Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Latihan Membentuk Otot Dada dan Perut yang Benar

Cara membentuk otot dada dan perut. Mempunyai tubuh yang atletis, tubuh yang tegap, perut sixpack dan dada terbentuk akan menambah rasa percaya diri bagi kebanyakan pria.

Ini terbukti banyaknya tempat fitnes yang bermunculan dimana-mana. Itu berarti banyak orang menginginkan tubuh yang ideal dan atletis, baik kaum laki-laki maupun kaum perempuan.
Latihan Membentuk Otot Dada dan Perut yang Benar
Ngomong-ngomong mengenai badan ideal, tidak hanya persoalan perut six pack. Otot dada salah satu otot yang harus dilatih ketika membentuk otot perut.

Kan tidak lucu jika Anda mempunyai perut six pack namun dada besar menggelantung (berlemak) seperti orang over gemuk (obesitas).

Salah satu tips bagi Anda yang tidak mempunyai waktu buat fitnes di gym center, zonapelatih memberikan trik latihan di rumah untuk melatih otot dada.

Melatih semua otot dada berarti Anda juga telah melatih otot sayap punggung dan lengan. Jadi tidak hanya otot dada saja yang kekar dan kencang, namun juga otot tangan yang kuat dan punggung yang kokoh juga.

latihan membentuk otot dada yang bisa dilakukan di rumah adalah bodyweight training. Body weight training adalah sejenis latihan yang memanfaatkan badan sendiri sebagai beban latihan. Sehingga jenis latihan ini sangat efektif untuk Anda lakukan.

Cara Latihan Membentuk Otot Dada di Rumah.

1. Push Up

Gerakan push up adalah gerakan yang efektif dan telah dibuktikan oleh banyak orang untuk membantu membentuk otot dada Anda.

Jadi Anda bisa mencoba latihan push up sebanyak 200 kali setiap hari, untuk membentuk otot dada.

Anda bisa mulai dari pagi hari setelah sholat 50 kali. Nanti siang pas istirahat 50-100 kali. Dan pada waktu sore hari 50 kali. Disini pada intinya Anda dalam sehari melakukan gerakan push up sebanyak 200 kali. Jadi mudah kan hehehe.

2. Barbell abs rollout

Untuk membuat otot dada lebih kencang saya sarankan untuk menggunakan barbell abs rollout. Barbell abs rollout adalah berupa roda tunggal dengan pengngan di dua sisinya. Namun jika tidak ada Anda bisa menggunakan barbell yang bagian platnya bebas berputar. Pada intinya bertumpu pada lutu dan kedua lengan berpegang pada rollout tadi. Kemudian gerakan badan ke depan sampai punggung lurus sejajar dengan matras lalu tarik kembali.

3. Plank/flank

Latihan plank ini sangatlah sederhana, namun hasilnya sangat bagus untuk tubuh. Silahkan ambil posisi seperti akan melakukan push up. Ketika tangan lurus  tegak tahanlah selama Anda bisa melakukannnya. Nah saat seperti itulah otot perut dan juga otot punggung bekerja keras, begitu juga dengan otot tubuh lainnya.

4. Press tok

Latihan press tok ini juga sagat ampuh untuk membentuk otot dada. Dimana anda bisa menggantungkan diri diatas pintu dan lakukan gerakan seperti push up.

5. Reverse crunch

Gerakan reverse crunch hampir mirip dengan gerakan sit up. Yang membedakan hanyalah pada gerakan reverse crunch kaki yang bergerak dari tertrkuk menjadi lurus. Sehingga otot perut bagian bawah Anda akan terlatih.

Cara Membentuk Otot Perut.


1. Sit up

Lakukan latihan sit up secara teratur setiap harinya.

2. Sit up menggantung

Variasi sit up dengan cara bergantungan. Yaitu dengan Anda menggangtung pada pintu kemudian kedua kaki diangkat lurus sejajar dengan pinggang dan turunkan secara perlahan. Dengan begitu otot-otot perut akan terlatih dan menjadi lebih kencang.

3. Menaikkan dan menurunkan kedua kaki

Caranya adalah dengan Anda tidur terlantang di lantai/matras. Kemudian kedua kaki lurus dan diangkat keatas hingga tubuh membentuk huru L. Kemudia turunkan kedua kaki lurus secara perlahan. Nah disinilah proses latihan otot perut. Ketika kaki naik dan turun itulah otot perut Anda bekerja.

Kesimpulan membentuk otot dada dan perut.


  • Pada dasarnya latihan untuk membentuk otot perut haruslah menyeluruh, seperti latihan membentuk otot dada atas, otot dada bagian bawah.
  • Latihan dapat dikombinasikan sekaligus andara membentuk otot dada dan perut. Membentuk otot dada dan lengan
  • Latihan membentuk otot dada, punggung dan perut bisa dilakukan dengan menggunakan alat fitnes maupun dengan body weight training (tanpa alat)

Nah itulah cara melakukan latihan untuk membentuk otot dada dan perut Anda menjadi lebih bagus, kencang dan padat. 
Latihan Membentuk Otot Dada dan Perut yang Benar

You Might Also Like: