Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Latihan Memperkuat Pukulan Bola Voli | Zona Pelatih

Dalam permainan bola voli pantai maupun voli indoor, olahraga bola vali sangat membutuhkan yang namanya kelincahan, keseimbangan, kekuatan dan kecepatan yang bagus. Pukulan smash yang bagus merupakan salah satu kunci serangan yang mampu mematikan lawan dan akhirnya memperoleh point. Lalu bagaimana cara agar pukulan smash kita lebih kuat dan tajam? Silahkan simak program latihan atau cara memperkuat pukulan smash dalam permainan bola voli di bawah ini.

Latihan Memperkuat Pukulan Bola Voli | Zona Pelatih

Cara Smash Keras Bola Voli

Agar dapat memukul bola voli yang benar pemain harus menguasai teknik dasar voli terlebih dahulu. Agar pemain mudah berkembang dalam proses latihannya.

1. Melaksanakan Push Up

Push up tidak hanya menjadi latihan untuk membentuk otot lengan saja. Push up juga salah satu latihan fisik agi para pemain bola voli. Olahraga push up sangat bermanfaat bagi para pemain, terutama smasher. Karena dengan latihan tersebut kekuatan otot lengannya semakin kuat. Sehingga ketika melakukan smash voli akan lebih kuat hasilnya.

2. Jangan Melakukan Lompatan Terlalu Tinggi

Bagi Anda para smasher saya sarankan jangan melompat terlalu tinggi. Karena biasanya lomaptan yang tinggi akan lebih cepat menguras stamina dan justru teknik pukulan smash jadi tidak sempurna.

3. Melatih Timing Pemain

Seperti bahasan di atas, lompatan yang terlalu tinggi pun juga tidak baik. Begitu juga dengan timing yang jelak akan membuat kesempatan smash bagus akan hilang. Karena timing merupakan faktor utama dan terpenting dalam melakukan pukulan smash. Oleha karena itu latihan timing wajib dilakukan secara terus menerus. Sehingg pemain akan memiliki timing yang bagus dan akan membantu pukulan smash menjadi lebih kuat.

4. Melatih Pukulan Smash dari Sudut yang Tepat

Selain latihan timing pukulan, pemain jug harus dilatih melakukan pukulan dari sudut yang tepat (pas). Karena efektivitas serta kekuatan smash juga ditentukan oleh sudut mana pemain akan melakukan smash mematikannya.

5. Melihat Blockers

Sebagai smasher juga harus mempunyai kemampuan melihat blockers. Dimana ini sangat bermanfaat ketika melakukan arah pukulan smash yang tepat. Dengna begitu smash bola kita tidak terbendung oleh pemain meraka dan tim kita mendaptkan point.

6. Meningkatkan kekuatan Ayunan Lengan

Pukulan smash bola voli bisa sangat keras dan kuat juga karna faktor dari seberapa kuat ayunan tangan Anda. Ketika pemain voli melakukan ayunan tangan dengan kekautan maksimal, maka daya tekanan mejadi bsara sehingga pukulan smash akan lebih kencang. Untuk melatih kekuatan ayunan tangan bisa coba cara berikut.

- Lakukan pemanasan dinamis dan statis.

- Lakukan ayunan kea rah depan sebanyak 10 kali hitungan begitu juga sebaliknya. Lakukan ayunan ke belakang.

- Setelah bahu terasa mulai panas serta otot sudah siap, segeralah ambil beban untuk melatih ayunana tangan Anda.

- Usahakan setiap altihan usahakan lakukan dengan serius dan banyak mencoba.

Itulah beberapa cara memperkuat pukulan smash bola voli yang bisa ANda lakukan di rumah. Jangan lupa posisi telapak tangan ketika smash sehingga akan menjadikan Anda quicker voli handal.
Latihan Memperkuat Pukulan Bola Voli | Zona Pelatih

You Might Also Like:

Loading...