuk mengurangi berat badan Anda, karena hanya mengurangi lemak saja tidak dengan karbohidrat dan rendah protein. Namun Cukup efektif bagi orang yang obesitas.

Kelemahan dari diet ini adalah dapat menimbulkan masalah pada masa mendatang, karena bagaimanapun tubuh tetap membutuhkan yang namanya lemak.

5. Puasa Intermittent atau Menahan Makan

Pada dasarkan program diet ini mempunyai waktu makan sendiri. Jadi seolah seperti orang yang puasa (makan ketika sayur dan ketika tiba waktu buka).

Diet macam ini tidak mengurangi atau melarang Anda untuk tidak makan ini dan itu. Hanya saja diet ini berpatokan pada waktu. Dimana bisa sehari cuma makan sekali saja. Jadi disini durasi waktulah yang dipakai, semisal Anda makan jam 6 pagi maka nanti anda akan makan lagi kalo sudah jam 9 malam. Tergantung berapa durasi yang Anda inginkan.

Baca juga tentang tips kesehatan lainnya.

Jenis Makanan Untuk Program Diet

Diet akan berhasil jika Anda menjalankan sesuai dengan program diet yang benar serta makan-makanan untuk program diet tersebut. Jenis makanan untuk program diet itu juga bisa digunakan untuk pengganti nasi ataupun lauk pauk. Oleh karena silahkan simak di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang baik untuk program diet mengurangi berat badan Anda.

1. Buah Alpokat
2. Daging Ikan Salmon
3. Daging Ikan Tuna
4. Kentang Rebus
5. Aneka Sayuran
6. Telur
7. Kacang-kacangan
8. Olahan Produk Kaya Gandum
9. Buah-buahan lain selain Alpokat
10. Cabai
11. Yoguart
12. Daging Dada Ayam

Setelah Anda paham akan jenis makanan yang bagus untuk membantu program diet Anda. Saat nya Anda membuat daftar menu diet sehat sehari hari.

Contoh Menu Diet Sehat Perhari

Dalam membuat daftar menu diet sehat dan murah Anda harus paham dahulu apa tujuan Anda melakukan diet. Sehingga degan begitu Anda dapat menentukan menu diet yang simpel sehat dan praktis unutk diet Anda.

Menu Diet Makan Pagi hingga Makan Malam

Sarapan atau Menu Makan Pagi

Anda dapat membuat sarapan pagi dengan satu buah pisang serta satu lembar roti dari biji-bijian utuh (whole grain) dengan sedikit olesan margarin dan selain. Selain itu juga bisa Anda tambah dengan mengkonsumsi semangkuk sereal yang diberi taburan kismis dan susu bebas lemak. Dan untuk minumnya cukup jus jeruk ataupun jeruk hangat.

Menu Diet Makan Siang

Anda bisa membeli roti isi yang terbuat dari biji-bijian utuh, dikasih ayam, selada, tumis jamur serta saus mustrad. Serta makan kentang rebus dengan berat 200 gram.

Menu Diet Makan Malam

Untuk makan malam Anda bisa mencoba dengan makan capcay tahu dengan tambahan sayuran serta paprika. Semangkuk nasi merah dan secangkir es teh lemon.

Dan untuk menu camilan Anda bisa mengkonsumsi yoghurt rendah lemak dicampur dengan buah-buahan.

Manfaat Diet Buah Buhaan Bagi Kesehatan

1. Menyehatkan pencernaan
2. Dapat menurunkan dan menstabilkan tekanan darah
3. Dapat menurunkan risiko penyakit diabetes
4. Menurunkan risiko penyakit jantung
5. Menyehatkan mata
6. Dapat untuk melawan kanker.

Nah itulah artikel tentang Beberapa Program Diet Untuk Menghasilkan Tubuh Ideal. Dimana Anda dapat menemukan bagaimana cara membuat program diet yang baik sesuai dengan kondisi Anda. Jenis makanan yang baik untuk diet serta manfaat dari diet itu sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat Anda dan keluarga, jangan lupa share.

Beberapa Program Diet Untuk Tubuh Ideal

You Might Also Like:

Next
This Is The Current Newest Page