Sabtu, 12 Agustus 2017

Tips Menjadi Atlet Lari Maraton

Tips Menjadi Atlet Lari Maraton

Lari marathon merupakan olahraga lari yang yang banyak digemari orang, dengan jarak lari sejauh 3000m keatas, 5000m, dan 10000m. Cabang olahraga lari yang satu ini dapat dilakukan di dalam maupun luar stadion . Karena jarah tempuh lari sangatlah jauh, maka dibutuhkan ketahanan fisik yang sangat kuat dari seorang pelari marathon. 

Marathon merupakan cabang atletik tertua dalam sejarah Olimpiade kuno. Acara marathon dimulai pada tahun 490 SM, ketika seorang prajurit Yunani berlari membawa berita kemenangan dari peperangan marathon ke Athena, yang mana jaraknya sejauh 26mil atau kurang lebih sekitar 41,8Km.

Setiap olahraga pastilah memiliki manfaat bagi para pelakunya, manfaat tersebut dapat berupa fisik dan stamina yang kuat (semakin membaik) dan pikiran yang segar. Begitupun dengan lari marathon serta estafet, keduanya memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Berbagai manfaat dapat diraih dari melakukan lari,seperti mengurangi berat badan, memperbaiki kadar gula darah, membantu memaksimalkan kekuatan otot jantung, menumbuhkan rasa senang bagi para pelaku olahraga ini dan masih banyak lagi. Selain dari segi kesehatan jasmani olahraga lari pun juga menghemat biaya dikarena olahraga ini hemat biaya.

Nah apakah dengan begitu Anda tertartik menjadi atlet lari maraton? Jika iya silahkan lanjut baca tentang tips menjadi atlet lari maraton yang handal.

Tips Menjadi Atlet Lari Maraton


Sebelum melakukan latihan lari sebaiknya Anda melakukan beberahal sebagai  berikut agar latihan Anda lebih maksimal dan tentunya tercapai tujuan latihannya.

1. Lakukan Pemanasan

Setiap latihan pastilah dimulai dengan pemanasan karena dengan melakukan pemanasan tersebut berarti Anda sedang mempersiapkan diri Anda untuk kegiatan latihan inti. Sehingga tubuh tidak akan kaget ketika memeasuki latihan inti.

Cara pemanasan bisa dengan berjalan/jogging selama 5 menit 


2. Latihan Inti

Bagi Anda yang baru/pemula sebaiknya lakukan latihan inti dari porsi yang ringan ke berat. Sehingga dengan begitu Anda akan lebih nyaman (lebih terarah proses latihannya).


Sebagai contoh bila pelari senior ddalam latihan inti melakukan lari selama 1 jam Anda cukup melakukan lari selama 15 menit dahulu, namun jika Anda masih kuat lakukan lari selama 30 menit dahulu.

Baru latihan berikutnya durasi lari Anda tambah sedikit demi sedikit. Seperti itulah proses latihan secara umum

3. Lakukan Pendinginan


Setelah melakukan latihan inti dan selesai jangan langsung bergegas beres-beres dan pulang. Namun lakukan dahulu pendinginan. Dimana pendinginan ini berfungsi untuk membantu menstabilkan otot tubuh Anda. 

Usahan jangan langsung duduk namun tetap melakukan pendingain, bisa dengan berjalan selama 3 menit dan setelah itu lakukan peregangan pada otot-otot Anda agar otot lebih cepat pulih. Serta kenakan jaket/ganti baju agar mencegah masuk angin.



Nah itulah tahapan yang harus dilakukan dalam latihan menjadi atlet lari maraton yang handal secara umum. Selain itu masuk ada hal yang perlu Anda pelajari teknik lari yang baik dan nyaman bagi Anda.

Teknik Lari atau Cara Berlari


Wajib hukumnya bagi atlet lari untuk mempelajari dan menguasi teknik lari yang baik. Dengan menguasi teknik berlari, pelari akan lebih nyaman dalam berlari dan pasti akan sangat mengurangi resiko cidera serta membuat aktivitas lari menjadi menyenangkan.

Tips Menjadi Atlet Lari Maraton

Pola langkah kaki ketika berlari

Bagi pelari pemula usahakan untuk mendarat menggunakan bagian tengah telapak kaki (midfoot strike). Hindari mendarat di bagian tumit (heel strike), Kaki sebaiknya mendarat dengan posisi dibawah pinggulmu, bukan di bagian depan tubuh.

Tips Lomba Lari Maraton


Seorang pelari maraton dalam mengikuti lomba lari maraton pastilah mempunyai tips dan triks nya sendiri untuk bisa memenangi sebuah perlombaan yang ia ikuti. Berikut tips dan trik lari yang bisa Anda coba.

1. Jangan merubah kebiasan

Ketika akan mengikuti lomba lari jangan pernah merubah kebiasan Anda. Sesuai dengan tips dari pelatih Pete Rea yaitu 
Saat memasuki minggu terakhir program maraton, salah satu kebijakan yang paling efektif adalah dengan tetap berpegang pada rutinitas kita. Apakah kita biasanya tidur pukul 22.30? Tetap lakukan itu. Apakah kita biasanya makan pasta dengan ayam di malam hari sebelum kita berlari jauh? Tetap lakukan itu. Apakah kita biasanya jogging santai sehari sebelum lomba? Tetap lakukan itu. Apakah kita biasanya mengenakan sepasang sepatu favorit saat latihan long run dan lomba-lomba sebelumnya? Tetap lakukan itu. Rutinitas ini sangat penting karena berkaitan dengan pola tidur, pencernaan, bioritme dan kinerja kita secara keseluruhan. Ubah sesedikit mungkin apapun dari rutinitas normal kita dan kita akan memaksimalkan kemungkinan mengalami lomba yang sukses.

2. Jogging sehari sebelum perlombaan

Pelatih Pete Rea menyarankan lakukan jogging seahri sebelum perlombaan berlangsung, selama kurang lebih 15 menit.

3. Persiapakan mental Anda

Dengan persiapan mental yang baik tentunay Anda akan lebih merasa tenang ketika perlombaan berlangsung. Anda akan percaya diri dengan kemampuan Anda. Dan Anda akan lebih mudah dalam mengatur tempo kecepatan lari Anda.

Karena terkadang ketika kita lari dan ada yang menyalip (mendahului) kita, maka konsentrasi kita akan buyar. Padahal belum tentu pelari tersebut (yang mendahului Anda) akan lebih cepat measuk finish.

4. Bersama-sama


Nah ini tips untuk pelari yang mempunyai club ya. Jika mengikuti lomba usahakan teman2 club Anda mengikuti perlombaan tersebut. Sehingga ketika lomba di mulai Anda bisa lari secara barengan atau menggerombol. Disitulah kuncinya, karena pastilah satu dengan yang lainnnya akan saling menguatkan sehingga aktivitas lari maraton Anda merasa asik dan menyenangkan. Dengan begitu Anda tidak akan merasa berast.

Nah itulah artikel dari zonapelatih tentang bagimana caranya menajdi atlet lari maraton berserta tips larinya. Semoga dapat membantu bagi atlet dan para pelatih atlet lari.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.