Kamis, 29 Juni 2017

Latihan Kiper Menggunakan Botol Bekas


Latihan kiper tidak serta merta menggunakan peralatan yang bagus (mahal). Namun kita sebagai pelatih harus mampu membuat variasi latihan maupun model latihan menggunakan peralatan yang sederhana namun bagus (manfaatnya buat Goalkeeper). Seperti yang dilakukan oleh kiper kawakan Peter Cech dimana mempunyai latihan khusus untuk meningkatkan kecepatan refleks dan reaksinya di depan gawang.

Cara Melatih Kiper Menggunakan Botol Bekas


Sebelum masuk ke latihan terlebih dahulu Anda harus menyiapkan alat-alatnya terlebih dahulu.

1. Gawang
Sudah tentu berbicara mengenai penjaga gawang pasti akan berbicara gawang juga hehe.

Perlengkapan seorang kiper yang paling mencolok dengan pemain lainnya yaitu sarung tangan (Gloves), meski juga membutuhkan perlengkapan seperti perlengkapan pemain lainnya. Sepatu, kaos kaki, deker (pelindung tulang kering), dan seragam.

3. Cone
Sudah jelas apa itu cone, cone bisa berfungsi untuk banyak hal. Namun kali ini kita pakai untuk pembatas saja.

4. Botol Bekas (terbuat dari plastik)
Nah perlengkapan latihan yang satu inilah yang mungkin baru saja Anda dengar alias heran. Bagimana cara latihan menggunakan botol bekas? Mungkin seperti itu yang ada dalam benak sodara.

5. Bola, gunakan bola sesuai dengan ukuran usia ya. Kalau pemain senior ya gunakanlah bola ukuran 5 dan kalau anak-anak gunakan bola ukuran 4.


Tatacara Melakukan Latihan Menggunakan Botol Bekas


Dalam latihan goalkeeper kali ini kita akan menggunakan botol bekas plastik. Nah berikut ini penjelesannya.

1. Letakkan sembarang atau disebar (bahasa jawa) di depan gawang untuk jarak Anda bisa menyesuaikan.

2. Setelah itu tendanglah bola kearah gawang yang di depannya tadi berserakan botol-botol bekas tadi, sehingga diharapkan bola menggenai botol dan laju bola berubah.

Latihan Kiper Menggunakan Botol Bekas


Latihan Kiper Menggunakan Botol Bekas zonapelatih



Latihan Kiper Menggunakan Botol Bekas



Nah dengan cara melatih kiper menggunakan botol bekas seperti hal di atas, tentunya Anda sudah paham kan? Tentang apa yang terjadi bila bola mengenai botol? Otomatis laju bola akan berubah, sehingga mau  tidak mau kiper harus cepat dalam mengantisipasinya.


Dengan latihan menggunakan botol bekas secara rutin maka reaksi serta refleks penjaga gawang akan meningkat dengan tajam. Selamat mencoba yach. Semoga kemampuan kiper Anda meningkat seperti Peter Cech. Program latihan khusus kiper yang lain.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.