LATIHAN FITNES MEMBENTUK OTOT BICEPS




Otot biceps merupakan otot terfavorit yang dilatih oleh kaum lelaki di tempat gym. Ditempat fitness Anda akan sering menjumpai beberapa laki-laki berada di sudut-sudut gym untuk melatih otot bicepsnya. Selain itu, di mata sebagian besar wanita, pria dengan otot lengan yang besar dan kekar terlihat lebih tangguh dibandingkan dengan pria berotot lengan kempis dan lembek. Itu pula yang menyebabkan banyak pria rela berlatih keras half mendapatkan otot lengan sempurna.


Guna membentuk otot biceps, anda wajib menargetkan di setiap bagian otot biceps dengan berbagai macam jenis gerakan latihan otot lengan.  Jika anda melakukan dengan repetisi rendah 6 – 8 repetisi,  berarti anda sedang membangun kekuatan dari otot biceps anda. Namun, apabila anda menggunakan repetisi tinggi 10 – 12 repetisi, berguna untuk menjaga otot anda tetap kuat dan sehat.Selalu usahakan ketika melakukan latihan otot biceps, lakukan secara perlahan jangan terburu-buru dan tidak mengandalkan momentum pantulan, agar otot biceps anda akan bekerja lebih baik lagi.

Namun, pembentukan otot tidak bisa dilakukan hanya dengan mongandalkan  satu jenis latihan saja. Sebab pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sifat adaptive biological organism, dimana segalanya baru dapat bereaksi ketika ada suatu rangsangan.

Berlatih merupakan bentuk rangsangan. Bila latihan yang dilakukan hanya sejenis, maka tubuh tidak lagi mengartikannya sebagai rangsangan. Sehingga tubuh dan otot termasuk, tidak memberikan reaksi. Jadi, sebaiknya kuasai beberapa variasi gerakan melatih otot lengan.

Beberapa Latihan Otot Bicep Yang Efektif



Berikut panduan beberapa gerakan yang bermanfaat untk otot biceps dan triceps Anda. Bentuk latihan ini sangat efektif dan bisa dilakukan di rumah maupun di tempat GYM.

1. Push Up
Push up to adalah gerakan paling dasar yang bermanfaat untuk beberapa bagian otot tubuh seperti bahu, punggung, dan lengan. Gerakan ini dimulai dengan memposisikan tubuh bagan depan ke lantai (persis posisi tengkurap).

Letakkan telapak tangan from lantai dalam posisi renggang selebar bahu. Sedangkan persimmon bertumpu pada jari-jari yang ditkuk di lantai. Mulailah mendorong bahu dan lengan hingga dada menyentuh lantai, kemudian angkat kembali ke posisi awal. Lakukan sekurang-kurangnya 4 together dengan hitungan 20 kali / together.

2. Haltor Push Up
Dumbbell push up merupakan bentuk variasi dari gerakan push up dasar. Secara garis beras, tidak terdapat perbedaan siginifikan dalam gerakan keduanya. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan alat dumbbell sebagai medias bantu atau medias peraga. Kedua telapak tangan tidak lagi bertumpu pada lantai, melainkan pada dua buah dumbbell kiri dan kanan. Selanjutnya, lakukan gerakan sebagaimana pushes the dasar.

3. Regenerade Row Dumbbell Regen Tid Juda Bisa Dibilang Sebagai Generasi Baru Dari Gerakan Push Up Dasar. Pelaksanaannya sama seperti dumbbell push up, yakni sama-sama menggunakan dumbbell sebagai alat bantu membentuk otot bicep.

Selain bentuk latihan diatas, Anda juga bisa melakukan beberapa variasi latihan otot bicep berikut yang tentunya juga bagus untuk membentuk otot biceps Anda.

Beberapa jenis latihan otot biceps Anda


1. Incline Dumbbell Curl

2. Hammer Curl

3. Barbell Curl

4. Twenty one seconds



5. Concentration Curl

Cara melakukan gerakan concentration curl yaitu :
a. Duduklah di bangku latihan
b. Peganglah beban menggunakan tangan kanan dan letakkan siku dibagian dalam paha kanan atau lutut. Setelah itu gerakkan tangan ke bawah
c. Angkat beban ke atas. Ketika beban berada dibawah keraskan otot bicep ANda untuk mengangkat beban/menggerakan tangan keatas. Usahakan tangan bagian atas serta bahu tetap diam.
d. Ulangi gerakan menurunkan beban dan mengangkat beban secara pelan-pelan.
e. Ganti tangan dan ulangi cara diatas
f. Selain duduk pada bangku latihan Anda bisa melakukan menggunakan variasi sendiri. Atau kalo masih bingung bisa serching di google

6. Ez Bar Reverse Curl



7. High Pulley Cbale Curl


Dari beberapa contoh gerakan latihan diatas, dapat anda lakukan semua dengan pola latihan anda. Namun agar mudah tidak bosan, anda bisa mengkombinasikan dengan latihan otot biceps lainnya dalam program latihan yang anda buat. Pastikan anda memahami prinsip  latihan dengan benar setiap gerakan yang dilakukan. Selamat mencoba semoga berhasil.
LATIHAN FITNES MEMBENTUK OTOT BICEPS

You Might Also Like: