Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Beberapa Jenis Olahraga Untuk Penderita Diabtes

Penyakit diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula/glukosa yang tinggi diatas rata-rata normal. Glukosa sendiri mempunyai peran penting untuk keseahtan tubuh kita, karena glukosa merupakan sumber energi utama bagi otak serta sel-sel yang membentuk otot dan jaringan pada bagian tubuh kita.
Beberapa Jenis Olahraga Untuk Penderita Diabtes

Jenis Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes melitus mempunyai dua jenis utama, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 dalam perkembangannya begitu cepat dalam beberapa minggu atau beberapa hari saja. Sedangkan diabetes tipe 2 perkembangannya sangat lambat bahkan terkadang orang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2 ini tidak sadar jika mereka telah mengidap penyakit diabetes.

Beberapa Gejala dan Ciri-Ciri orang Sakit Diabetes

Alangkah baiknya Anda tahu beberapa gejala umum penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2. Supaya Anda dapat mencegah maupun melakukan tindakan sedini mungkin apabila Anda juga mengidap penyakit diabetes ini.

Gejala maupun ciri-ciri orang sakit diabetes tipe 1 dan diabestes tipe 2 antara lain:

  • Sering merasakan haus.


Karena orang yang sakit diabetes mereka sering buang air kecil, sehingga pengidap diabetes sering kali mudah gampang haus, meski sudah cukup minum. Karena tanpa Anda sadari tubuh membutuhkan asupan yang lebih banyak untuk mengganti air yang terbuang lewat urin.

  • Sering buang air kecil, terlebih pada waktu malam hari.
  • Merasakan lapar yang berlebihan/ekstrem.

Di dalam tubuh, makanan dirubah menjadi glukosa. Glukosa bakal dipakai sebagai sumber energi bagi setiap sel, jaringan, serta organ tubuh Anda. Nah, hormon insulin bertanggung jawab untuk menjalankan proses ini.

Kalau badan Anda  gagal memproduksi insulin alias tak merespon hormon insulin dengan baik, keperluan energi  Anda  pun tak bakal terpenuhi meskipun  Anda  telah makan. Dampaknya,  Anda  merasa lapar lagi sebab tubuh  Anda  merasa belum memperoleh sumber glukosa.

  • Berat badan turun tanpa sebab. (misal tidak baru sakit atau tidak melakukan diet)

Tidak sedang diet tetapi berat badan semakin turun? Mungkin ini merupakan salah satu dari ciri-ciri diabetes. Ini dapat terjadi sebab ginjal membuang tak sedikit kalori dari kadar gula yang telah berlebihan dalam tubuh. Selain itu, sebab adanya hormon insulin tak bekerja dengan baik, tubuh pun mulai mengambil sumber energi lain, seperti protein.

  • Masa otot berkurang.

Terdapat keton pada air seni. Keton merupakan produk sampingan dari hasil metabolisme otot serta lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak mencukupi.

  • Mudah kelelahan atau lesu.

Pengidap diabetes pada tahap bagian awal biasanya mengeluhkan badan terasa lemas serta tak bertenaga. Sehingga badan terasa lemas sebab  Anda  sebetulnya tak memperoleh asupan glukosa yang lumayan untuk diubah menjadi  energi. Selain itu, kehilangan cairan yang banyak  juga dapat membuat badan lesu.

  • Pandangan mudah kabur.
  • Ketika tejadi luka, sembuhnya lama.
  • Sering terjangkit infeksi pada gusi, kulit, vagina maupun saluran kemih.


Nah itulah tadi gejala atau tanda-tanda orang terkena penyakit diabetes, oleh karena jika ANda menemukan pada diri Anda seperti hal diatas. Segeralah datang ke dokter dan periksakan agar dapat melakukan pendeteksian sedini mungkin supaya dapat mencegah bertambah parahnya kondisi diabtes kita.

Baca juga Tips menjalankan puasa bagi pengidap sakit gula.

Mencegah Gejala  Diabetes di Usia Muda

Bukan hanya orang dewasa alias lansia saja, anak muda juga dapat terkena penyakit diabetes, khususnya bagi mereka pecinta makanan serta minuman manis tinggi gula atau bagi mereka yang mempunyai berat badan yang berlebih (obesitas). Tetapi,  Anda tidak perlu khawatir sebab ada berbagai trik untuk menghindari gejala diabetes pada usia muda, di antaranya merupakan:

1. Konsumsi makanan yang sehat. Tidak melebihi asupan gula, makanan berlemak, makanan cepat saji, alias makanan yang digoreng setiap harinya.

2. Bergerak lebih aktif.  Jangan lupa untuk melakukan kegiatan fisik atau berolahraga yang rajin teratur. Perbanyak aktivitas gerak di luar ruangan jangan hanya bermain gadget di dalam ruangan.

3. Manajemen berat badan. Jaga berat badan ideal dengan melakukan program diet serta olahraga dengan cara teratur untuk menghindari obesitas.

Selain mencegah Anda juga harus mengetahui pantangan bagi orang yang mempunyai penyakit diabetes atau kencing manis.

Pantangan Diabetes yangHarus Diperhatikan


Bagi penderita diabetes, pengaturan asupan makanan adalah salah satu bentuk pengobatan yangharus dijalani. Inilah daftar makanan yang baik dan kurang baik untuk dikonsumsi bagi pasien diabetes.

Karbohidrat

Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai tambahan tenaga. Namun, cobalah menhindari mengonsumsi karbohidrat berupa nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Hindari juga sereal yang mengandung tak sedikit gula (bisa baca di #tropicanaslim com, tetapi sedikit serat. Sebaliknya, pilih beras merah, roti dari biji-bijian utuh, alias ubi jalar yang dipanggang.

Protein

Pantangan diabetes berikutnya yaitu daging yang digoreng, kulit unggas, ikan goreng, serta tahu goreng. Pengidap diabetes bisa memperoleh protein dari daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus alias rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.

Produk susu

Tidak semua Produk susu menjadi pantangan pengidap penyakit diabetes, melainkan adalah produk susu seperti susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Tapi, para penderita diabetes masih bisa mengonsumsi produk susu lain, semacam susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.

Minuman dan buah-buahan

Buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat, tetapi mempunyai kadar lemak dan garam yang rendah. Penderita diabetes sebaiknya menghindari minuman kemasan rasa buah, minuman jus buah yang telah dicampur gula, dan buah kalengan yang telah ditambahkan sirup gula.

Selai buah yang telah ditambahkan gula juga sebaiknya dihindari. Sebagai alternatif, pilihlah buah-buahan yang segar, jus buah orisinil yang tak ditambahkan pemanis apa pun, alias selai yang tak mengandung gula. Penderita diabetes juga sebaiknya menghindari minum teh manis, kopi dengan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan minuman penambah stamina (energy drink).Nir  hanya air putih, para penderita diabetes masih bisa mengonsumsi teh tanpa gula, dan kopi dengan susu rendah lemak dan pengganti gula.

Sayuran

Sayuran merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan. Tetapi, hindari mengonsumsi sayuran yang ditambah saus, keju, dan mentega.Nir  hanya itu, cobalah sisihkan sayuran kalengan yang telah ditambahkan tak sedikit garam dari menu sehari-hari. Apabila konsumsi garamharus dibatasi, hindari sayuran yang telah dijadikan acar. Pilihlah sayuran yang segar.  Dapatdimakan mentah alias diolah dengan tutorial dikukus sebentar alias dipanggang.

Cara mengobati diabetes agar sembuh total

Pada dasarnya penyakit diabetes tidak bisa sembuh total, namun kabar baiknya Anda dapat mengelolanya dengan baik. Yaitu dengan meningkatkan kualitas hidup Anda menjadi lebih baik, sehat dan bugar dengan melakukan olahraga secara teratur dan sesuai dengan program arahan dari dokter.

Selain itu juga dianjurkan tetap minum obat sesuai anjuran dokter.

Olahraga yang rutin dan teratur dapat memberikan manfaat yang baik buat kebugaran serta kesehatan badan kita. Selain itu olahraga yang teratur dan benar juga dapat membantu dalam mengobati penyakit diabetes serta dapat untuk mengatur berat badan kita. Sebagai contoh orang yang mempunyai penyakit diabetes tipe 2 maka akan mengalami obesitas (kegemukan). Dengan olahraga teratur maka otot-otot tubuh akan bekerja ekstra sehingga penyerapan glukosa lancar, alhasil kadar gula darah menurun.

Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) olahraga aktivitas fisik dapat dilakukan dengan durasi 150 menit per minggu bagi orang yang berusia 18-64 tahun. Bagi orang yang menderita penyakit diabetes/gula darah tinggi dapat membuat program latihan https://www.zonapelatih.net/2015/11/cara-membuat-program-latihan.html semisal 3 kali dalam seminggu dengan durasi per sesi latihan selama 50 menit.

Jenis Olahraga Untuk Penderita Diabates

Kabar baiknya zonapelatih akan mengulas beberapa macam olahraga atau aktivitas fisik yang baik untuk membantu menurunkakn kadar gula darah pada tubuh Anda.

1. Olahraga Jalan Cepat
2. Tai Chi
3. Yoga
4. Bersepeda
5. Latihan Angkat Beban / Fitnes
6. Berenang

Nah itulah beberapa macam olahraga/aktifitas fisik yang baik untuk penderita penyakit diabetes. Namun ada hal yang wajib Anda perhatikan ketika melakukan olahraga.

Yang wajib diperhatikan bagi pasien penyakit diabetes ketika olahraga

Sebelum melakukan salah satu olahaga diatas, sebaiknya Anda harus konsultasikan dahulu dengan dokter. Sehingga Anda akan mendapatkan petunjuk ataupun program perencanaan waktu olahraga yang baik dari dokter. Dari bagaimana cara memulai pemasan, berapa lama waktu latihannya, jenis olarhaga yang bisa Anda lakukan setiap harinya.

Selain itu yang wajib Anda lakukan adalah selalu lakukan cek gula darah Anda. Sebelum dan sesudah melakukan aktivitas olahraga.

Selalu siapkan air minum sehingga ketika meras hasu segera minum agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Dan yang lebih penting lagi, ketika berolahraga/aktivitas fisik pasien diabetes harus mengajak/ditemani orang terdekat (keluarga) agar dapat membantu jiak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah beberapa macam olahraga untuk menurunkan gula darah yang bisa Anda coba lakukan setiap ahrinya. Semoga dengan olahraga ini mampu membantu proses pengobatan dan pneyembuhan penyakit diabetes Anda.
Beberapa Jenis Olahraga Untuk Penderita Diabtes

You Might Also Like: