Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Yang Baik | Gym

Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Yang Baik | Gym

Sudah seharusnya bagi Anda yang suka berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya. Anda usahakan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Apalagi bagi Anda yang suka fitnes atau nge-gym harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Dimana dengan melakukan gerakan pemanasan diharapkan Anda tidak akan mengalami cedera, semisal terjadi cedera, maka cedera tidak akan separah apabila tidak melakukan aktivitas warm up. Oleh karena hal tersebut diatas warming up sangatlah penting begitu juga dengan colling down.

A. Apa Itu Pemanasan dan Pendinginan?

a). Pengertian pemanasan (warming up)
Pemanasan yaitu suatu kegiatan atau gerakan-gerakan yang dilakukan untuk mempersiapkan anggota tubuh untuk memasuki latihan inti.

b). Pengertian pendinginan (cooling down)
Pendinginan yaitu geraakan-gerakan yang diperlukan untuk mengembalikan kondisi fisik dan psikis seperti keadaan awal (semula) sebelum melakukan aktivitas olahraga. Gerakannya berupa gerakan-gerakan relaksasi.

B. Tujuan Pemanasan dan Pendinginan bagi Tubuh

1. Memberikan efek rileks terhadap tubuh dan pikiran.
2. Mempersiapkan tubuh untuk melakukan olahraga.
3. Melancarkan peredaran darah, syaraf, dan memperluas ruang gerak sendi.
4. Menghasilkan tenaga tanpa rasa lelah yang premature (kelelahan yang belum saatnya)
5. Mengurangi kemungkinan terjadinya cedra

C. Manfaat melakukan pemanasan dan pendinginan

1. Mencegah Resiko Cidera
Sebelum memulai olahraga atau melakukan fitnes, tentu saja membutuhkan pemanasan terlebih dahulu karena manfaat dari pemanasan yang paling pokok yaitu untuk mempersiapkan tubuh dalam emmeasuki ke altihan inti, agar nantinya tidak terjadi resiko cidera yang parah. Kemudian pendinginan dilakukan setelah olahraga, untuk mengistirahatkan tubuh setelah olah raga dengan kata lain agar membuat otot-otot yang kaku menjadi rilex kembali.

2. Mencegah Resiko Jantung Koroner
Manfaat pemanasan dan pendinginan pada olahraga fitnes/gym yaitu untuk membantu mencegah terjadinya jantung koroner. Karena pada dasarnya ketika kita melakukan olahraga tentu saja nantinya akan terjadi aliran darah ke jantung semakin cepat, yang membuat jantung menjadi bekerja lebih berat. Dengan pemanasan terlebih dahulu maka jantung akan siap sehingga jantung tidak kaget.

3. Meningkatkan Performa
Manfaat pemanasan dan pendinginan pada olahraga fitnes/gym yang selanjutnya adalah dapat membantu untuk meningkatkan performa. Dalam artian di dalam melakukan olahraga tentu saja membutuhkan tenaga (performa) yang cukup besar, sehingga dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, yang nantinya akan membuat performa lebih terpacu. Hal ini tentu saja akan membuat kegiatan olahraga, yang memberikan hasil yang lebih maksimal. Karena otot-otot akan lebih siap dalam melakukan tugas-tugas yang lebiih berat lagi.

4. Tubuh Lebih Fleksibel Dan Elastis
Kegiatan olahraga yang dilakukan dengan warm up dan cool down, dapat membantu tubuh dan otot agar menjadi lebih fleksibel serta elastis. Hal ini akan menghindari kram otot atau masalah lain yang akan mengganggu kegiatan olahraga. Pemanasan sendiri membantu untuk meningkatkan 13% metabolisme di dalam tubuh.

5. Menormalkan Kinerja Jantung
Pada saat melakukan olahraga tentu saja kinerja jantung akan bertambah sehingga proses pendinginan ini nantinya akan membantu tubuh untuk menormalkan kembali kinerja dari jantung. Hal ini tentu saja akan mengembalikan kerja jantung menjadi normal kembali dan juga tidak terlalu berat, sehingga jantung koroner juga dapat dicegah dan tidak akan mengganggu kesehatan dari tubuh.

6. Mengurangi Asam Laktat
Kegiatan pemanasan dan pendinginan dapat membantu untuk mengurangi asam laktat di dalam darah. Pada saat melakukan olahraga, tenaga, kinerja jantung serta asam laktat akan meningkat. Dengan demikian setelah berolahraga, lakukan pendinginan tubuh yang akan menormalkan tubuh kembali.

7. Membantu Tubuh Lebih Rileks
Terakhir adalah manfaat pendinginan setelah aktivitas olahraga ini nantinya akan membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan juga tenang. Mengapa bisa demikian? Hal tersebut karena saat melakukan olahraga mengeluarkan keringat dan tenaga yang cukup banyak sehingga tubuh sendiri juga sangat perlu untuk beristirahat.

8. Manfaat Psikologis
Tidak hanya bermanfaat untuk fisik saja, pemanasan sebelum latihan ternyata berdampak positif secara psikologis. Melakukan pemanasan bisa membuat mental dan fokus seorang atlet meningkat sebelum mengikuti suatu kompetisi. Pemanasan juga berguna mengendalikan rasa cemas dan gugup saat berkompetisi.

9. Meningkatkan Aliran Darah pada Otot
Manfaat pemanasan sebelum latihan adalah mempersiapkan tubuh untuk menghadapi aktivitas yang lebih intens dan juga menyalakan sistem kardiovaskular. Sebelum Anda memulai aktivitas olahraga berat, penting bagi tubuh Anda untuk melakukan penyesuaian, seperti meningkatkan pernapasan, menaikkan reaksi pelepasan energi pada otot serta meningkatkan aliran darah ke otot. 

D. Dampak tidak melakukan pemanasan dan pendinginan

1. Dapat meningkatkan keram otot. Baca juga cara menangani kram otot dengan baik dan cepat
2. Mudah cepat lelah
3. Dapat menimbulkan rasa pusing serta sakit kepala
4. Tendesis

E. Cara melakukan pemanasan dan pendinginan yang benar

Agar mendapatkan manfaat pemanasan dan pendinginan setelah melakukan aktivitas, maka lakukakanlah gerakan-gerakan warming up maupun colling down dengan benar. Lalu bagaimanakah cara melakukannya? Dalam melakukan gerakan pemanasan bisa dibagi menjadi 3 gerakan yaitu :

1. Gerakan pemanasan statis

Manfaat pemanasan dan pendinginan setelah melakukan aktivitas
Gerakan pemanasan statis secara umum dilakukan guna untuk meregangkan persedian serta ligamen. Gerakan pemanasan statis biasanya dilakukan mulai dari atas-kebawah atau sebaliknya yaitu dimulai dari kepala sampai ujung kaki. Apalagi buat Anda yang suka melakukan fitnes atau nge-gym, pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Karena gerakan pemansan ststis ini untuk mempersiapkan otot untuk kerja yang lebih berat agar tidak mudah terjadi kram atau cedera otot lainnya.



2. Gerakan pemanasan dinamis

Manfaat pemanasan dan pendinginan setelah melakukan aktivitasGerakan pemanasan dinamis ini berlawan dengan gerakan statis, dimana bila gerakan statis lebih banyak diam (hanya menarik persendian dan ligamen) sedangkan erakan dinamis yaitu itu gerakan yang dilakukan saling berkesinambungan atau saling berkaitan. Contoh gerakan pemanasan dinamis seperti menekuk lengan pendek-panjang, gerakan kombinasi bongkok-jongkok, bongkok tegak. Tujuannya untuk melemaskan otot-otot yang kaku.

3. Gerakan pemanasan kombinasi statis dan dinamis
Pemanasan yang satu ini adalah gabungan dari gerakan statis dan dinamis. Pemanasan yang satu ini merupakan pemanasan favorit admin lho heheh. Karena gerakannya mudah enak dan tidak membusankan, alias bisa divariasikan dengan banyak hal hehehe. Seperti warming up menggunakan bola untuk anak usia SD

Kesimpulan

Manfaat pemanasan sebelum latihan adalah mempersiapkan tubuh untuk menghadapi aktivitas yang lebih intens dan juga menyalakan sistem kardiovaskular. Sebelum Anda memulai aktivitas olahraga berat, penting bagi tubuh Anda untuk melakukan penyesuaian, seperti meningkatkan pernapasan, menaikkan reaksi pelepasan energi pada otot serta meningkatkan aliran darah ke otot. 

Jadi sebelum Anda mulai berolahraga, lakukan dulu pemanasan selama beberapa menit. Meski terdengar sepele, jangan pernah memandang sebelah mata proses pemanasan karena akan berguna untuk mendapatkan manfaat olahraga secara maksimal.
Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Yang Baik | Gym

You Might Also Like: