Cara Melatih Gerakan Jalan Cepat Bagi Siswa

latihan melakukan gerakan jalan cepat bagi pemula seperti anak SD, SMP, SMA

Salah satu cabang olahraga raga Atletik yaitu "Jalan Cepat". Jalan cepat yaitu gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah/lantai. Hubungan yang dimaksud sebenarnya tetap ada perbedaan jalan dengan lari, yaitu bila jalan pasti ada salah satu kaki yang tetap meningjak tanah/lantai, sedangkan dalam lari pasti ada waktu kedua kaki melayang di udara.

Materi pelajaran jalan cepat juga diajarkan di sekolah tingkat SMP, dimana siswa akan belajar tentang sejarah, peraturan serta gerakan jalan cepat itu sendiri. Sehingga siswa lebih paham cara melakukan gerakan jalan cepat yang benar.

Melatih Gerakan Jalan Cepat Untuk Siswa


Sebelum berbicara berlatih gerakan jalan cepat untuk siswa agar cepat bisa terlebih dahulu Anda harus paham teknik serta prinsip dasar jalan cepat itu sendiri. Setelah paham barulah anda belajar dan mencoba gerakan jalan cepat itu sendiri.

Teknik Dasar Gerakan Jalan Cepat


Dalam berlatih utnuk menguasai jalan cepat Anda harus belajar teknik dasar gerakan jalan cepat, dimana ada beberapa tahapan yang bisa Anda pelajari, seperti :

1. Langkah Kaki

Melangkahkan salah satu kaki ke depan. Saat melakukan gerakan jalan cepat, salah satu kaki Anda harus bertumpu pada tanah dan tidak boleh ada fase melayang. Kerena kalau ada saat melayang itu sudah dianggap berlari. Kuncinya kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang diangkat.

Kesalahan yang sering terjadi pada tahap ini adalah sikap badan terlalu kaku, langkah kaki yang kurang pas, tergesa-gesa, lutut ditekuk, masih terlihat lari karena masih ada saat melayang diudara, kurang adanya keseimbangan dan tidak diikuti gerak lanjut.

2. Tahap dua melakukan tarikan kaki belakang ke depan

Pada tahap ini kaki setelah kaki depan menyentuh tanah segera kaki belakang ditarik ke depan untuk melanjutkan langkah-langkah jalan cepat. Bagian tumit menyentuh tanah terlebih dahulu.

Yang harus dihindari dalam fase ini adalah jangan terlalu kaku ketika melakukan tarikan kaki belakang adalah langkah kaki jangan terlalu kecil-kecil dan jangan terlalu lebar. Jangan sampai kehilangan keseimbangan.

3. Tahap Relaksasi

tahap relaksasi adalah tahap antara tahap awal ketika melangkahkan kaki ke depan dan ketika akan melakukan tarikan kaki belakang. Pada tahap ini pinggang berada pada posisi yang sama dengan bahu, sedangkan lengan vertika dan paralel disamping badan.

4. Tahap Dorongan

Pada tahap ini adalah gerakan ketika ketiga tahap diatas selesai dilakukan. Tahap dorongan ini adalah mempercepat laju jalan kaki dengan dorongan tenaga penuh untuk mendapatkan rentang waktu yang sesingkat-singkatnya ketika melakukan langkah-langkah kaki, namun langkah kaki jangan terlalu pendek dan jangan terlalu panjang, jaga keseimbangan tubuh.

Penekanan Pada latihan Gerakan Jalan Cepat


1. Pada saat berjalan usahakan badan tetap tegak, jangan condong ke depan atau ke belakang. Pundak jangan terangkat, agar ketika melakukan ayunan tangan tidak cepat lelah.

2. Pada saat gerak maju kebanyakan atlet olah raga jalan kaki menggelengkan kepalanya ke kanan dan ke kiri. Jangan sampai gerakan tersebut mengganggu kecepatan jalan kaki.

3. Saat melangkah ke depan pandangan lurus ke depan dan melangkah lurus satu garis antara kaki kanan dan kiri. pada saat menumpu, tumit harus mendarat terlebih dahulu terus bergerak ke arah depan secara teratur

4. Posisi lengan dan bahu, Gerakan lengan dan bahu ke depan dan kebelakang secara bergantian kanan dan kiri. Siku ditekuk tidak kurang dari 90 derajat. Kondisi ini dipertahankan hingga akhir perlombaan, jaga keseimbangan dan gerakan tetap rileks

Setelah Anda memahami Teknik Dasar Melakukan Jalan Cepat, Selanjutnya silahkan Anda mencoba sesuai dengan pemahaman Anda. Bila dirasa masih bingung silahkna Anda melihat atau mencari video tutorial di youtube yang berkenaan dengan Jalan Cepat. 

Baca juga tentang makalah atletik

Sehingga Anda akan lebih memahami bagimana cara melakukan gerakan langkah kaki pada Jalan Cepat. Selain itu silahkan Anda mencari seorang pelatih jalan cepat. Dengan begitu Anda akan dilatih dan dibimbing dengan benar. Sehingga latihan Anda akan cepat membuahkan hasil.
Cara Melatih Gerakan Jalan Cepat Bagi Siswa

You Might Also Like: