MANFAAT SKIPPING BAGI KESEHATAN BADAN

MANFAAT SKIPPING BAGI KESEHATAN BADAN

Skipping merupakan salah satu dari sekian olahraga yang paling digemari oleh para pemain bola, serta masyarakat luas dari kalangan atas hingga bawah. Olahraga skipping sendiri selain mudah digunakan juga biayanya sangat terjangkau serta alatnya mudah didapatkan dimana saja. Kenapa olahraga skipping ini banyak digemari orang karena cara melakukannya sangat sederhana yaitu hanya dengan lompat tali. Cara melakukannya menggunakan tali yang diputar (diayunkan) atau digerakan sebagai rintangan dari lompatan yang kita lakukan dengan menggunakan kedua tangan kita sendiri hehehe. Sehingga untuk kecepatan lompatan (putaran tali) kita bisa mudah menyesuaikannya, mau cepat ato lambat toh kita sendiri yang memegang kendali.

Tatacara Melakukan Olahraga Skipping


Cara melakukan skipping ini pastilah banyak orang yang tahu dan bahkan sudah paham bagimana cara melakukan skipping tersebut. Namun zonapelatih akan tetap menjelaskan secara singkat bagaimana cara melakukannya aktivitas lompat tali/skipping dibawah ini.

MANFAAT SKIPPING BAGI KESEHATAN BADAN

Tahap pertama, Ambil posisi berdiri tegak serta kedua tangan memegang tali (ujung tali)

Sebagai awalan untuk mengayunkan tali, maka tempatkan tali di belakang badan.

Kemudian ayunkalah tali ke depan serta lompatilah tali ketika tali sudah berada di depan bawah Anda. Lakukan seperti itu (berulang kali) tanpa menginjak/menyentuh tali. Lakukann selama yang Anda mau ataupun sesuai dengan program latihan yang Anda jalani.

Jika dirasa sudah cukup maka hentikan ayunan tali tersebut.

Selain hal diatas lompat tali/skipping tersebut bisa Anda variasikan gerakannya, seperti menggunakan kedua kaki secara bersamaan maupun bergantian satu-satu(seperti engklek)

Tips Melakukan Olahraga Skipping Untuk Pemain

Dalam melakukan skipping tidak serta merta ambil tali (alat skipping) lalu melakukan gerakan lompat tali! Itu tidak dibenarkan. Agar manfaat dari skipping terasa buat badan kita maka:

1. Lakukan pemanasan (warming up)
Namanya juga olaharaga/beraktivitas maka harus dimulai dengan pemanasan yang cukup. Baca manfaat warming up dan colling down

2. Mulailah dengan intensitas yang rendah/lambat dan gerakan yang mudah terlebih dahulu, baru ke intensitas lebih tinggi/cepat.

3. Lakukan pendinginan (colling down)
Lakukan pendingin setiap selesai melakukan olahraga ataupun aktivitas yang berat. Karena manfaat dari coloing down juga bagus buat kesehatan tubuh.

4. Lakukan olahraga skipping usahakan di tempat yang nyaman seperti tempatnya sejuk, lantai lunak (bisa menggunakan matras) atau kalau tidak Anda bisa menggunakan sepatu olahraga. Ini berfungsi untuk mengurangi tekanan pada tungkai kaki Anda.

5. Gunakan tali yang sesuai dengan kenyaman Anda. Saya sarankan usahakan jangan yang terlalu panjang ataupun pendek) ini supaya Anda bisa melakuakn skipping dengan aman dan nyaman.

6. Pilihlah pegangan tali. Bisa yang berat atau ringan. Ini bisa berfungsi untuk melatih kekuatan otot tangan Anda. Namun bagi pemula usahakan cari yang ringan saja.

7. Usahakan pandangan lurus kedepan ketika melaksanakan lompat tali/skipping

8. Ketika lompat tidak usah terlalu tinggi, dan jangan sekali kali mendarat menggunakan tumit namun menggunakan ujung kaki (jinjit).

Jika Anda melakukan gerakan skipping dengan benar dan rutin maka dipastikan manfaat dari aktivitas skipping Anda akan segera terasa. Nah di bawah ini merupakan manfaat dari lompat tali/skiping.

Manfaat Melakukan Akivitas Skipping


1. Mengencangkan otot
Bilamana olahraga skipping dilakukan secara rutin (tidak mesti setiap hari) akan memberikan efek pada otot-otot tubuh Anda karena gerakan lompatan yang dilakukan. Otot akan semakin kencang dan kuat, terutama pada otot kaki dan otot bagian bawah badan. Selain itu otot bagian atas pun jug smeakin kencang dan kuat seperti pada otot lengan dan bahu karena tangan bekerja sebagai poroso putaran tali.

2. Membakar kalori
Jika Anda melakukan lompat tali selama satu jam maka mampu membakar kalori dalam tubuh kurang lebih 1000 kalori. Selain itu juga dapat membakar lemak dalam tubuh yang dikeluarkan bersama keringat. Sehingga skipping juga bisa menurunkan berat badan. Maka saya sarankan bagi yang diet sebagiknya juga lakukan skipping.

3. Menambah Kapabilitas
Dengan rutin melakukan olahraga skipping ini maka mampu meningkatkan kepadatan tulang serta kapabilitas tubuh secara menyeluruh

4. Membentuk tubuh
Kenapa bisa membentuk tubuh? karean dengan skipping maka bagian otot tertentu akan terbentuk dan kelihatan semakin berotot. Contohnya kaki semakin kencang karena ramping (tidak berlemak, lembek) otot bagian kaki sering dipakai latihan

5. Meningkatkan Fertilitas
Skipping juga dapat membantu memperbaiki fungsi reproduksi, yang termasuk dalam meningkatkan fertilitas. Kita tahu kondisi pola menstruasi wanita yang tidak teratur akan menjadi masalah yang berdampak pada organ reproduksi. Masalah tersebut dikhawatirkan adanya kesulitan dalam mendaptkan keturunan.

6. Mencegah osteoporosis
Diatas sudah dijelaskan manfaat dari skipping antara lain yaitu meningkatkan kapabilitas, ini berarti olahraga skipping mampu mencegah  terjadinya penyakit osteoporosis. Dimana osteoporosis ini terjadi karena kerapuhan/pengeroposan organ tulang.

7. Mengoptimalkan energi
Aktivitas skipping yang dilakukan secara teratur dan benar mampu mengoptimalkan energi dalam tubuh. Karena dengan melakukan skipping ototmmatis tubuh terbiasa untuk memanfaatkan enegri yang tersimpan. Sehingga ketika tua kita akan asih dalam kondisi tubuh yang baik dan mampu melakukan aktivitas yang lebih banyak.

8. Menjaga kesehatan jantung
Untuk melatih jantung Anda pasti masih ingat bentuk latihannya kan? Nah latihan kardiovaskular. Skipping ini juga termasuk jenis latihan cardio lho sehingga sudah jelas membantu menjaga kesehatan jantung. Dimana orgn kardiovaskular termasuk jantung dengan arteri dan vena yang membantu darah seta beredarkan orsigen diantara jantung dan organ-organ laiinya. Sehingga skipping sangat baik dilakukan untuk kesehatan organ tubuh terutama organ vitas jantung.

9. Lebih cepat membuang toksin
Dengan melakukan aktivitas skipping membuat pori-pori kulit Anda membuka dan ototmatis Anda akan lebih banyak berkeringat, yang secara bersamaan membawa racun keluar dari tubuh Anda. Namanya proses detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh) sangatlah penting untuk membuang racun yang masuk kareana polutan maupun zat berbahaya ayng berasal dari makanan yang kita makan.

10. Meningkatkan endurance
Dengan melakukan skiping dalam waktu yang lama makan daya tahan (endurance) tubuh kita juga akan meningkat.

11. Meningkatkan keseimbangan
Dalam proses melompat ketika skipping maka meningkatkan kemampuan keseimbangan tubuh.

12. Menaikkan tinggi badan
Kita ketahui bersama bahwa usia remajja merupakan masa pertumbuhan dimana anak mampu tubuh secara maksimal dan ideal. Nah manfaat dari skpping salah satunnya adalah mampu meningktkan tinggi badan, sehingga olahaga skipping menjadi salah satu program bagi remaja untuk meninggikan badan.

13. Mampu meningkatkann kinerja otak
Dalam melakukan olarhaga skipping tidak hanya melakukan gerakan itu-itu saja (monoton). Karena gerakan skipping bisa divariasikan dalam bentuk lompat kaki yang berbeda. Dimana pada dasarnya gerakan skipping harus mengkombinasikan antara irama gerakan kaki (lompatan) dengan ketepatan waktu dlam melewati ringtangan berupa putaran tali. Hal ini berarti membuat otak bekerja lebih cepat dan tepat dalam hal mengkalkulasikan gerakan melompat yang dilakukan dan waktu yang tepat untuk melompat melewati tali yang berputar.

Akibatnya kita melatih otak kita agar terbiasa untuk bekerja dengan cepat dan tepat. Koordinasi tubuh yang baik, kemampuan gerak reflex, keseimbangan tubuh, serta meningkatkan kinerja otak pun akhirnya dapat kita peroleh sebagai manfaat dari olahraga skipping.

14. Meningkatkan standar kebugaran
Dengan melakukan skipping setiap ahri tentunya juga akan meningkatkan kebugran tubuh Anda. Selain skipping Anda juga bisa melakukan latihan kebugran jasmanis dengan cara yang menyenangkan di " program latihan kebugaran jasmani "

15. Membentuk otot perut
Untuk melakukan lompatan kita tahu selain kaki juga perut mempunyai peranan penting juga. Otot-otot perut juga ikut berkontraksi ketika kita melakukan olahraga skipping tersebut. Maka secara tidak langsung kita juga berlatih membentuk otot perut kita menjadi lebih kencang.

Mitos Dari Ketidaktahuan Skipping

Selain bermanfaat banyak juga orang yang berpendapat bahwa skiping mampu menurunkan rahim. Padahal olahraga skipping tidak ada dampat seperti itu. 

Pada dasarnya penurunan rahim tidak disebabkan oleh lompatan dari olahraga skipping, tapi penurunan rahim pada perempuan yang utama disebabkan karena kelainan pada jaringan penyokong kandungan sebagai akibat dari tumor atau juga dapat akibat virus.

Kesimpulan

Olahraga skipping bagus dilakukan secara teratur. Dengan melakukan secara teratur maka Anda kan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Namun bagi Anda yang sedang hamil saya sarankan jangan melakukan olahraga ini. karena tidak baik untuk janin Anda. Bagi BUMIL yang ingin berolahraga saya sarannya cukup dengan jalann santai pagi hari.
MANFAAT SKIPPING BAGI KESEHATAN BADAN

You Might Also Like: