Zona Pelatih

follow us

Program Latihan Atlet Sepatu Roda

Program Latihan Atlet Sepatu Roda

Sepatu roda (Roller Skate) adalah sebuah alat yang dipasang di kaki yang memiliki dua hingga empat roda sebagai alas. Pemain roller skate atau sepatu roda biasanya mengayunkan kaki seperti layaknya berjalan untuk menambah kecepatan ketika bergerak. Untuk berhenti bergerak pemain cukup menggunakan rem yaitu aas depan sepatu roda atau menunggu sampai roda berhenti sendiri.

Nah pakah Anda tertarik menggunakan sepatu roda? Dan apakah Anda sudah dapat menggunakan roller skate? Jika belum silahkan simak cara berlatih menggunakan sepatu roda.

Program Latihan Menjadi Atlet Sepatu Roda


Program latihan ini ditujukan untuk pemula atau yang baru belajar menggunakan sepatu roda. Latihan menggunakan roller skate dari dasar hingga meluncur serta cara mengeremnya, akan dibahas disini.

Sebelum menuju ke latihan menggunakan sepatu roda terlebih dahulu kita harus paham dan mempelajari dasar-dasar olahraga sepatu roda, seperti :

1. Menggunakan peralatan sepatu roda

Untuk peralatan wajib yaitu sepatu roda itu sendiri. Nah untuk peralatan tambahan dan untuk keamanan Anda yaitu seperti Helm, bantalan pergelangan tangan dan lutut. Semua itu untuk melindungi serta untuk mengurangi cedera atau lecet ketika terjatuh.

2. Kuasai posisi tubuh Anda.

Untuk menguasai dan isa bermain sepatu roda, Anda perlu berlatih posisi tubuh dahulu. Ini dimaksudkan agar Anda mampu cepat beradaptasi menggunakan sepatu roda. Karena hal yang pokok adalah keseimbangan tubuh. Olahraga sepatu bola membutuhkan keseimbangan badan yang baik.

3. Berjalan

Setelah Anda bisa berdiri dengan baik menggunkan sepatu roda, selannjutnya berlatih berjalan. Berjalanlah seperti biasanya, hanya saja tumit dan jari-jari kaki menekan lantai secara bersamaan. Mulailah berjalan dengan perlahan. Jika perlu mendekatlah dengan dinding agar Anda lebih nyaman dalam berlatih dan tidak mudak terjatuh.

4. Meluncur

Cara meluncur yaitu doronglah dengan satu kaki dan meluncurlah dengan kaki lain, jaga kaki lain di atas lantai agar tidak menghambat Anda meluncur. Setelah mahir selingilah cara berbelok.

4. Berhenti

Pada bagian sepatu roda sudah dilengkapi dengan rem yaitu pada bagian tumit.

Okey setelah Anda menguasi teknik dasar diatas langkah selanjutnya adalah harus paham dahulu macam-macam sepatu roda. Ya seaptu roada ada beberapa jenis sehingga Anda harus paham dahulu agar lebih mudah dalam memilih sepatu roda yang pas untuk Anda.

Perbedaan Sepatu roda (roller skate)

1. Sepatu roda klasik yaitu sepatu roda yang menggunakan 4 buah roda - di kiri kanan
2. Sepatu roda inline yaitu sepatu roda yang menggunakan 3-4 buah roda bersambung dalam satu garis lurus
3. Sepatu ice skating yaitu seaptu yang menggunakan plat baja untuk melunur diatas daratan es

Nah lalu apa kesamaan dari 3 jenis sepatu roda tersebut? Nah kesamaannya yaitu ketiga sepatu tersebut membutuhkan keseimbangan.

Cara Berlatih Bermain Sepatu Roda

1. Siapkan Karpet atau bahan sejenisnya. Ini berguna untuk Anda berlatih menggunakan sepatu roda. Kenapa dikarpet dan tidak dilantai atau tempat berlatih sepatu roda pada umumnya? Menggunakan karpet disini supaya roda pada sepatu tidak selicin bila dilantai karena roda akan terhambat oleh karpet tersebut sehingga, akan lebih memudahkan Anda dalam belajar menggunakan roller skate. Dan Anda tidak akan mudah terjatuh.

2. Gunakan dinding, dinding berfungsi untuk anda merambat untuk pegangan, untuk bersandar ketika Anda mulai berjalan atau meluncur menggunakan sepatu roda. Tujuannya pun supaya Anda tidak mudah terjatuh ketika berlatih.

Nah itulah cara berlajar menggunakan sepatu roda yang bisa ANda lakukan. Dengan menguasai sedikit demi sedikit dan berlatih dengan rutin serta teratur maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menjadi atlet sepatu roda yang handal.

You Might Also Like: