Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Komponen dan Latihan Kebugaran Jasmani

Apakah kebugaran jasmani itu? Pasti kebanyakan orang aka bingung ketika ditanya tentang 'Kebugaran Jasmani itu apa? Ya karena pada dasarnya mereka tahu yang penting bugar dan sehat. Namun untuk lebih jelasnya mereka tidak tahu betul tentang apa itu kebugaran jasmani. Oleh karena hal tersebut zona pelatih akan menjelaskan secara detail, agar Anda lebih paham dan benar serta mampu menjaga maupun meningkatkan kebugaran jasmani Anda dengan benar.

"Physical Fittnes sama artinya dengan kebugaran jasmani yang dapat diartikan sebagai kekuatan difisik manuasi/tubuh guna mengerjakan/menyelesaikan suatu aktivitas tertentu tanpa merasakan kelelahan yang berarti" 
Komponen dan Latihan Kebugaran Jasmani
Pendapat diatas hampir sama dengan yang disampaikan oleh Bapak Sudarno bawahasanya kebugaran jasmani merupakan sebuah kondisi fisik pada saat badan mampu mengerjakan aktivitas harian secara baik dan efisien tanpa merasa kelelahan serta tandanya tubuh masoh menyimpan cadangan energi untuk menyelesaikan kegiatan yang lain.

Sedangkan menurut pendapat dari Bapak Profesor Sutarman yaitu kebugaran jasmani merupakan aspek fisik dan kebugaran secara menyeluruh yang memberikan daya kepada seseorang untuk melaksanakan kegiatan secara produktif serta bisa menyesuaikan diri terhadap semua aspek tantangan kondisi tubuh.

Dari kedua pengetian diatas dapat kita simpulkan bahwa kebugaran jasmani sangatlah penting untuk dapat membantu Anda dalam menjalankan aktifitas maupun rutinitas harian secara baik dan produktif tanpa merasakan kelelahan/keletihan yang berlebihan. Sehingga kegiatan harian Anda terasa nyaman dijalani.

Macam-Macam Komponen Kebugaran Jasmani Beserta Latihannya.


Ada beberapa macam komponen kebugaran jasmani yang harus Anda pahami serta bagaimana cara latihan kebugaran jasmani yang baik dan benar. Di bawah ini ada 10 komponen kebugaran jasmani beserta cara latihannya yang zona pelatih jabarkan.

Komponen dan Cara Latihan Kebugaran Jasmani

1. Kekuatan (Streght)


Kekuatan adalah kemampuan seseorang manusia dalam mempergunakan otot-otot dalam tubuh untuk menerima beban sewaktu berkerja. Kekuatan otot dapat diraih melalui zat makanan serta sesi latihan dengan beban yang berat serta frekuensi sedikit. Sehingga otot makinn berisi, jika anda benar-benar melakukan latihan secara teratur dan konsisten.

Cara melakukan latihan kekuatan kebugaran jasmani yaitu dengan melakukan latihan angkat beban berat. Meski ada latihan lain yang bisa Anda coba.

1. Back up digunakan untuk melatih kekuatan otot punggung dan perut.
2. Sit up digunakan untuk melatih kekuatan otot perut.
3. Push up digunakan untuk melatih kekuatan otot lengan.
4. Squat jump digunakan untuk melatih kekuatan otot tungkai kaki dan otot perut.
5. Angkat beban dapat digunakan untuk melatih otot lengan. Dan untuk angkat beban otot yang dilatih bisa lebih spesifik.

2. Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan tubuh adalah kemampuan seseorang manusia dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru serta peredaran darah secara efektif dan efisien guna menjalankan kerja otot secara terus menerus. Dengan begitu endurance sangat berhubungan dengan kemampuan aerobik dalam proses pemenuhan energi tubuh.

Cara melatih daya tahan tubuh yaitu dengan latihan beban kecil namun frekuensi banyak dan waktu durasinya lama. Sebagai contoh Anda bisa melakukan latihan di bawah ini.

1. Jogging 2,4 km.
2. Lari 12 menit (bisa di lapangan bola atau jalan raya, bisa juga di jalan kampung sambil lihat suasana sekitar).
3. Latihan lari multisatge (lari bolak balik mengikuti irama musik multistage).
4. Angkat beban denang beban yang ringan namun repetisi serta set yang lebih banyak.
5. Lari naik turun bukit.

3. Daya Otot (Muscular Power)

Daya otot adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan kekuatan maksimal yang dikerahkan dalam waktu singkat (sependek-pendeknya). Denang kata lain ini berhubungan dengan sistem kerja anaerobik dalam proses pemenuhan energi. Daya tahan otot biasa disebut dengan istilahh daya ledak otot (explosive power).

Cara latihan untuk meningkatkan kemampuan daya otot yaitu dengan melakukan latihan yang sifatnya cepat atau proses berlangsungnya cepat, seperti:

1. vertical jump (melompat ke atas), ini untuk melatih daya ledak otot tungkai kaki.
2. Front jump (meloncat ke depan), latihan ini berfungsi untuk melatih otot tungkai juga.
3. Side jump (melompat ke samping) ini beguna untuk melatih otot tungkai juga.

4. Kecepatan (Speed)

Kecepatan/speed adalah kemampuan yang dimiliki seseorang guna mengerjakan suatu gerakan yang berseinambungan dalam bentuk yang sama dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Kecepatan ini sangatlah dibutuhkan dalam olahraga yang mengandalkan kecepatan seperti lari sprint 100 meter.

Pada kasus kecepatan ini lebih mengarah pada fungsi kecepatan otot tungkai kaki dalam bekerja. Sebagai contoh:
1. Melakukan sprint
2. Lari cepat 40 meter.
3. Lari cepat 100 meter.
4. Lari cepat 200 meter.

5. Kelenturan (Flexibility)


Komponen dan Latihan Kebugaran Jasmani
Kelenturan / daya lentur adalah efektifitas seseorang dalam menyesuaikan diri dalam segala hal aktifitas dengan penguluran tubuh yang lebih luas.

Cara melatih kelenturan tubuh bisa dengan latihan renang, yoga, senam, kayang dan juga upper body flexibility.

6. Kelincahan (Agility)

Kelincahan adalah kemampuan seseorang dalam mengubah arah dan posisi pada area tertentu, seperti dari cepat ke lambat, dari depan ke belakang, dari kanan ke kiri. Kelincahan ini sangat bermanfaat bagi pemain olahraga cabang sepakbola, futsal, dan bulutangkis.

Cara melatih kemampuan kelincahan yaitu dengan lari dan berganti arah dengan cepat. Sebagai contoh latihannya yaitu:

1. Lari zig zag, ini merupakan latihan yang sangat populer untuk latihan kelincahan.
2. Lari bolak balik 5-7 meter.
3. Lari angka 8.
4. Kombinasi lari zig zag dan bolak balik.

7. Koordinasi (Coordination)

Koordinasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengintegrasikan berbagai gerakan yag berbeda ke dalam satu pola gerakan tunggal secara lebih efektif. Pada intinya latihan koordinasi membutuhkan kemampuan gerak, insting yang bagus serta fokus yang tinggi.

Cara melatih meingkatkan kelincahan yaitu dengan:
1. Memantulkan bola tenis ke tembok menggunakan tangan kanan dan kemudian ditangkap dengan tangan kiri.
2. Melemparkan bola ke atas dengan tangan kiri dan menangkapnya dengan tangan kanan.
3. Atau juga dengan latihan gerakan kelicahan dalam latihan sepakbola.

8. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan merupakan kemampuan seseorang dalam mengendalikan organ-organ syaraf otot sehingga dapat mengendalikan gerakan-gerakan dengan baik dan bagus. Salah satu cara nya dengan melakukan gerakan senam. Karena cabang olahraga senam sangat banyak gerakan tubuh yang membutuhkan keseimbangan.

1. Berjalan jinjit diatas balok kayu yang tidak terlalu lebar.
2. Berdiri jinjit dengan satu kaki.
3. Gerakan kapal terbang.
4. Gerakn sikap lilin.
5. Beridri dengan satu kaki dengan mata dipejamkan.

9. Ketepatan/Keakuratan (Accuracy)

Keakuratan/ketepatan adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan geraak-gerak bebas terhadap suatu sasaran. Olahraga yang membutuhkan ketepan/accuracy yang besar adalah olahraga panahan, bowling, basket, korfball, woodball, tembakan dan masih banyak lagi.

Cara melatih keakuratan bisa menggunakan latihan yang mengasah konsentrasi serta keakuratan yaitu dengan melempar bola pada suatu sasaran entah berhenti maupun bergerak.

10. Reaksi (Reaction)

Reaksi berbeda dengan reflek, meski gerakan hampir sama dan biasanya orang awam menganggapnya sama. Padahal reaksi adalah kemampuan seseorang untuk bergerak atau segera bertindak secepatnya karna adanya suatu rangsangan yang ditimbulkan lewat indera kita.

Sebagi contoh seorang kiper harus melompat ke kanan/kekiri untuk menangkap bola.

Cara melatih reaksi adalah dengan:
1. Sering memberikan rangsangan pada indera, bisa menggunaknan suara, cahaya maupun sentuhan.

Contoh, jika melihat cahaya hijau kamu segera lari ke kiri/kanan. Jika kamu mendengar peluit panjang segera belok ketika lari. Dan masih banyak lagi cara melatih reaksi apalagi untuk melatih reaksi kiper.

Nah itulah beberapa komponen, fungsi serta bentuk latihan kebugaran jasmanni yang bisa Anda lakukan.

Selain itu Anda juga harus mengetahui beberapa manfaat kebugaran jasmani bagi diri sendiri, orang lain, siswa dan atlet Anda.

Silahkan praktekan latihan kebugaran jasmani diatas dan dapatkan manfaat nyata bagi komponen kebugaran jasmani tubuh Anda dan keluarga.
Komponen dan Latihan Kebugaran Jasmani

You Might Also Like: