Urutan Latihan Fitnes yang Benar untuk Pemula serta Jadwalnya | Zonapelatih

Artikel Unggulan

Kombinasi Latihan Otot yang Benar | Zona Pelatih

Zonapelatih.net - Bagi Anda yang ingin menjalankan program fitnes, lebih baik Anda belajar dan memahami kombinasi latihan otot yang benar ...

Urutan Latihan Fitnes yang Benar untuk Pemula serta Jadwalnya | Zonapelatih
Penulis WW

Urutan Latihan Fitnes yang Benar untuk Pemula serta Jadwalnya | Zonapelatih

Zonapelatih.net - Urutan latihan fitnes yang benar akan lebih mudah dalam membantu Anda membentuk otot tubuh. Sehingga badan lebih kencang. Aktivitas fitnes jaga dapat untuk program diet (menurunkan atau menambah berat badan). Oleh karena hal tersebut sodara wajib memiliki program latihan fitnes yang baik dan teratur.

Urutan Latihan Fitnes yang Benar serta Jadwalnya | Zonapelatih

Dalam latihan gym yang bisa Anda lakukan adalah angkat beban. Dan wajib bagi sodara untuk memperhatikan urutan latihan fitnes yang benar dan baik. Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti cedera ketika melakukan teknik yang salah.


Panduan Fitnes Untuk Pemula Lengkap


1. Urutan pertama latihan gym untuk pemula

Bagi Anda yang ingin melakukan fitnes sebaiknya car info dahulu tentang dunia fitnes. Seperti apa itu fitnes? Bagaimana cara melakukan fitnes yang benar? Apa saja manfaat melakukan fitnes?

Dengan begitu Anda bisa lebih mengerti tentang fitnes dan latihan apa yang cocok untuk diri sendiri. Selain itu sodara akan merasa tidak asing lagi dengan yang namanya fitnes.

Untuk mencari tah tentang nge-gym bisa searching di internet atau juga bisa bertanya pada orang2 yang sudah lebih dulu latihan fitnes. Atau langsung ke tempat fitnes dan bertanya pada pemandu/pelatih fitnes langsung.

2. Lakukan pemanasan/warming up untuk program fitnes

Sebeum melakukan fitnes sebaiknya lakukan pemasan terlebih dahulu. Karena salah satu manfaat melakukan warming up ini dapat mengurangi cidera yang fatal.

Warming up ini bisa lebih baik gunakan gerakan dinamis dan statis, agar lebih maksimal.

3. Lakukan latihan menggunakan beban yang ringan dahulu

Tujuan melakukan latihan dengan beban yang ringan terlebih dahulu adalah untuk memberi waktu bagi tubuh untuk adaptasi. Dengan kata lain agar Anda terbiasa dengan beban yang Anda pilih.

Setelah anda terbiasa dengan beban tersebut, barulah gunakan beban yang lebih berat lagi. Prinsipny adalah gunakan beban dari yang ringan ke berat secara bertahap.

Memakai Heart Rate Monitor

Untuk fitness yang baik serta benar, lakukanlah dengan memakaikan heart rate monitor juga. disamping dari alat fitness itu sendiri, heart rate monitor merupakan alat yang baik buat mengenali detak jantung kita. Dengan menggunakan aplikasi fitnes ini, detak jantung akan dengan mudah kita deteksi hanya dengan melihat dari monitor sewaktu melaksanakan fitness. Dengan pertolongan alat ini, status intensitas latihan kita pun bakal bisa ditingkatkan

4. Lakukan teknik pernapasan dan teknik gerakan fitnes yang benar

Tidak dipungkiri dalam melakukan latihan gym yang baik adadalah memadukan teknik pernapasan serta teknik gerakan fitnes.

Teknik pernasapasn yang baik adalah ketika mengangkat beban anda harus membuang/menghembuskan napas. Sedangkan ketika menurunkan beban Anda harus mengambil napas.

Teknik gerakan latihan fitnes adalah teknik gerakan yang dilakukan menyesuaikan dengan alat/beban yang digunakan. Selain itu juga harus paham alat apa yang tepat untuk program latihan ini.

Sebagai contoh jika  ingin membentuk otot bicep bisa menggunkan alat yang namanya barbell maupun dumbbell.

5. Jangan lupa lakukan pendinginan/colling down

Setelah anda selesai nge-gym, sebaiknya lakukanlah pendinginan. Colling down ini banyak manfaatnya. Slah satunya agar otot-otot tubuh tidak mudah kaku.

Selain itu masih ada beberapa tips lagi yang bisa Anda lakukan dan perlukan. Dengan mengikuti cara fitnes yang benar untuk pemula di bawah ini. Atau bisa lihat di website #zumba,id, #ototprosurabaya,com

* Tentukan dahulu tujuan Anda melakukan fitnes. Agar tujuan jelas dan tidak meleset dari tujuan awal.

*Buatlah jadwal gym harian/mingguan. Dengan begitu program latihan fitnes akan berjalan lancar dan tidak mengganggu aktivitas ANda. Jika anda bingung bagaimana cara membuat jadwal ngegym yang tepat untuk Anda. Anda bisa klik pada "cara membuat jadwal latihan fitnes yang baik"

* Selain melakukan metode fitnes anda juga harus mengatur pola makan dan minum. Perhatikan makanan dan minuman anda sebelum dan sesudah melakukan latihan fitnes.

* Ketika melaksanakan aktvitas fitnes Anda juga bisa sambil mendengarkan musik-musik yang membakar semangat. Agar kita tidak mudah boring hehehe.

Tips menyusun urutan latihan fitness

Bagi olahragawan maupun binaraganwan sdah tentu mempunyai program latihan yang harus dilakukan sesuai dengan urutan-urutan latihan sesuai dengan pedoman yang bagus. Berikut zona pelatih berikan contoh cara menyusun urutan latihan fitnes yang benar.

Mengatur pola latihan fitnes 1 minggu dan atau 1 hari

Sebelum jauh kita membahas tentang urutan program latihan fitness/GYM untuk pemula, alangkah baiknya kita garis bawahi pola latihan fitnes yang baik dan efektif selama 1 minggu dan 1 hari. Anda wajib dalam waktu 1 minggu tersebut, memfokuskan training pada bagian tubuh tertentu (katakan bagian tubuh atas).

Sebagai contoh pada bulan februari Anda fokus membentuk otot lengan pada pagi hari, pada sore hari Anda membentuk otot dada serta punggung dan pada malam hari Anda latihan membentuk otot bahu. Nah rutinitas/pola latihan fitnes seperti inilah yang harus Anda lakukan selama seminggu (minggu pertama bulan februari). Nah jika dalam waktu seminggu tersebut Anda telah merasakn hasilnya atau perbedaan pada badan bagian atas Anda, maka selanjutnya Anda bisa berganti menu latihan sesuai dengan program urutan laithan fitness pada minggu kedua/minggu berikutnya.

Dan yang wajib dilakukan sebelum melakukan fitnes adalah lakukan pemasan (warming up) terlebiih dahulu dan juga lakukan cooling down (pendinginan) setelah selesai latihan.

Membentuk otot tubuh bagian atas

Urutan latihan fitnes bagi pemula yang pertama adalah membentuk/membangun otot tubuh bagian atas. Dimana otot tubuh bagian atas terdiri dari otot dada, otot punggung, otot bahu serta otot lengan.

Pada masing-masing bagian badan tersebut mempunyai kesulitan masing-masing. Dan yang terlalu susah dalam membentuknya adalah pada otot punggung serta otot dada. Sehingga latihan otot dada bisa dilakukan pada akhir saja agar waktu altihan menjadi lebih efektif.

Dalam membentuk otot lengan realtif lebih gampang, jika dibandingkan dengan otot bagian tubuh lainnya. Urutan/pola dalam membentuk otot lengan dengna cara melakukan push up secara teratur dan bisa Anda kombinasikan latihan dengan pull up.

Sehingga Anda juga berlatih membentuk otot bahu dan otot punggung, karena sejatinya melakukan latihan pull up juga sudah meatih otot punggung dan otot bahu Anda. Dengna kata lain latihan Anda akan lebih efektif dengan melakukan altihan kombinasi tersebut. Karena dengan waktu yang sama Anda telah melatih 3 jenis otot tubuh. Dan urutan latian fitnes selanjutnya adalah membentuk otot dada.

Membentuk otot perut menjadi sixpaxk


Urutan Latihan Fitnes yang Benar untuk Pemula serta Jadwalnya | Zonapelatih

Setelah melatih otot bagian atas, urutan latihan fitnes bagi pemula selanjutnya adalah melatih otot perut agar rata dan menjadi sixpack. Adapun program latihan perut sixpack/rata yang efektif adalah Sit Up, Bicycle Crunch, Ab Wheels, Clothespin dan Flutter Kicks. Dengan rutin melakukan latihan diatas maka akan lebih cepat dalam membentuk otot perut menjadi rata dan sixpack.

Membentuk otot tubuh bagian bawah

Kemudia jika oto bagian tengah (otot perut) sudah dilatih dan terbentuk, selanjutnya urutan latihan fitnes yang efektif untuk pemula yaitu melatih otot tubuh bagian bawah seperti otot paha dan otot betis. Pada dasarnya kedua otot ini saling bersinergi, sehingga cara melatihnya pun cukup mudah serta efisien, karena bisa dilakukan sekaligus.

Anda bisa melatih otot paha dan otot betis dengan latihan yang menyenangkan seperti melakukan jogging, bersepeda ataupun lari sprint. Atau dengan latihan fitnes seperti squat, skiping, dan calf raise.

Manfaat Fitnes

Manfaat fitnes ini akan anda dapatkan dengan catatan dilakukan dengan baik dan benar.
1. Meningkatkan stamina.
2. Meningkatkan kekuatan otot tubuh.
3. Menjaga kesehatan mental.
4. Menjaga berat badan tubuh.
5. Membuat kulit lebih bercahaya.
6. Meningkatkan status kebugaran badan.

Nah itulah Urutan Latihan Fitnes yang Benar serta Jadwalnya. Anda bisa coba latihan sederhana ini, latihan fitnes tersebut cocok bagi pemula.
Advertisement

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang yang menyukai tentang dunia olahraga dan lebih condong ke cabang sepakbola dan futsal.

0 Response to "Urutan Latihan Fitnes yang Benar untuk Pemula serta Jadwalnya | Zonapelatih"