Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Latihan Keseimbangan | Cara Melakukan Gerakan Keseimbangan





Latihan Keseimbangan | Cara Melakukan Gerakan Keseimbangan

Zona Pelatih -  Latihan keseimbangan tubuh, artikel kali ini membahas bagaimana cara latihan untuk meningkatkan keseimbangan tubuh menjadi lebih baik. Karena keseimbangan tubuh merupakan salah satu bagian dari komponen kondisi fisik. Dengan berlatih keseimbangan badan berarti tanpa kita sadari kita juga sudah meningkatkan kebugaran tubuh kita.

Nah untuk melakukan latihan keseimbaangan ini Anda bisa mencoba beberapa gerakan berikut untuk meningkatkan keseimbangan tubuh Anda.

Cara Melatih Keseimbangan (balance) Badan



1. Berdiri dengan satu kaki

Latihan Keseimbangan | Cara Melakukan Gerakan Keseimbangan zonapelatih

Mulailah melatih keseimbangan dengan menggunakan cara yang mudahini. Anda bisa menggunakan bantuan kursi, tembok, tiang ataupun tongkat untuk membantu keseimbangan tubuh kamu. Caranya yaitu Anda hanya perlu berdiri tegak dengan mengangkat satu kaki kamu di samping lulut kaki satunya dan membentuk sudut siku-siku,. Tahan posisi ini dengan mata terbuka dan kemudian menutup perlahan. Lakukan secara bergantian dengan kaki yang satunya. Lakukan hitungan sebanyak 1-8 kali dan ulangi selama yang Anda bisa.

2. Berdiri dengan satu kaki dan mata di tutup 

Latihan Keseimbangan | Cara Melakukan Gerakan Keseimbangan zonapelatih

Cara melatih kemampuan keseimbangan ini dilakukan dengan cara menutup mata dan mengangkat satu kaki. Pada gerakan kedua ini Anda lakukan dengan menutup mata anda. Dengan menutup mata tingkat kesulitan untuk menjaga diri agar seimbang menjaddi lebih sulit. Anda berdiri dengan satu kaki. Dengan melakukan latihan rutin berdiri dengan satu kaki dan mata di tutup ini akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk kemampuan keseimbangan anda.

3. Berdiri dengan satu kaki di angkat ke belakang

Latihan Keseimbangan | Cara Melakukan Gerakan Keseimbangan

Cara melatih keseimbangan ini dipusatkan di sepanjang kaki yang di angkat ke belakang (posisi pesawat-pesawatan) dengan kedua tangan lurus kedepan. Anda pasti mampu melakukan teknik keseimbangan ini dan pastinya juga melatih otot otot kaki  untuk menjaga keseimbangan tubuh hingga usia senja nantinya.

4. Berdiri dengan satu kaki di angkat ke depan

Sama seperti pada teknik melatih keseimbangan dengan kaki diangkat ke belakang, namun bedanya kaki yang diangkat ke depan ini tidak akan bisa total diangkat hingga lurus sejajar pinggang seperti ke belakang. Sehingga, kaki yang di depan lebih sulit dipertahakan keseimbangannya. Anda juga bisa menvariasi sendiri gerakannya seperti, mengangkat kaki kedepan lalu kaki di tekuk (lihat gambar)

5. Leg swings

Latihan Keseimbangan | Cara Melakukan Gerakan Keseimbangan zonapelatih

Cara melakukan latihan keseimbangan dengan gerakan leg swings yaitu silahkan Anda berdiri dengan menggunakan kaki kanan, sedangkan kaki kiri dengan posisi sedikit dinaikkan (3-6 inci dari lantai). Posisi lengan berada tepat di sisi tubuh.

Setelah itu dengan posisi ini ayunkan kaki kiri ke depan dan ke belakang. Dengan posisi badan tegak tetaplah bergerak dengan mempertahankan posisi tegak tubuh. Lakukan hal yang sama dengan posisi kaki mengayun ke samping.

6. Memutar tangan searah jarum jam

Melatih keseimbangan badan dengan menggunakan posisi berdiri dengan satu kaki, tubuh tegak lurus dan tangan diletakkan di pinggang. Gerakan sebelah tangan kamu dengan mengikuti posisi jam 12, 3, dan 9 tanpa kehilangan keseimbangan tubuh. Lakukan secara berulang dan bergantian dengan tangan yang satunya lagi.

7. Memutar kaki searah jarum jam

Posisi ini mengandalkan keseimbangan pada satu kaki, dengan posisi tubuh sama dengan langkah 3. Hanya saja kamu meluruskan sebelah kaki ke depan dan bayangkan bahwa tubuhmu sebagai pusat jam. Arahkan kaki memutar setengah lingkaran seperti arah jarum jam 12-9-3, dengan terus memegangi pinggang. Lakukan hal yang sama pada sebelah kaki kamu.

8. Keseimbangan di permukaan tidak rata

Nah, untuk latihan gerakan yang satu ini, kamu membutuhkan tempat berdiri dengan permukaan yang tidak rata (di atas tanah yang tidak rata misalnya). Lakukan latihan ini dengan memastikan kamu memiliki tempat berpegangan seperti dinding atau pohon. Ini untuk memastikan kamu tidak terjatuh saat berlatih. Setelah menemukan tempat yang tepat, berdirilah dengan menggunakan satu kaki dengan posisi yang sama dengan gerakan pada langkah pertama.

9. Squat dengan satu kaki

Berdiri dengan satu kaki yang membuka selebar pinggul kamu. Kemudian ambil posisi squat dengan posisi seperti setengah membungkuk, namun badan tetap tegak. Posisikan kaki kiri kamu di depan dengan setengah melayang. Posisikan tangan kamu lurus ke depan untuk membantu menjaga keseimbangan. Saat kembali ke posisi berdiri normal, lakukan dengan perlahan.

10. Duduk dan Tarik badan ke belakang

Selain dengan cara berdiri, anda pun dapat melatih keseimbangan tubuh dengan melatih otot otot dalam posisi duduk. pertama tama dengan menyiapkan kursi duduk tanpa sandaran. Saat sedang duduk, anda dapat menarik tubuh anda ke belakang perlahan lahan hingga mencapai titik keseimbangan maksimal anda. Anda dapat menggunakan otot tangan di awal masa latihan, sebagai tumpuan keseimbangan.

11. Duduk lalu berdiri

Keseimbangan juga dapat diketahui dari bagaimana anda bisa duduk dan lalu berdiri tanpa ada gangguan keseimbangan. Sayangnya, tentu diketahui hal ini sangat sulit dilakukan tanpa adanya pegangan untuk menopang keseimbangan seseorang yang akan berdiri dari posisi duduk. Itulah mengapa anda perlu berlatih dengan cara ini juga.

Latihan keseimbangan dapat dimulai dengan menyiapkan sebuah kursi. Duduklah di atas kursi tersebut dan sewaktu waktu berdirilah tanpa menggunakan pegangan. Pastikan untuk menahan keseimbangan anda di otot kaki atau perut. Kembali duduk dan ulangi gerakan tersebut beberapa kali, hingga anda mulai stabil dalam melakukan gerak diri setelah duduk. Setelah terlihat seimbang, maka jangan berhenti untuk melakukannya. Terus latihan secara rutin setiap hari. Anda dapat berdiri lalu duduk sewaktu waktu untuk dapat memberikan keseimbangan tubuh.

12. Berjalan dengan beban di atas kepala

Jenis latihan ini sangat baik untuk dicoba oleh anda. Selain itu, latihan ini pun dapat dilakukan di rumah tanpa perlu bantuan orang lain. Cukup sediakan beban di atas kepala seperti bakul, buku, dan benda lain yang dapat diletakan di atas kepala sambil anda berlatih berjalan dengan seimbang.

13. Latihan berjalan dengan lurus

Nah inilah cara paling mudah dalam melakukan latihan keseimbangan badan. Yaitu hanya dengan berjalan diatas garis lurus saja. Selain itu ANda bisa meningkatkan kesulitan dengan cara berjalan di papan yang lurus. Ini membutuh keseimbangan tubuh juga, bila keseimbangan tubuh kurang baik, Anda pasti akan terjatuh.

Nah, Latihan Keseimbangan | Cara Melakukan Gerakan Keseimbangan menarik dan mudah untuk dilakukan, bukan? Sebagai permulaan, otot-otot kamu akan merasa lelah dan terasa kaku. Namun, setelah melakukannya secara rutin, secara perlahan tubuh kamu akan mulai bergerak dengan mudah. Gerakan latihan ini sebaiknya kamu lakukan setiap hari untuk hasil yang terbaik. Jangan lupa share yach
Latihan Keseimbangan | Cara Melakukan Gerakan Keseimbangan

You Might Also Like:

Loading...