Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Latihan Kiper Futsal Pro | Zonapelatih

Zona Pelatih - Sering kali seorang kiper dipandang sebelah mata. Karena penjaga gawang jarang terlibat aktif dalam permainan, kecuali ketika diserang. Padahal untuk menjadi kiper yang handal tidaklah mudah. Meraka harus melalui latihan kiper futsal pro terlebih dahulu.

Latihan Kiper Futsal Pro | Zonapelatih

Latihan kiper futsal harus dimulai dari latihan dasar penjaga gawang. Teknik dasar seorang kiper harus benar-benar dikuasai terlebih dahulu. Oleh karena itu silahkan simak panduan bagi Anda yang ingin menjadi kiper futsal profesional dan handal.

Cara Latihan Kiper Futsal




Latihan menjadi kiper tidak selalu harus di lapangan futsal. Namun juga bisa latihan kiper di rumah sendiri.

Seorang kiperpun juga harus latihan fisik agar stamina tetap dalam kondisi bagus.

Berikut Cara latihan kiper futsal pro dan handal

1. Pemanasan dan pendinginan

Warming up dan colling down harus dipahami betul oleh pemain ataupun kiper. Karena dengan memahami maka kiper akan lebih sadar dalam melakukan gerakan pemanasan maupun ketika melakukan pendinginan.

2. Latihan menangkap bola

Bagi penjaga gawang syarat mutlak adalah wajib berani dan bisa menangkap bola. Kenapa wajib berani? Karena ini berkaitan dengan mental pemain. Bagaimana bisa menjadi kiper profesional jika mentalnya saja buruk dan terlebih keahlian menangkap bolanya saja masih pas pasan?

Jadi latihan lempar tangkap bola wajib dikuasai dengan benar.

3. Latihan refleks dan reaksi

Kenapa dsini saya menulis refleks dan reaksi? Karena menurut saya refelks dan reaksi itu berbeda.

Refleks adalah gerak otomatis tubuh. Kalau reaksi adalah proses tubuh dalam merangsang respon yang diberikan.

Sehingga reaksi dapat dilatih dan hasilnya kan lebih bagus. Jika mampu dikombinasikan dengan latihan memabaca arah gerak pemain atau arah tembakan lawan.

4. Latihan sudut pandang

Untuk mempertahankan gawangnya seorang penjaga gawang juga harus pandai dalam melihat dan memposisikan diri ditempat yang tepat.

Sehingga seorang kiper harus mampu melihat sudut yang pas. Sehingga latihan sudut pandang ini cocok untuk seorang kiper.

5. Latihan penempatan posisi

Kiper mutlak hukumnya harus bisa membaca situasi. Sebeum membaca situasi seorang goal kipper harus bisa melihat dari sudut pandangnya.

Sehingga kiper mampu menepatkan diri diposisi yang bagus dan akhirnya mampu menghalau bola yang mengarah ke gawangnya.

Untuk tips latihan bisa Anda baca pada artikel "Latihan menjadi kiper handal terbaru"

Catatan untuk latihan kiper futsal terbaik

1. Selain latihan teknik dasar penjaga gawang, Anda wajib juga latihan tentang fisik  pemain futsal.

2. Lakukan pemanasan dan pendingan dengan benar, jangan asal-asalan. Karena akan sedikit banyak akan mempengaruhi dalam permainan ANda.

3. Baca dan pahami peraturan futsal yang berkaitan dengan kper/penjaga gawang. Sehingga Anda makin percaya diri dengan apa yang akan Anda lakukan di lapangan ketika pertandingan. Karena Anda paham apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan bagi seorang kiper futsal.

4. Selalu dan terus berlatih dan mengembangkan kemampuan menjaga gawang futsal Anda dengan melihat video teknik kiper maupun  terus melatih teknik blocking kiper futsal.

Nah itulah cara Latihan Kiper Futsal Pro | Zonapelatih yang bisa Anda coba sendiri. Anda bisa melakukan latihan kiper futsal sendiri atau denang teman satu tim. Tetap semangat dan jadilah kiper yang handal.
Latihan Kiper Futsal Pro | Zonapelatih

You Might Also Like: