Pencarian Khusus

Cara Senam Yoga Sendiri di Rumah

Senam Yoga - Bagi Anda yang baru ingin belajar yoga tidak usah khawatir tentang gerakan-gerakan senam yoga di rumah. Dimana seorang pemula pastilah membingungkan bagaimana cara melakukan gerakan senam yoga, padahal belum pernah dan belum tahu gerakan senam yoga itu seperti apa. Dan Anda wajib mempelajarinya, karena yoga banyak sekali manfaatnya seperti dapat menurunkan berat badan. Dan semua gerakan senam yoga untuk pemula bisa Anda lakukan di rumah sendiri.


Nah oleh karena hal tersebut zonapelatih akan memberikan sedikit wawasan mengenai senam yoga untuk pemula yang saya peroleh dari sahabatnestle, dimana gerakan yoga senam ini bisa ANda lakukan di rumah masing-masing cukup sediakan alas atau matras saja. Dan gerakan-gerakan yang saya ajarkan ini merupakan gerakan dasar yoga yang pastinya cocok untuk pemula. Sehingga Anda tidak perlu ikut kelas latihan yoga.

Jadi Anda bisa lakukann sendiri dan tidak perlu pergi ke kelas yoga. Namun apabila Anda ingin senam yoga kelanjutan silahkan datang ke kelas yoga yang terdekat di kota Anda.

Senam yoga mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh ANda. Namun untuk mendapatkan manfaat/kegunaan senam yoga tersebut Anda harus melakukannya dengan teratur dan benar. Bagimana mau mendaptkan manfaat bila Anda saja melakukannya asal-asalan bukan?

Gerakan Yoga Untuk Pemula di Rumah 

Tips Cara Melakukan GErakan Yoga Sendiri



  1. Anda harus mempelajari dahulu gerakan yoga dasar
  2. Jika Anda belum memahami Anda bisa download gerakan yoga untuk pemula di youtube (senam yoga youtube)
  3. Setelah itu Anda harus plajari gerakan yoga untuk pemula


Yang harus Anda perhatikan yaitu :
1. Dasar gerakan yoga
2. Manfaat melakukan yoga

Berikut gerakan serta nama senam yoga untuk pemula yang  bisa Anda lakukan di rumah bersama keluarga Anda.

1. Seated Yoga Pose

Bagi pemula yang ingin menguasi senam yoga terlebih dahulu harus bisa menguasi cara duduk yang benar. Posisi duduk yang baik dan benar dalam olahraga senam yoga adalah duduk bersila dengan posisi tubuh tegap lurus, sehingga dada membusung ke depan, pandangan lurus kedepan, kepala diangkat ke atas sedikit serta rileks, selain itu usahkan posisi lutut kaki sejajar (sama tingginya bila diukur dari lantai)

Posisi duduk (seated yoga pose) ini bertujuan untuk merilekskan tubuh Anda. Menenangkan pikiran Anda.

2. Standing Yoga Pose

Gerakan yoga selanjutnya adalah Standing Yoga Pose. Untuk dapat melakukan gerakan seperti standing yoga ini, langkah pertama silahkan Anda ambil posisi berdiri lalu buka kaki secukupnya. Angkat kaki kanan menghadap ke atas hingga membentuk sudut 45 derajat, kemudian tangan kanan meraih kaki kanan tersebut. Bertumpulah dengan kaki kiri sambil lurus disebelah kaki, sedangkan tangan kiri  mengarah lurus ke depan. Usahakan pandangan mata Anda juga harus mengikuti arah tangan kiri. Gerakan ini baik bermanfaat untuk membentuk tubuh Anda dan membantu peregangan di tubuh pada bagian depan seperti bahu, perut, dada, dan pinggul. Untuk lebih jelasnya lihat gambar.

3. Child Pose

Lakukan gerkan yoga, child pose. Langkah pertama silahkan Anda ambil duduk bersimpuh, lalu majukan badan sampai condong kedepan hingga dahi dan tangan lurus menyentuh lantai/matras. Gerakan child pose ini berfungsi untuk melatih pernafasan Anda, peregangan pinggul, paha depan serta punggung Anda.

4. Back Pin Pose

Gerakan ini sangat berguna untuk melatih otot punggung dan membantu menyembuhkan cedera pada otot punggung. Gerakan ini diawali dengan tidur telentang, lalu tekuklah kaki sambil mengangkat pantat secara perlahan hingga membentuk sudut 450. Letakkan tangan di samping kiri dan kaki dalam posisi yang rileks. Gerakan yoga Back Pain ini bermanfaat untuk mengembalikan posisi tulang menjadi lurus serta tegak dan dapat mencegah tubuh dari kebungkukan, karena tulang belakang dilatih dengan cara ditekuk berlawanan arah dengan kebiasaan kita sehari-hari.

5. Upward dan Downward Facing Dog

Gerakan yang satu ini akan melatih banyak otot serta kekuatan tangan, bahu, lengan, dan juga tulang belakang  dan perut menjadi kencang. Untuk dapat melakukannya, posisikan tubuh Anda telungkup, setelah itu angkat tubuh lebih tinggi dengan menggunakan kekuatan otot kaki serta tangan. Posisi kedua tangan dan kaki harus sejajar lurus, begitu juga dengan punggung menghadap ke atas hingga membentuk posisi busur. Tahan posisibadan ini selama kurang lebih 5-10 hitungan atau 1 menit sambil mengatur pernapasan dengan baik.






Manfaat Senam Yoga


Manfaat dari melakukan senam yoga
1. Melatih kelenturan tubuh
2. Melatih kekuatan
3. Melatih konsentrasi dan kesadaran
4. Membangun rasa percaya diri
5. Lebih ramping dan kuat
6. Memperbaiki postur tubuh

Selain lima gerakan senam yoga pemula diatas ANda bisa lihat contoh gerakan senam yoga di rumah yang bisa dilakukan seorang diri.

Macam-macam gerakan senam yoga lainnya

1. Gerakan yoga bhujangsana

2. Gerakan yoga dhanurasana

3. Gerakan yoga tadasana

4. Gerakan yoga pavanamuktasana



Lebih lengkap tentang olahraga silahkan pilih artikel di bawah ini.
Cara Senam Yoga Sendiri di Rumah

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: