Jumat, 21 Juli 2017

Panduan Melatih Wanita Menjadi Pemain Futsal Yang Handal

Cara melatih futsal sesuai dengan metode kepelatihan

Futsal atau futbolsala adalah permainan bola yang dimaikan oleh kedua tim, dimana masing-masing tim beranggotakan lima pemain. Tujuan permainan futsal ini hampir sama persis seperti permainan sepakbola dimana tujuannya adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan mempertahankan gawang agar tidak kemasukan bola dari lawan.

Oleh karena hal tersebut dalam bermain futsal dibutuhkan taktik , teknik dan strategi bermain. Lalu bagimana cara berlatih agar mempunyai kemampuan yang dibutuhkan untuk bermain futsal? Jawabanya adalah Anda membutuhkan pelatih. Entah Anda bermain futsal untukprestasi ataupun hanya sebagai hobi. Anda wajib berlatih bagimana cara bermain futsal. Untuk berlatih futsal silahkan Anda mencari seorang pelatih, karena tugas dan peran pelatih sangatlah vital dalam permaianan tersebut.

Cara Melatih Wanita Bermain Futsal


Dalam melatih seorang perempuan bermain futsal, pelatih wajib mempunyai goal (tujuan) yang jelas. Tujuan itu bisa persesi latihan, atau bahkan untuk tujuan menjuarai suatu kejuaran/turnamen dan lain-lain. Karena tujuan akan mempengaruhi bagaimana seorang pelatih membuat program latihan. Sebelum lebih jauh sebaiknya Anda memahami beberapa hal seperti di bawah ini. Agar proses latihan yang Anda lakukan berjalan dengan sukses.

Cara Melatih Teknik Dasar Futsal


Seorang pemain akan bermain bagus ketika ia benar-benar menguasi teknik dasar dari permainan itu sendiri. Teknik dasar merupakan salah satu yang wajib dikuasi oleh pemain agar mampu bermain lepas dan allout. Sehingga mampu membantu tim nya ketika bertanding. 

Bayangkan saja bila seorang pemain belum menguasai teknik dasar, yang ada malah mengganggu permainan tim. Contoh kontrol passing saja belum bisa bener, apalagi ketika pertandingan dan pemain lawan pressingnya ketat. Nah yang terjadi bola akan hilang dan strategi tim akan kacau.

Melatih Teknik Dasar Permainan Futbolsala


Teknik dasar permainan futbolsala ini terdiri dari :
a. Teknik dasar mengumpan (Passing)
b. Teknik dasar Chipping (melambung)
c. Teknik dasar kontrol (Control)
d. Teknik dasar menembak (Shooting)
e. Tekni dasar menggiring bola (Dribbling)

Selain itu untuk seorang kiper pun juga wajib menguasai teknik seperti :

1. Penguasaan daerah serta penguasaan bola
2. Penguasaan terhadapat bola crossing
3. Cara menjatuhkan badan serta cara mengamankan gawang
4. Keterampilan kaki/kelincahan kaki
5. Penempatan posisi/pososi berdiri kiper terhadap posisi bola
6. Menguasai bola (menangkap) serta menghalau bola

Dalam teknik dasar ini saya sengaja tidak akan menjelaskan tentang pengertian dan contohnya. Karena terbatasnya waktu saya, namun lain waktu akan saya jelaskan lebih rinci. Karena saat ini saya lebih membahas bagimana cara melatih pemain wanita yang sesuai dengan goal latihan.

Melatih Taktik Pemain Futsal


Taktik adalah suatu siasat atau akal/pemikiran yang dirancang serta dilaksanakan dalam permainan oelh perorangan, kelompok., maupun tim untuk suatu tujuan (kemenangan) pertandingan secara sportif.

Pada hakikatnya, penggunaan taktik dalam permainan 5 vs 5 yaitu suatu usaha mengembangkan kemampuan berpikir, kreativitas, serta improvisasi untuk menentukan altenatif terbaik memecahkan masalah yang dihadapi dalam suatu pertandingan secara efektif, efesien, dan produktif dalam rangka memperoleh hasil yang maksimal yaitu sebuah kemenangan dalam pertandingan.

Macam-macam Taktik Dalam Permainan Futsal


Taktik dalam aplikasinya secara garis besar dapat dikelompokkan sebagai berikut: 

1. Taktik Penyerangan.

Taktik penyerangan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorongan, kelompok,maupun tim terhadap lawan dengan tujuan memimpin dan mematahkan pertahanan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif.

Taktik penyerangan dapat dibedakan menjadi:
a. Taktik mencari tempat kosong di antara pemain lawan. 
b. Taktik melakukan gerakan tersusun, baik yang membawa bola maupun tidak (memanfaatkan lebar lapangan). 
c. Taktik bermain ketat (jeli melihat peluang). 

2. Taktik Pertahanan

Taktik pertahanan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan,kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan menahan serangan lawan agar tidak mengalami kekalahan atau kelelahan dalam pertandingan.

Taktik pertahanan dapat dibedakan menjadi:
a. Man to man defence, setiap pemain membayangi satu lawan (satu lawan satu). 
b. Zone defence, setiap pemain bertanggung jawab atas daerah pertahanannya. 
c. Kombinasi, yaitu taktik man to man defence dan zone defence. 

3. Taktik Perorangan

Taktik perorangan diartikan sebagai siasat yang dilakukan oleh seorang pemain dalam menggunakan kemampuan fisik, teknik, dan mental yang dilakukan dengan proses yang cepat untuk menghadapi masalah yang terjadi dalam suatu pertandingan. 

4. Grup Taktik

Grup taktik diartikan suatu siasat yang dijalankan dua orang pemain atau lebih dalam melakukan pertahanan dan penyerangan untuk mencari kemenangan secara sportif pada suatu pertandingan.

5. Kolektif Taktik

Kolektif taktik diartikan suatu siasat yangdijalankan oleh suatu regu dalam menjalin kerja sama untuk mencari kemenangan dalam suatu pertandingan

Strategi Bermain Futsal


Pengertian Strategi adalah suatu siasat atau akal yang dirancang sebelum pertandingan berlangsung dan digunakan oleh pemain maupun pelatih untuk memenangkan pertandingan yang dilaksanakan secara sportif dan sehat.

Strategi mengacu pada gerakan-gerakan yang dibutuhkan dalam pertandingan. Kedudukan strategi dalam olahraga memiliki makna sebagai pendukung aspek taktik olahraga. Dengan demikian, antara taktik dan strategi memiliki perbedaan, akan tetapi dalam pelaksanaannya keduanya saling berkaitan saling mendukung untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu memenangkan pertandingan.

Setelah Anda paham tentang Taktik dasar bermain futsal, teknik dan strategi maka selanjutnya Anda menentukan tujuan program latihan Anda. Sebagai seoang pelatih wajib hukumnya untuk membuat program latihan dan yang pasti mempunyai goal dari program latihan tersebut.

Tujuan Program Latihan


Goal program latihan saya gambarkan seperti ini. Sebuah tim ingin menjuarai sebuah kompetisi. Maka seorang pelatih harus membuat program latihan yang sesuai untuk tim nya agar pada akhirnya mampu menjuarai kompetisi tersebut. Nah itulah yang saya maksud "Tujuan program latihan".

Tujuan latihan bisa juga dibuat persesi latihan. Semisal latihan hari ini ingin meningkatkan kecepatan pemain. Nah tentu saja menu latihannya lebih banyak mengarah ke sprint begitu juga dengan tujuan lainnya. Dengan gambaran seperti ini pasti Anda sudah mulai paham kan cara melatih gadis utnuk menjadi pemain futsal?

Catatan Penting Cara Melatih Pemain Futsal

Untuk membuat program latihan tentukan dahulu goal/tujuan dari latihan tersebut. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam melatih pemain futsal.

Untuk pertanyaan ataupun masukan dari artikel "Panduan Melatih Wanita Menjadi Pemain Futsal yang handal" silahkan tulis pada kolom komentar ya. Ditunggu komentarnya yang membangun heheh

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.