Miningkatkan Kebugaran Melalui Woodball

Maningkatkan kebugaran denan beramin woodball. Penilitian pengaruh kebugaran jasmani terhadap prestasi woodball

Hayoo siapa yang merasa kebugaran tubuh akhir-akhir ini menurun? Bila Anda menjawab iya, berarti Anda kurang berolahraga. Atau malah Anda jarang dan tidak suka berolahraga yach. Nah kini ada loh permainan rekreasi yang bisa meningkatkan kebugaran tubuh Anda. Sebut saja permainan keren nan asik ini adalah woodball. Pasti masih asing yach dengan kata "woodball", bila iya tak mengapa toh emang permainan ini masih tergolong baru kok heheh. Okey sebelum bicara panjang lebar tentang woodball akan saya jelaskan apa itu kebugaran jasmani terlebih dahulu.

Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani merupakan kemampuan tubuh manusia untuk melakukan suatu aktivitas tanpa merasa kelelahan yang berarti. Nah dengan definisi seperti itu pastilah Anda akan lebih paham tentang apa itu kebugaran jasmani. Dan yang jelas untuk ukuran bugar seseorang dengan orang lain berbeda. 

Sebagai contoh kebugaran seorang atlet dengan orang yang bekerja di kantoran sudah  tentu beda. Sehingga bisa dikatakan kebugaran seseorang bisa ditinjau dari apa yang ia kerjakan. jadi ada yang bilang achh sudah seperti ini saja saya sudah cukup kok. yach itu karna ditinjau dari aktivitas hariannya. Okey lanjut ya..

Komponen Kebugaran Jasmani

Secara garis besar komponen kebugaran jasmani ada 10 yaitu:

1. Strenght = Kekuatan

Merupakan komponene kondisi fisik seseorang berkenaan dengan kemampuan otot dalam menerima beban sewaktu bekerja (digunakan)

2. Endurance = Daya tahan

a) Daya tahan secara umum, yaitu kemampuan seseorang untuk menggunakan sistem organ paru-paru, jantung serta peredaran untuk menjalanak aktivitas secara terus menerus dalam waktu yang lama

b) Daya tahan otot, merupakan komponen otot seorang dalam menggunakan otot untuk berkontraksi terus menerus dalam waktu yang relatif lama dengan beban tertentu.

3. Daya Otot/daya ledak = Muscullar power

Yaitu kemampuan seseorang dalam menggunakan ototnya secara maksimal yang dikerahkan dalam waktu sesingkat-singkatnya

4. Speed = Kecepatan

Kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan yang sama dan berkesinambungan serta dalam waktu yang yang sesingkat-singkatnya menggunakan tenaga maksimal. Contohnya lari sprint

5. Daya lentur = Fleksibilitas

Efektifitas seseoramg dalam menyesuaikan diri untuk suatu aktivitas penguluran tubuh yang luas

6. Agility = Kelincahan

Kemampuan seseorang dalam mengubah arah geraknya dengan cepat dan waktu yang singkat

7. Coordination = Koordinasi

Ketangguhan seseorang dalam menyelaraskan atau mengintegrassikan berbagai gerakan yang berbeda kedalam satuan gerakan tunggal secara efektif

8. Balance = Keseimbangan

Kemampuan seseorang dalam mengendalikan kemampuan syaraf otot-ototnya

9. Ketepatan = Acuracy

Kemampuan seseorang dalam mengendalikan gerakan-gerakan bebas terhadap suatu sasaran

10. Reaction = Reaksi

Kemampuan seseorang dalam menanggapi suatu rangsang secara cepat

Nah setelah Anda paham akan komponen-komponen kebugaran jasmani di atas, Anda pasti akan lebih paham apa ayng harus Anda lakukan untuk menigkatkan kebugaran diri Anda sendiri.

Maningkatkan kebugaran denan beramin woodball. Penilitian pengaruh kebugaran jasmani terhadap prestasi woodball

Nah lalu bagaimana bisa permainan woodbal dapat meningkatkan kebbugaran seseorang?


Jadi seperti ini, permainan woodball meruapak permainan baru seperti olahraga golf. Tentu Anda paham kan bagiman permainan golf tersebut? Permainan golf membutuhkan lahan yang lebar dan luas, begitu juga dengan permainan woodball.

Woodball dimainkan ditanah atau lapangan. Dimana setiap fairway panjangnya bisa mencapai 100an meter meski ada yang kurang dari panjang tersebut. Dan dengan dimainkan sebanyak 24 fairway berbarti Anda akan berjalan kurang lebih sejauh 2 KM. Selain itu juga dibutuhkan kurang lebih 3 jam untuk menyelasikan permain woodball dengan jumlah 24 fairway tersebut.

Kesimpulan

Sehingga dengan hal itu sudah pasti kebugaran seseorang akan semakin meningkat. Seperti itulah analisis saya. Selain hal tersebut diatas permainan woodball juga membutuhkan konsentrasi yang baik pula. Untuk lebih jelasnya mungkin Anda bisa melakukan penelitian tentang pengaruh kebugaran jasmani terhadap permainan woodball.
Miningkatkan Kebugaran Melalui Woodball

You Might Also Like: