FORMASI SEPAKBOLA UNTUK ANAK USIA DINI


Sepakbola usia dini sangatlah menyenangkan. Dunia bermain untuk anak-anak. Permainan sepakbolapun seharusnya menjadi hal yang menyenangkan untuk anak usia dini (UDIN) KU 7,8,9,10,11,12. Namun terkadang seorang pelatih melalaikan hal tersebut. Dengan memberikan materi latihan dan tekanan-tekanan yang berlebihan kepada atlet muda kita.

Namun disini zonapelatih tidak akan banyak membahas mengenai bagaimana seorang pelatih melatih pemain usia mudanya atau cara membuat program latihan. Karena setiap coach mempunyai konsep dan strategi masing-masing dalam melatih. Meski ketika kursus bareng maupun ilmu yang didapat sama. Namun pada akhirnya karakter pelatih pun akan membuat hal yang beda.

Okey sesuai judul zonapelatih akan membahas tentang formasi sepakbola untuk Anak Usia Dini (UDIN). Bagaimana formasi yang pas dan efektif untuk anak-anak sekolah sepakbola pada umumnya. Maupun program latihan dasar sepakbola usia dini yang menyenangkan lengkap dengan gambar.

Contoh Formasi Sepakbola Usia Dini

Formasi 2-3-2-1

FORMASI SEPAKBOLA UNTUK ANAK USIA DINIFormasi 2-3-2-1 ini sebenarnya dari formasi 4-4-2, sehingga wingback berperan sebagai back ketika bertahan dan juga menyerang menjadi pemain sayap. Sehingga wingback ini naik turun.

Formasi 3-3-1-1


Formasi 4-3-1

FORMASI SEPAKBOLA UNTUK ANAK USIA DINI

Formasi 3-3-2

FORMASI SEPAKBOLA UNTUK ANAK USIA DINI

Nah itulah beberapa contoh formasi sepakbola untuk anak usia dini yang bisa Anda coba. Cobalah menggunakan tim Anda. Carilah kelebihan serta kekurang disetiap formasi yang Anda buat. Maka dengan begitu akan Anda dapatkan formasi yang pas dan nyaman serta efektif untuk tim yang Anda latih.

Formasi yang baik merupakan formasi dimana ppara pemain bisa bermain dengan nyaman dan dapat mengeluarkan segala kemampuannya.
Pada dasaranya lapangan sepakbola sama semua. Tinggal bagaimana seorang pelatih meramu strategi untuk mencapai tujuan tim. Seperti gambar di samping putih polos gambar lapangan sepakbola/soccer. Akan kau lukis seperti apa dengan pemain-pemain mu.





Kesimpulan :



Setiap pelatih mempunyai karakter masing-masing. Sehingga mempunyai formasi masing-masing untuk sebuah tim yang ditangani atau dilatihnya.

Karena pelatih lebih paham atas kemampuan serta kekurangan pemain-pemainnya. Sehingga formasi yang dibuat disesuai dengan kondisi tim maupun kemampuan individu pemain usia dininya.
FORMASI SEPAKBOLA UNTUK ANAK USIA DINI

You Might Also Like: