Program Latihan Futsal Wanita

Program Latihan Futsal Wanita
Pemain futsal wanita kita semakin banyak, tidak bisa dipungkiri olahraga futsal ini semakin banyak diminati oleh kalangan kaum hawa. Lihat saja tiap-tiap kota sekarang sudah ada turnamen atau kompetisi khusus futsal wanita. Liga antar mahasiswa juga sudah ada bahkan liga pro untuk futsal kaum hawa juga sudah berjalan beberapa tahun ini.

Sekarang banyak sekali club-club permainan futsal ini berdiri. Dari kalangan mahasisw, siswa sma sudah banyak memainkan permainan ini.

Nah khusus untuk club futsal cewek pun tidak mau kalah, mereka merekrut pemain-pemain cantik ini untuk bermain diclub futsal. Kini lapangan futsal semakin ramai dan menarik dengan hadir para bidadari tersebut.

Bagi pelatih yang ingin menambah skill pemain putri bisa lanjut simak bahasan di bawah ini. Kali ini zona pelatih akan memberikan sedikit rambu-rambu dalam program latihan futsal wanita.

Dalam melatih pemain canttik seorang pelatih harus menfokuskan terlebih dahulu tentang apa yang ingin dicapai ada sesi latihan saat itu. Bila pelatih belum dapat menentukan titik fokus latihan futsal tersebut, sudah jelas program latihan akan kacau alias tidak terarah.

Susunan Latihan Futsal Khusus Wanita

1. Teknik Individu Pemain

Dalam olahraga apapun pastilah mempunyai diawali dengan latihan dasar yaitu teknik dasar permainan itu sendiri. Dalam permainan futsal pemain harus paham dan mampu menguasai teknik dasar futsal itu sendiri. Karena dengan menguasai teknik dasar dengan baik makan akan menunjang lebih cepat atlet tersebut berkembang.

Macam-macam Teknik Dasar Futsal

- Passing dan Kontrol
- Dribling atau menggiring
- Shooting
- Menangkap, menghalau (buat kiper)

2. Kondisi Fisik Pemain

a) latihan Daya Tahan
b) Latihan Kekuatan
c) Latihan Kecepatan
d) Latihan Kelenturan

3. Latihan Pola

a) 1-2-1
b) 2-2
c) 3-1

Selain latihan di atas tentunya seorang atlet juga wajib menjaga asupan gizinya. Tidak afdol kan bila latihannya berat namun makananya asal-asalan? Yang ada nanti malah sakit kuning baru tau rasa lho. Oleh karena itu asupan gizi pemain juga hahhrus diperhatikan, plaing tidak berilah pemahaman tentang manfaat gizi bagi atlet.

Jangan lupa istirahat yang cukup. Tidak dibenaarkan seorang atlet latihan sampai terfosir alias over dosis. Ini jelas tidak baik bagi kesehatan atlet sendiri. Oleh karenanya perlu diingat !
Istirahat juga termasuk dalam program latihan

Nah sampai disini apakah masih ada yang belum jelas? Bila masih ada yang kurang paham bisa tanyakan pada kolom komentar yach. Smeoga saja artikel Program Latihan Futsal Wanita yang baik ini bermanfaat buat kita semua khususnya para pemain futsal putri hehehe
Program Latihan Futsal Wanita

You Might Also Like: