Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Program Latihan Fitnes Mingguan yang Efektif Bagi Pemula

#Program fitnes efektif. Kali ini zonapelatih akan memberikan tips serta informassi terbaru tentang bagaimana program latihan fitnes yang efektif bagi pemula? Sehingga kamu harus benar-benar baca artikel program fitnes ini sampai selesai karna tips ada disetiap paragraf. Dengan begitu diharapkan Anda bisa membuat jadwal latihan fitnes harian yang benar.

Program Latihan Fitnes Mingguan yang Efektif Bagi Pemula

Program latihan fitnes yang efektif adalah sebuah harapan bagi para pelaku fitnes, apalagi bagi para pemula yang baru terjun ke dunia fitnes center. Pastilah mereka menginginkan jadwal dan program fitnes yang baik dan efektif. Oleh karena itu silahkan simak sampai selesai artikel di bawah ini.

Program latihan fitnes yang efektif bagi pemula

Program latihan fitnes yang paling efektif adalah program latihan gym yang cocok dengan kondisi tubuh Anda? Apakah tubuh anda termasuk dalam katagori badan kurus ( ectomorph), badan atletis (mesomorph) dan badan gemuk/bulat (endomorph). Karena dengan mengetahui tipe katagori tubuh, akan memudahkan dalam membuat jadwal latihan fitnes yang paling efektif buat diri ANda.

Sebelum menginjak ke program latihan fitnes yang efektif sebaiknya Anda paham dahulu. Bahwa latihan akan berhasil jika program latihan sesuai dengan tipe tubuh ANda. Karena setiap orang mempunyai tipe tubuh yang berbeda-beda. 

Perbedaan itu meliputi ketebalan dan struktur tulang, sifat otot dan juga tingkat metabolisme tubuh. Jadi jika Anda ingin memperbaiki tubuh agar lebih ideal, sebaiknya anda pahami dahulu tipe tubuh Anda. Karena akan mempengaruhi ketepatan program latihan fitnes untuk diri Anda.

Progam latihan fitnes yang efektif memurut tipe tubuh

A. Program latihan fitnes untuk badan yang kurus (ectomoprh)

Ciri-ciri tipe ini adalah berbadan kurus, massa otot kecil, dan berat badan susah untuk betambah memski makannya banyak. Selain itu tipe ectomorph ini memiliki ukuran pinggang yang kecil dan lebar bahu kecil.

Tipe orang seperti ini susah untuk menambah massa otot dan juga berat badannya, biasa disebut dengan istilah hardgainer. Orang yang memiliki tipe ini tingkat metabolismenya tinggi dan proses pembakaran lemak sangat cepat. Sehingga berat badanpun akan susuh bertambah.

Beberapa latihan fitnes yang efektif dan bagus buat tipe badan ectomorph

> Aturlah pola makan dengan baik serta asupan protein tinggi ditambah.
> Latihan angkat beban agar bisa menambah massa otot, dengan begitu berat badan akan bertambah.
> Ketika latihan fitnes jangan berlebihan, namun lebih banyak waktu untuk istirahat. Ini beraitan dengan proses metabolisme yang tinggi.

B. Program latihan fitnes untuk badan atletis ( mesomorph)

Ciri dari tubuh tipe mesomorph yaitu berat dan tinggi badan ideal, tidak gemuk dan juga tidak kurus. Badan tipe ini adalah badan yang sangat mudah untuk dibentuk dengan latihan beban (fitnes). Karena orang yang ini sudah berotot terbentuk secara alami.

Dari segi keseimbangan metabolisme juga bagus. Sehingga program altihannyapunakan lebih mudah dan simpel daripada tipe ectomorph dan endomorph.

Beberapa latihan fitnes yang efektif untuk tubuh jenis atletis





> Ketika latihan angkat beban usahakan semua otot badan juga dilatih. Jangan hanya sebagian otot saja.
> Ketika latihan Anda bisa menggunakan waktu lebih lama antara 60-90 menit.
> Gunakan repetisi rendah 4-6 repetisi dan jika menggunakan repetisi tinggi usahakan pada kisaran 15-20 repetisi saja.

C. Program latihan fitnes paling efektif untuk badan tipe endomorph

Ciri dari Tubuh endomorph diantaranya adalah bentuk tubuh yang bulat, gemuk, besar, berat badan begitu gampang naik namun susah untuk di turunkan. Badan endomorph mempunyai kandungan lemak yang tinggi pada badan karna endomorph bisa menaruh lemak dalam jumlah besar pada badan. Ukuran paha serta pinggang badan endomorph relatif lebih lebar.
Endomorph mempunyai metabolisme badan yang rendah hingga berat tubuh gampang naik walaupun cuma dengan makan sedikit. Sehingga untuk mempunyai badan yang ideal, orang jenis tipe ini haruslah kerja keras dalam latihannya. Sering lakukan olahraga dan juga angkat beban yang rutin. itu dilakukan untuk membakar lebih banyak kalori.

Program Latihan Fitnes untuk Orang Gemuk ‘Endomorph’

Dikarenakan mempunyai metabolisme tubuh yang lebih lambat, type tubuh endomorph umumnya juga akan memperoleh keuntungan dari volume serta frekwensi latihan beban yang semakin besar. Begitu juga dengan latihan kardio.

Untuk mendukung memangkas lemak tetapi tetap menjaga otot, Anda bisa berlatih dengan melindungi saat istirahat antar set seminim mungkin serta bergerak lebih cepat antar set. Kecepatan tersebut juga akan menolong membakar kalori semakin besar seperti memakai cara latihan superset, dropset, dsb.

Tidaklah perlu memaksakan selalu untuk mengeluarkan energi yang besar. Baiknya fokus pada pergerakan dengan rentang 10-12 repetisi untuk badan bagian atas, serta 12-20 repetisi untuk badan bagian bawah. Jika Anda bertipe badan endomorph, Anda bisa lakukan pergerakan kombinasi pada pergerakan compound serta isolasi.

Squat serta deadlift juga akan menolong merangsang metabolisme badan serta membakar kalori semakin banyak dari pada berlatih cable cross over atau leg extension. Jika Anda tengah off day dari program latihan fitnes, Anda dapat pergi ke gym atau ke luar ruangan untuk berlatih kardio. Juga akan begitu dianjurkan untuk latihan kardio interval (HIIT).

D. Jadwal latihan fitnes yang baik dan benar

Selanjutnya Anda dihadapkan dalam membuat jadwal program fitnes yang efektif. Sehingga Anda harus bisa membuat jadwal latihan fitnes yang baik dan benar.

Anda bisa menjadwalkan latihan gym harian ataupun mingguan. Selain itu juga usahakan ketika melakukan latihan fitnes harus dikombinasikan. Dengan kombinasi latihan fitnes yang benar akan mempercepat tujuan gym Anda.

Jika Anda membaca dengan benar, tanpa disadari sebenarnya Anda juga telah membaca tips membuat jadwal fintes yang baik untuk pemula.

Kesimpulan latihan fitnes yang efektif

Latihan fitnes yang efektif adalah program latihan yang disusun berdasarkan jenis tipe tubuh Anda. Dan latihan ini menyesuaikan juga dengan jam atau kegiatan harian Anda. Sehingga jadwal altihan fitnes Anda tidak akan terganggu begitu juga dengan kegiaatan atau rutinitas anda.

Untuk jadwal latihan fitnes dalam seminggu, sebenarnya tidak ada yang baku. Namun saya sarankan tidak lebih dari 5 hari dalam seminggu.

Atau sebagai gambaran jadwal latihan fitnes bisa lihat dibawah ini

1. Program Latihan 3x Seminggu
2. Program Latihan 4x Seminggu
3. Program Latihan 5x Seminggu

Contoh jadwal latihan fitnes harian

Gerakan ini dilakukan pada sesi latihan dengan beberapa kombinasi gerakan.

Hari Senin : latihan otot dada, otot tricep, otot perut serta otot kaki.
Hari Selasa : off
Hari Rabu : latihan otot punggung, otot bicep, otot pantat serta otot pinggang.
Hari Kamis : off
Hari Jumat : latihan otot perut, latihan otot kaki, otot pantat serta otot pinggang.

Semua latihan bisa Anda gunakan dengan 3x8 yaitu 3 set, 8 repetisi.

Dan setiap latihan jangan terlalu fokus ke satu sisi atau satu otot saja, namun usahak semua otot dalam tubuh juga dilatih. Karena latihan terbaik adalah ketika semua otot juga dilatih.

Jika Anda bisa mempraktekan tips diatas maka Anda akan bisa membuat program fitnes terbaik untuk diri Anda dan orang lain. jangan lupa share artikel Program Latihan Fitnes yang Efektif Bagi Pemula.
Program Latihan Fitnes Mingguan yang Efektif Bagi Pemula

You Might Also Like:

Loading...