3 Macam Ukuran Bola Basket Yang Harus Anda Tahu
close
-----Klik 2x --- (Close)
3 Macam Ukuran Bola Basket Yang Harus Anda Tahu
Penulis wiwa coret

3 Macam Ukuran Bola Basket Yang Harus Anda Tahu

Permainan basket adalah olahraga bola yang dimainkan secara berkelompok terdiri dari dua tim yangberanggotakan masing-masing tim 5 orang. Dimana kedua tim saling bertanding dan berusaha mencetak poin dengan cara memasukkan bola kekeranjang lawan.

Olahraga permainan bola basket juga dapat dikategorikan mulai tingkat SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan tingkat profesional. Untuk tingkat profesional di Indonesia biasa disebut dengan National basketball League atau NBL. Dan mulailah murid-murid Anda dilatih dengan menggunakan program latihan basket mingguan untuk pada kegiatan extrakurikuler di sekolah.

3 Macam Ukuran Bola Basket Yang Harus Anda Tahu by zonapelatih
Ukuran Bola Basket

Dalam setiap kategori tersebut sudah pasti mempunyai perbedaan peraturan meski peraturan tersebut tidak terlalu beda jauh dengan peraturan basket pada umumnya. Sebagai salah satunya yaitu pada ukuran bola bakset dan berat bola basket. Serta beberapa peraturan yang dimodifikasi utnuk keperluan pembelajaran di sekolah-sekolah.

Dalam permainan bola basket sendiri membutuhkan alat berupa bola. Bola tersebut biasa disebut bola basket.

Ukuran Bola Basket

Keliling bola basket yang biasa digunakan dalam pertandingan permainan bola basket adalah 75 cm hingga 78 cm. Sedangkan berat bolanya yaitu 600 - 650 gram. Dan jika bola basket dijatuhkan dari ketinggian 1,80 meter pada lantai, maka bola harus mempunyai daya pantul pada ketingian 1,20 hingga 1,40 meter.

Dan untuk informasi lanjut, federasi basket FIBA, NBA dan NCAA sebenarnya sudah menetapkan secara internasional mengenai peraturan berat bola basket tersebut.

Ukuran dan berat standar bola bakset menurut FIBA:

Berat bola: 567 – 650 gram.
Keliling bola basket: 749 – 780 mm.

Ukuran dan berat standar bola basket yang digunakan dalam pertandingan resmi di NBA:

Berat bola: 623, 7 gram.
Kelilling bola basket: 749,3 mm – 755,65 mm yang di ukur dari garis bola. Dan jika bola diukur dari permukaan bola, maka keliling bola basket harus mencapai 752,5 mm – 758,8 mm.

Ukuran bola basket yang digunakan dalam sebuah pertandingan basket yang ditetapkan oleh NCAA:

Berat bola: 567 – 623,7 gram.
Keliling bola basket antara 749,3 – 762 mm.

Ukuran Bola Basket Berdasarkan Kategori Pertandingan

Ada 3 jenis ukuran bola basket yang sudah disahkan : ukruan nomor 5, 6 dan 7. Dimana bola basket size 5 digunakan untuk anak usia dibawah 9 hingga 9 tahun. Untuk ukuran bola basket ukuran 6 digunakan untuk usia 9 tahun ke atas untuk pemain wanita, sedangkan untuk pemain pria anak usia 9 hingga 12 tahun. Dan ukuran bola size 7 digunakan untuk pemain pria usia 13+ tahun.

  • Ukuran Bola Basket yang digunakan pada pertandingan profesional : Nomor 7
  • Ukuran Bola Basket yang digunakan pada pertandingan anak SMP : Nomor 6
  • Ukuran Bola Basket yang digunakan pada pertandingan anak SD : Nomor 5

Bahan yang digunakan untuk membuat bola basket

1. Bahan Full Leather

Dengan menggunakan bahan kulit asli pada seluruh bola basket ini akan menghasikan kualitas bola yang baik. Dan biasnya bola yang terbuat dari bahan full leather ini digunakan pada pertandignan-pertandingan yang resmi. Namun di negara Indonesia bola basket berbahan kulit ini kurang cocok karena iklim yang panas, sehingga membuat bola kulit bola ceapt tekelupas.

2. Bahan PU Leather

Bola dengan menggunakan kulit dari sintetik ini hasilnya bola tidak terlalu keras serta bola sangat awet ketika dipakai pada lapangan terbuka maupun dilapangan indoor/tertutup.

3. Bahan PVC

Bola basket yang terbuat dari PVC ini cocok bagi mereka yang sedang belajar bermain permainan basket. Jika dibandingakn dengan bola basket berbahan PU leather bola berbahan PVC ini sedikit lebih keras dan bola juga awet ketika digunakan di lapangan luar/terbuka.

Nah itulah 3 jenis ukuran bola basket yang digunakan di seluruh dunia. Sehingga Anda dapat menyesuai ukruan bola dengan pemain yang Anda latih masuk di kategori mana. Apakah harus memakai bola ukuran, 7, 6 ataupun ukuran 5.
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahrag dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "3 Macam Ukuran Bola Basket Yang Harus Anda Tahu"