Cari Distributor Alat Olahraga Murah

Artikel Keren

Kasti | Mengenal Permainan Bola Kasti

Kasti | Mengenal Permainan Bola Kasti zonapelatih.net
Kasti - Permainan bola kasti atau biasa disebut Gebokan  merupakan permainan yang masuk ke dalam mata pelajaran Penjas pada Bab Permainan bola kecil. Dimana permainan kasti ini dimainkan oleh dua kelompok. Peralatan yang digunakan cukup bola kasti (biasanya berwarna hijau serta pemukul yang tebuat dari kayu). Untuk selengkapnya bisa lihat di Wekipedia.



Bagaimana cara bermain permainan kasti?

Sebelum anda bermain alangkah baiknya pelajari dahulu tentang kasti, seperti teknik dasar kasti, lapangan serta peraturan permainan. Sehingga dengan memahami apa itu kasti, maka Anda akan lebih mudah dalam memainkan permainan ini.

Peraturan Kasti

Untuk peraturan kasti sendiri sebenarnya masih mengikuti daerah masing-masing. Sehingga permainan kasti di sini kadang berbeda dengan cara maen kasti di sana, begitu sebaliknya. Jadi Anda jangan heran bila menemui perbedaan dalam peraturan kasti tersebut, namanya juga Indonesia kan luas dan banyak suka dan budaya.

Lapangan Kasti

Kasti | Mengenal Permainan Bola Kasti zonapelatih.net
Mengenai lapangan permainan kasti banyak sekali macamnya. Mengapa lapangan kasti bisa banyak? Karna peraturan di tiap daerah berbeda-beda alias peraturan ini masih belum baku.

Pada dasarnya bentuk lapangan tergantung dari berapa banyak pos yang digunakan. Jika menggunakan 3 pos biasanya berbantuk segitiga dan bila 4 pos biasnya berbentuk persegi.

Wasit

Sama seperti peraturan sepak bola, bola basket dan olahraga lainnya, wasit adalah pemimpin dalam permainan kasti ini. Namun wasit tidaklah sendiri karena memiliki 3 orang penjaga garis yang membantunya berikut juga seorang pencatat waktu.

Jumlah pemain 

Untuk jumlah pemain di setiap regunya, harus ada 12 orang di mana salah satu pemainnya harus ada yang berperan sebagai kapten tim. Pemain seluruhnya wajib untuk menggunakan nomor dada dari 1-12 yang juga ditambah dengan pemain pengganti maupun cadangan 6 orang banyaknya.

Waktu permainan 

Permainan kasti dilaksanakan dalam 2 babak di mana tiap babak berdurasi 20-30 menit. Ada istirahat selama 15 menit diantara tiap babak.

Tim penjaga

Tugas utama dari tim penjaga adalah mematikan lawan, yakni dengan cara melemparkan bola ke arah pemukul atau langsung menangkap bola yang tim pemukul lambungkan dengan cara memukul.

Tugas lainnya adalah dengan menempati ruang bebas apabila dalam kondisi kosong, istilah untuk hal ini adalah ‘membakar’ ruang bebas.

Tim pemukul

Tiap pemain kasti mempunyai hak untuk memukul sekali terkecuali pemain terakhir yang memiliki hak melakukan pukulan hingga 3 kali. Selesai memukul, pemukul wajib meletakkan alat pemukul di dalam ruang pemukul dan jika peletakannya di luar, pemain pun akhirnya tak akan memperoleh nilai, kecuali pemukul secepatnya dialihkan ke dalam ruang pemukul yang seharusnya.

Teknik dasar kasti atau gebok'an

Teknik dasar kasti adalah suatu ketrampilan yang membantu pemain untuk mempermudah dalam memainkan permainan gebokan (kasti). Teknik dasar yang dimaksud adalah :

1. Teknik melempar bola
2. Teknik menangkap bola
3. Teknik memukul bola
4. Teknik berlari
Kasti | Mengenal Permainan Bola Kasti

You Might Also Like: