Selasa, 27 Juni 2017

Program Latihan Lempar Lembing Hop Step dan Cross Step

Program Latihan Lempar Lembing Hop Step dan Cross Step

LEMPAR LEMBING merupakan salah satu nomor lempar dalam olahraga atletik. Adapun tujuan dari olahraga lempar lembing adalah untuk melempar lembing sejau-jauhnya dengan menggunakan teknik dan tatacara tertentu. Untuk mengetahui lemparan lembing siapa yang terjauh maka dilakukan pengukuran. Dalam olahraga satu ini terdapat dua macam gaya yang digunakan yaitu Gaya Jingkat/Hop Step dan Gaya Silang/Cross Step. Meski sebenarnya secara umum cara melemparnya hampir sama.

Program Latihan Lempar Lembing Gaya Jingkat dan Gaya Silang Bersama Zonapelatih


Cara Melempar Lembing Secara Umum Untuk Anak Sekolah

1. Tangan yang digunakan untuk memegang lembing berada lurus ke belakang. Pada saat lembing akan dilemparkan, pergelangan tangan diputar ke dalam, sikut (siku) ditekuk dan lembing dibawa ke atas kepala, bersamaan dengan itu pinggul didorong ke depan dan dada dibuka menghapad ke arah lemparan.

2. Saat lembing berada di atas kepala, tangan bergerak lebih cepat dan lebih kuat untuk melepaskan dan melemparkan lembing pada posisi lengan lurus dan jari-jari tangan mendorong ujung pangkal lilitan tali lembing.

3. Gerakan tangan pada waktu lemepaskan lembing ke atas (sudut 45 drajat) harus kuat dan benar dengan dukungan tolakan kaki serta lentingan badan, pandangan mengikuti jalannya lembing melayang di udara sambil menancap di lapangan.

Namun dalam olahraga lempar lembing ada dua gaya yang sudah disinggung di atas tadi. yaitu gaya Hop Step dan gaya Cross Step. Dimana kedua gaya tersebutlah yang sering digunakan oleh para atlet lempar lembing dalam latihan maupun pertandingan. Pemilihan kedua gaya ini dilatarbelakangi oleh kesesuai kemampuan serta keefektifan untuk membuat jarak lemparan lembing jauh (maksimal). Nah berikut penjelasan serta tatacara melempar lembing menggunakan gaya jingkat / hop step dan gaya silang / cross step.

Tatacara Melakukan Kedua Gaya Pada Lempar Lembing

1. Gaya Jingkat (Hop Step)
Maksud dari gaya langkah jingkat yaitu ketika akan mengambil posisi/sikap lempar didahului gerakkan berjingkat (hop). Adapun cara melakukan jingkat yang dimaksud sebagai berikut:

a. Pada saat kecepatan awalan telah dicapai (dalam hal ini pihak pelempar telah menempatkan tanda-tanda/check mark sebelumnya), maka lengan kanan secara pelan/rileks mulai diurai untuk diluruskan kebelakang/samping kanan, sikap badan sedikit berputar ke kanan, pandangan kedepan. Sebelum lengan kanan benar-benar lurus dan saat kaki kanan mendarat/berinjak ditanah, maka dengan kaki kanan itu pula gerakkan berjingkat dilakukan sedang kaki kiri diayun rendah cukup jauh kesamping.

b. Gerakkan berjingkat berakhir dengan kaki kanan mendarat terlebih dahulu, disusul kaki kiri mendarat cukup jauh kesamping kiri. Bahu kiri diputar ke kanan, lengan kiri juga diayun rileks kekanan setinggi bahu, pandangan kearah sasaran. 

c. Sikap lemparan ini pada pelaksanaannya hanya terkjadi sangat singkat/sekejap saja, karean saat itu pula gerakkan melempar lembing harus segera dilakukan. Jadi saat melakukan lari awalan, berjingkat dan sampai terjadi sikap lempar serta gerakkan melempar harus berlangsung secara cepat, countinue (bersambung), lancar dan mulus. 

2. Gaya Silang (Cross Step)
Perbedaan gaya silang dengan gaya jingkat yaitu bila gaya jingkat sebelum melempar ada gerakan berjingkat sedangkn gaya silang saat akan emngamnnil posisi lempar diawalai dengan gerakan kaki menyilag (silang depan). Adapun gerakan sebagai berikut :

a. Pada saat kecepatan awalan telah tercapai dan sampai pada tanda yang telah ditentuka, maka lengan kanan mulai diluruskan kesamping kanan, badan diputar kedepan, lengan kiri diayun kekanan rileks setinggi bahu. Saat itu kaki kiri melangkah kedepan, dan saat itu pula kaki kanan diayunkan/dilangkahkan menyilang kekiri lewat depan kaki kiri.

b. Setelah kaki kanan menyilang dan sebelum mendarat ditanah, maka kaki kiri secepatnya diatun jauh dan rendah kesamping kiri. Saat kaki kiri berpijak ditanah, saat itu pula terjadi sikap lempar.

c. Setelah terjadi sikap lempar, lembing segera dilemparkan dan lakukan gerakan ikutan.

Catatan Yang Perlu Diingat Dalam Melakukan Gaya:

1. Ketika berjingkat (hop step) maupun menyilangkan kaki (cross step) tidak perlu dilakukan terlampau tinggi.
2. Selama berlari mengambil awala, lengan kanan (atau elngan yang memegang lembing) tidak perlu diayun-ayunkan agar posisi tetap stabil.
3. Sebelum berjingkat maupun menyilang kaki, hendaknya posisi badan sudah sedikit miriing serta lengan kanan mulai diuraikan untuk diluruskan kesamping kanan.
4. Posisi lempr usahakan lembing dibawa sejauh-jauhnya kebelakang agar meningkatkan awalan lemparan (lengan).
5. Saat melepas lembing kedua kaki jangan dalam keadaan melayang alias kedua kaki berada di tanah.
6. Jangan pernah menahan lemapran lembing (loske wae) serta jangan lupa gerakan ikutannya.


Penjelasan Rangkai Gerak Gaya Lempar Lembing :

Program Latihan Lempar Lembing Hop Step dan Cross Step
Keterangan :
Gambar 1 - 5 = Lembing dibawa kebelakang, sampai lengan kanan lurus, badan sedikit di putar/miring kenan (disini belum melakukan hop)
Gambar 6   = Saat akan melakukan Hop/jingkat dengan tumpuan dengan kaki kanan, kaki kiri diayunkan rendah kesamping kiri (kearah lemparan)
Gamabr 7        = Posisi/sikap lempar
Gambar 7-11   = Gerakkan melemparkan lembing
Gambar 12-13  = Sikap akhiran/gerakkan ikutan


Program Latihan Lempar Lembing Hop Step dan Cross Step
Keterangan :
Gambar 1-5     = Membawa lembing kebelakang, badan miring (belum menyilang kaki kanan)
Gamabr 6-9     = Kaki kanan silang
Gambar 10      = Sikap lempar
Gambar 11-14 = Gerakkan melempar
Gambar 15-16 = Gerakkan ikuta/akhir.

Teknik Pegangan Lembing


Cara memegang lembing dibagi menjadi tiga cara. Sehingga Anda bisa menggunakan salah satu cara dibawah ini yang sesuai dengan Anda. Saya sarankan pilihlah yang paling nyaman dan pas menurut Anda. Untuk ketiga cara memegang lembing tersebut saya jelaskan secara detainya dibawah ini.


Program Latihan Lempar Lembing Hop Step dan Cross Step1. Cara Finlandia
2. Cara Amerika
3. Cara Menjepit

Untuk penjelasannya yaitu >>> teknik melempar lembing

Nah setelah Anda membaca program latihan lempar lembing gaya hop step dan cross step maka diharapkan para pelatih maupun atlet akan lebih paham latihan seperti apa yang akan digunakan untuk terus mengingkatkan ketrampilan dan hasil jarak lempar lembinnya. Selain itupun bagi guru juga dapat memberikan Program Latihan Lempar Lembing Untuk Anak Sekolah dengan cara yang menyenangkan dan efisien. Semoga sukses.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.