Selasa, 08 Agustus 2017

Program Latihan Bagi Pemain Gelandang Sepakbola

Pemain tengah yang handal adalah mereka yang menguasai teknik dasar dengan baik

Gelandang adalah pemain tengah (Midfielder) dalam pertandingan sepak bola, yang berada di antara pemain penyerang dan bek. Fungsi utama mereka adalah mendapatkan dan menjaga penguasaan bola, serta memberikan bola kepada para penyerang (Wikipedia).

Peran seorang pemain tengah dalam permainan sepakbola sangatlah vital dan penting dalam jalannya pertandingan. Karena pemain tengah selain menjaga penguasann bola, seorang gelandang harus mampu mengontrol jalanya pertandingan, entah itu tempo permainan.

Selainn itu midfielder juga harus mampu membendung serangan dari awal sejak lawan memasuki daerah sendiri. Sehingga dari sini juga dikenal ada pemain tengah bertahan dan pemain tengah serang. Oleh karena hal tersebut pemain tengah perlu mendapatkan lebih banyak perhatian dalam program latihannya. Nah kali ini zonapelatih akan menjelaskan tentang program latihan untuk pemain gelandang sepakbola agar menjadi handal.

Program Latihan Bagi Pemain Gelandang / Midfielder Sepakbola


Untuk menjadi pemain tengah yang baik dan handal serta menjadi pemain utama dalam tim Anda wajib melatih teknik dasar serta skill individu. Antara lai yaitu

1. Latihan Passing
2. Latihan Menendang
3. Latihan Dribel
4. Latihan Shooting

Dimana untuk lebih jelasnya mengenai contoh diatas bisa Anda lbaca pada 8 tips menjadi pemain tengah handal.

Selain diatas masih ada lagi faktor untuk menjadi pemain tengah yang baik dan handal dalam permainan sepakbola. Perlu dipahami dahulu pemain tengahpun kini bisa dikatan menjadi beberapa sebutan karena penemptan posisinya. 

Macam-Macam Pemain Tengah (Gelandang) dalam Sepakbola


1. Pemain Tengan Bertahan
2. Pemain Gelandang Serang atau Playmeker
3. Pemain Gelandang Sayap

Dimana pemain tengah mempunyai peran dan tugas yang berbeda-beda, dikarenakan letak posisi pada strategi yang dipakai oleh seorang pelatih. Oleh karena hal tersebut silahkan simak penjelasan berikut.

Pemain Tengan Bertahan

Gelandang bertahan adalah pemain yang berposisi di depan pemain belakang untuk mendukung lini pertahanan dengan cara menahan laju bola di lapangan tengah maupun menjaga pemain lawan sehingga lawan tidak leluasa menyerang.

Pemain Gelandang Serang atau Playmeker

Gelandang serang adalah pemain yang bertugas membantu penyerangan, tugas utamanya untuk mendukung para penyerang dengan umpan-umpan jitu. Gelandang serang merupakan motor serangan tim dan diharapkan mempunyai teknik tinggi untuk mendukung tugasnya.

Pemain ini merupakan pengatur permainan dalam tim, yang lebih sering mengatur alur serangan. Namun tidak semuanya merupakan gelandang serang, sejak Andrea Pirlo ditempatkan sebagai gelandang bertahan (deep-playmaker), posisi ini menjadi lebih bervariasi.

Pemain Gelandang Sayap

Posisi ini merupakan pemain gelandang yang memainkan peran disisi lapangan. Biasanya menyisiri sisi lapangan dan memberi umpan silang pada penyerang.

Latihan Bagi Pemain Tengah (Gelandang) Sepakbola


Dalam sesi latihan, sudah tentu seorang pelatih lah yang menentukan program latihan bagi pemainnya. Dari program latihan secara umum maupun khusus merupakan tugas seorang pelatih lah yang membuatnya. Sebagai atlet ataupun pemain wajib mengikuti program tersebut.

Nah lalu bagaimana program latihan khusus pemain tengah?


Untuk program latihan maupun pada saaat sesi latihan midfielder harus diperhatikan teknik dasaranya. Teknik dasar sepakbola inilah yang akan menjadi kunci kesuksesan pemain tengah.

Latihan Teknik Dasar Passing, Kontrol, Shooting dan Timing wajib dilakukan dan dikuasai oleh pemain tengah. Selain teknik diatas gelandang juga wajib menguasi teknik bertahan kecerdasan dalam bermain. Bagimana cara bertahan dan merampas maupun menghalau sebuah serangan? Serta bagiaman cara melakukan serangan yang berbuah gold an bagimana caranya memberikan umpang yang matang untuk penyerang.

Untuk itulah mengapa teknik dasar sepakbola wajib dikuasi oleh pemain tengah sepakbola. Karena gelandang merupakan roh/kunci permainan. Dimana harus mampu mengotrol tempo permainan, mengontrol emosi teman agar mampu memenangkan pertandingan yang diikuti.

Nah itulah program latihan pemain tengah sepakbola yang bisa Anda lakukan untuk menjadi pemain gelandang yang hebat dan handal. Untuk mendapatkan artikel tentang program latihan silahkan selalu ikuti situs zonapelatih

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.