Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Kombinasi Latihan Otot yang Benar | Zona Pelatih

Zonapelatih.net - Bagi Anda yang ingin menjalankan program fitnes, lebih baik Anda belajar dan memahami kombinasi latihan otot yang benar.

Kombinasi latihan otot yang benar akan membawa anda ke hasil yang maksimal. Namun untuk pemula biasanya yang menjadi persoalan adalah kombinasi program latihan otot yang baik itu seperti apa?

Kombinasi Latihan Otot yang Benar | Zona Pelatih

Latihan otot-otot apa saja yang harus dilatih terlebih dahulu. Otot mana yang penting untuk dilatih dan bagaimana cara mengkombinasikan latihan otot yang benar.

Pertanyaan-pertanyaa tersebut biasanya dialami oleh para pemula yang ingin menjalani latihan fitnes. Sebenarnya kombinasi latihan fitnes yang benar adalah dengan menggabungkan latihan otot besar dan otot kecil pada satu sesi latihan.

Apa itu otot kecil?
Otot kecil meliputi otot lengan (bicep dan tricep) dan otot perut.

Apa itu otot besar?
Otot besar meliputi otot punggung, otot dada, otot kaki, otot bahu. Jadi dalam satu hari latihan ada baiknya ketika anda melatih otot kecil misalnya bicep, anda harus mengkombinasikan dengan latihan otot besar, misalnya dengan otot dada.

Latihan Otot yang Benar

Dalam latihan fitnes yang baik adalah mengkombinasikan latihan otot dengan benar. Sangat tida disarankan hanya melatih otot kecil saja atau hanya melatih otot besar saja. Karena hasilnya tidak baik.

Latihan otot yang benar adalah latihan yang dapat melatih semua jenis otot. Sehingga semua otot pada tubuh juga ikut terbentuk.

Contoh Kombinasi Latihan Otot yang Benar

Berikut adalah contoh jadwal latihan gym yang baik serta gerakan kombinasi yang bisa Anda lakukan di rumah:

Senin: Bicep, dada, abs 

Selasa: Tricep, punggung 

Rabu: Bahu, kaki, abs

Kamis: Biceps, dada, abs 

Jumat: Bahu, kaki, abs

Sabtu: Kardio

Minggu: Rest / istirahat

Contoh kombinasi latihan fitnes diatas hanya salah satu contoh saja. Pada dasarnya semua otot harus dilatih (perhatikan pada program diatas). Jika Anda perhatikan, anda akan paham mengenai kombinasi dari otot kecil dan otot besar. Usahakan selalu untuk melatih maksimal 3 jenis otot dalam sehari (satu sesi latihan), jangan lebih dari 3 jenis otot agar hasilnya maksimal.

Kombinasi yang tidak disarankan untuk latihan fitnes.

1. Hanya melatih otot yang sama setiap hari

Dalam mengkombinasikan lathan fitnes tidak disarankan untuk melatih otot yang sama setiap harinya.Misalnya hari senin sampai rabu anda melatih otot punggung. Hal tersebut tidak baik untuk perkembangan otot karena otot juga membutuhkan waktu istirahat, agar anda bisa melatihnya dengan maksimal setelah masa istirahat tersebut. Istirahatkan otot anda maksimal 24-48 jam.  

2. Istirahat terlalu lama

Seperti yang saya utarakan di poin satu, otot anda sebaiknya beristirahat maksimal 24-48 jam (1-3 hari). Jangan melakukan kombinasi latihan dengan melakukan jeda istirahat terlalu lama. Misalnya hari senin anda melatih otot bicep. Kemudian anda baru melatihnya lagi di hari sabtu. Hal ini tidak efektif untuk perkembangan otot anda, karena otot anda butuh untuk dipacu terus agar bisa berkembang.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, maka anda bisa menghasilkan kombinasi latihan otot yang benar. Sehingga target latihan membentuk otot akan berhasil. Selamat mencoba dan salam sehat. Jangn lupa share!
Kombinasi Latihan Otot yang Benar | Zona Pelatih

You Might Also Like: