Cara Melakukan Lompat Tinggi Gaya Flop
close
-----Klik 2x --- (Close)
Cara Melakukan Lompat Tinggi Gaya Flop
Penulis wiwa coret

Cara Melakukan Lompat Tinggi Gaya Flop

Lompat tinggi gaya flop merupakan salah satu nomor lompat pada cabang olahraga atletik yang dipertandingkan untuk putra serta putri, dimana atlet harus mampu melewati palang penghalang yang dipasang pada ketinggian tertentu. Jadi jika Anda ingin tahu bagaimana cara melatih agar lompatan kita menjadi tinggi, silahkan simak penjelasan berikut.
Cara Melakukan Lompat Tinggi Gaya Flop

Tujuan dari lompat tinggi yaitu supaya atlet  dapat mencapai lompatan yang setinggi-tingginya. Dan atlet yang bisa melakukannya adalah pemeneangnya. Oleh karena hal tersebut Anda wajib membaca artikel cara meninggikan loncatan dengan cepat di bawah ini.

Cara Melakukan Gerakan Lompat Tinggi Gaya Flop 

Gerakan yang dilakukan dalam lompat tinggi adalah melompat ke atas dengan mengangkat kaki ke depan atas untuk membawa titik berat badan setinggi mungkin dan mendarat secepat mungkin. Mendarat pada box atau tempat yang sudah disediakan seperti busa akan pendaratan lebih nyaman dan mengurangi resiko cidera.

Menurut Gerry A. Carr (1997 : 117) bahwa dewasa ini teknik lompat tinggi fosbury flop (menelentang) telah menggantikan teknik straddle. Salah satu faktor penting dalam keberhasilan lompat tinggi gaya flop agar berhasil adalah membuat lengkungan punggung yang cukup tajam saat melewati palang. Lengkungan punggung tersebut dimaksudkan agar tidak mengenai palang gantung (penghalang) yang ada.

Tingkat fleksibilitas tersebut dapat tercapai melalui program latihan yang tepat. Pada fase melewati palang ini diperlukan sikap tubuh yang tepat agar pelompat dapat mengangkat titik berat tubuh setinggi mungkin. Berikut ini tahapan cara melakukan gerakan lompat tinggi gaya flop.

Adapun cara melakukan lompat tinggi gaya flop yaitu :

1. Melakukan awalan dengan berlari dengan sebagian lurus dan sebagian lagi melengkung.
2. Berlari 3 sampai 6 langkah pada bagian yang lurus. Tambahkan kecepatan lari dengan langkah lebar dan penuh kekuatan.
3. Condongkan badan ke arah dalam pada bagian yang melengkung. Bahu lebih rendah pada bagian lengkung daripada bahu di luar lengkungan.
4. Teruskan menambah kecepatan lari dengan langkah-langkah yang penuh kekuatan. Dengan penekanan khusus dorongan kuat pada langkah terakhir (menjelang bertolak).

Adapun cara melakukan tolakan kaki lompat tinggi gaya flop sebagai berikut:

1. Langkah akhir sedikit lebih pendek. Kaki yang bertolak harus mendarat dengan cepat dengan gerak percepatan. Jari-jari kaki menunjuk ke arah posisi mendarat. Posisi kaki tidak harus paralel dengan bagian depan tempat mendarat.

2. Naikkan paha kaki bebas dengan cepat ke posisi horizontal dan pertahankan posisi, ayunkan lengan ke atas setinggi kepala dan tetap dipertahankan, luruskan sendi mata kaki, lutut, dan sendi panggul.


Teknik Melewati Mistar (Melayang)

Adapun cara melakukan teknik melayang lompat tinggi gaya flop adalah sebagai berikut.

1. Sesudah bertolak, teruskan memelihara sikap kaki bebas dalam posisi horizontal. Kaki yang bertolak agar tetap diluruskan.
2. Gerakkan lengan kiri sebagai lengan yang mendahului melewati mistar lompat tinggi.
3. Angkatlah pinggang agar naik lebih tinggi sampai melewati mistar (palang).
4. Setelah pinggang melewati mistar, tarik kepala ke dada dan luruskan kaki serta bersiap untuk mendarat.

Teknik Mendarat Lompat Tinggi Gaya Flop

Caranya mendaratlah dengan seluruh punggung dibantu dengan lengan. Usahakan lutut tetap terpisah pada waktu mendarat.

Sumber pustaka :
Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahrag dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Cara Melakukan Lompat Tinggi Gaya Flop"