Jumat, 10 November 2017

Contoh Program Latihan Badminton Jangka Pendek

Contoh Program Latihan Badminton Jangka Pendek


Bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak peminat yang tersebar di seluruh dunia. Cabang olahraga yang menjadikan raket dan shuttlecock sebagai dua peralatan utama dalam permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang dalam permainan tunggal atau empat orang (2 pasang) dalam permainan ganda. Bulu tangkis memiliki 5 tipe pertandingan, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Pemain bulutangkis /badminton profesional pada awalnya juga seorang pemula. Namun karena latihannya yang keras dan cerdas maka ia akan menjadi atlet badminton yang handal (profesional). Latihan nya pun selalu diawali dari teknik dasar permainan bulutangkis. Karena mereka menyadari betapa pentingnya tekhnik dasar tersebut. Oleh karena hal tersebut silahkan baca lebih lanjut mengenai teknik dasar dibawah ini! 

1. Cara memegang raket (grip)


Teknik paling mendasar dalam bermain bulutangkis/badminton yaitu cara memegang raket/grip. Cara memegang raket adalah faktor utama yang sangat berpegaruh terhapat kualitas pukulan yang dihasilkan oleh sang pemain/atlet bulutangkis.

Untuk pemula sebaiknya diajarkan terlebih dahulu bagimana cara memegang raket yang baik dan tentunya agar pemain menemukan sendiri cara memegang raket yang sesuai dengan kenyamanannya sendiri. Sehingga seorang pelatih wajib mengenalkan teknik dasar pegangan raket yaitu teknik forehand dan teknik backhand.

+ Teknik Forehand




Ketrampilan memegang raket menggunakan teknik forehand bisa dimulai menggunakan tangan kanan kanan atau tangan kiri. Silahkan pilih sesuai kenyamanan masing-masing. Penjelasan lebih detail mengenai pegangan forehand pada badminton yaitu :
= Posisi kepala raket menymping
= Pegang raket seperti halnya ketika Anda berjabat tangan dengan orang lain
= Antara ibu jari dan jari telunjuk ada jarak sehingga membentuk seperti huruf V
= Jari yang lain (jari tengah, jari manis, dan jari kelingking) menggenggam raket

+ Teknik Backhand

Contoh Program Latihan Badminton Jangka Pendek

Teknik pegangan backhand hampir sama dengan teknik pegangan forehand diatas. Hanya bedanya ada pada ibu jari lurus menekan gagang raket sedangkan 4 jari sisanya melingkari gagang raket. 

+ Posisi kepala raket menyamping
+ Posisi ibu jari sedikit terpisah dengan keempat jari lainnya
+ Empat jari (jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking) memegang raket. Untuk lebih jelasnya silahkan lihar gambar.

Perbedaan pegangan raket forehand dengan backhand


2. Pukulan atau smash


Pukulan atau smash dalam permainan badminton/ bulu tangkis biasanya menggunakan teknik pegangan forehand. Karena dengan menggunakan pegangan forehand akan mampu menghasilkan kekuatan pukulan yang maksimal, beda jauh apabila dibandingkan dengan menggunakan teknik backhand.

+ Pukulan smash 


Smah biasa menggunakan teknik forehand dilakukan dengan cara mengayunkan badan dari arah belakang bergerak menuju arah depan raket, dimana posisi telapak tangan menghadap ke shuttlecock. Adapun detail cara melakukan pukulan dengan teknik forehand ini, adalah sebagai berikut :

= Pegang raket dengan cara pegangan raket teknik forehand
= Posisi kaki kanan dan kiri menyilang (kaki kanan di belakang dan kaki kiri berada di depan)
miringkan badan ke sebelah kanan
= Pukul shuttlecock sambil menggerakkan bahu ke depan
= Biarkan tangan bergerak terus ke bawah
= Ketika anda ingin melakukan pukulan clear, maka pukullah shuttlecock sekeras mungkin

+ Dropshot


Pukulan dropshot ini gerakannya hampir menyerupai gerakan pukulan smash. Yang membedakn pukulan dropshot dengan smash yaitu pada jatuhnya shuttlecock tidak jauh dari net. Dengan kata lain tenaga yang digunakannyapun lebih sedikit daripada smash.

+ Netting


Namun ada juga teknik pukulan yang dekat dengan net dan bola melaju dengan lambat. Jenis pululan ini disebut netting. Yaitu pulukan pada "kock"/ shuttlecock yang jatuhnya dekat dengan net. Pukulan ini sangat efisien dari segi tenaga karena tidak membutuhkan tenanga yang banyak. Namun netting ini membutuhkan konsentrasi yang lebih dan membutuhkan setuhan/fill yang bagus agar bola bisa jatuh sedekat mungkin dengan net. Sehingga lawan tidak bisa mengembalikan shuttlecock tersebut.

+ Service


Salah satu pukulan permulaan atau awal permainan bulutangkis yaitu pukulan service. Dimana service dilakukan dengan cara mengarahkn ke kanan/keri, depan/belakang pemain lawan. Usahakan saat melakukan servis, bola kock diarahkan yang jauh dari lawan agar susah dikembalikan, sehingga Anda kemungkinan besar dapat memperoleh point.

Gerakan servis ini bisa menggunakan teknik forehand maupun backhand. Silahkan pilih mana yang bisa membuat ANda merasa nyaman.

3. Gerakan Kaki (footwork)


Dalam permainan olahraga bulu tangkis ada satu keahlian dasar atau basic skill yang harus dimiliki yakni kelincahan. Seorang pemain bulu tangkis dituntut untuk lincah dalam bergerak, tidak hanya tangan yang melakukan pukulan saja tetapi juga anggota tubuh lainnya tak terkecuali pergerakan kaki. Hal ini karena untuk melakukan dan menghasilkan pukulan berkualitas sekaligus mematikan, antara tangan, tubuh dan kaki haruslah terjadi suatu harmonisasi. Kerja sama yang baik antara anggota-anggota tubuh ini tidak hanya kita butuhkan saat melakukan serangan, tapi juga untuk bertahan dari serangan lawan main.

4. Sikap dan Posisi Badan


Teknik dasar permainan bulu tangkis sikap dan posisi badan ini merujuk pada konsep keseimbangan. Tidak hanya kelincahan, keseimbangan juga merupakan unsur yang tak kalah penting dalam permainan olahraga bulu tangkis. Hal yang sederhana dan terkadang dipandang sebelah mata oleh masyarakat awam. Namun bagi seorang pemain bulu tangkis profesional, mereka paham betul betapa pentingnya unsur keseimbangan ini dalam permainan. Bukti nyata dari pentingnya unsur keseimbangan dalam permainan bulu tangkis dapat kita lihat pada pertandingan-pertandingan bulu tangkis profesional, baik yang bertaraf lokal, nasional maupun internasional. Sering kali seorang pemain bulu tangkis kurang maksimal atau bahkan gagal menghasilkan pukulan yang berkualitas hanya karena keseimbangan mereka yang tidak baik.

Adapun cara yang harus dilakukan agar memiliki keseimbangan yang baik, adalah sebagai berikut :

+ Posisikan badan bertumpu pada kedua kaki kanan dan kiri (hal ini berlaku pada saat menyerang ataupun bertahan)
+ Tekuk atau bengkokkan kedua lutut, selanjutnya berdiri dengan ujung kaki hingga pinggang berada pada posisi tegak
+ Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi sejajar atau salah satu kaki berada di depan
+ Salah satu lengan siku yang tidak memegang raket berada di samping badan, agar tangan lainnya yang memegang raket bebas bergerak

5. Posisi Badan Ketika Memukul (Hitting Position)


Tak bisa dipungkiri bahwa dalam permainan olahraga bulu tangkis, tidak hanya cara memukul tetapi posisi tubuh pada saat melakukan pukulan juga sangat mempengaruhi kualitas pukulan yang dihasilkan. Adapun detail posisi badan ketika memukul yang benar, adalah sebagai berikut :

+ Usahakan posisi badan menyamping ke arah net
+ Kaki kiri berada di depan kaki kanan
+ Posisi badan berada di belakang shuttlecock
+ Bahu kanan sedikit ditarik ke belakang
+ Ketika sedang melakukan beberapa pukulan, maka harus ada pergantian pada posisi bahu kanan dan kaki kanan

Setelah Anda berlatih dan menguasai tekhnik dasar cara bermain bulutangkis, kini Anda juga harus berlatih peraturan dan latihan fisik yang menunjang kualitas permainan badminton Anda.

Contoh program latihan badminton


1. Teknik dasar bulutangkis/badminton
2. Kekuatan otot
3. Daya tahan jantung dan paru-paru serta daya dahan otot
4. Kelincahan
5. Reaksi

Kelima program altihan bulutangkis diatas wajib Anda jalankan. Karena permainan bulu tangkis membutuhkan stamina yang benar-bear prima. Maen bulu tangkis tidak boleh asal-asalan, kecuali ANda hanya sekedar untuk silaturohmi atau hanya sebatas mencari keringat saja.

Artikel program latihan badminton ini akan saya jelaskan lebih lanjut. Jadi selama belum saya lanjut menulis silahkan Anda praktekan dahulu program latihan badminton jangka pendek yang sudah saya tulis ini. Semoga bermanfaat dan jadilah atlet bulutangkis yang handal.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.