Jumat, 02 Juni 2017

Kram Otot dan Penanganan Yang Tepat

Kram Otot dan Penanganan Yang Tepat
Bagi olahragawan pastilah pernah mengalami yang namanya kram otot, entah kram otot kaki, perut dan lain-lain. Selain olahragawanpun juga bisa mengalami kejang otot atau yang biasa disebut kram otot tadi. Lalu pernah kalian terpikir kenapa bisa terjadi seperti itu?

Pengetian Kram Otot

Kram otot atau kejang otot merupakan kontraksi yang terus menerus yang dialami oleh otot atau sekelompok otot dan mengakibatkan rasa nyeri. (Hardianto Wibowo, 1995:33). Biasanya kejang otot ini terjadi dikarenakan otot terlalu lama untuk berkeja alias terlalu lelah, kurangnya pemanasan dan peregangan diawal. Yang jelas karena adanya gangguan sirkulasi darah yang menuju ke otot, sehingga otot bisa menjadi tegang.

Penyebab terjadinya kram otot

Kram Otot dan Penanganan Yang Tepat
Otot bila dipakai terus menerus juga akan mengalami kelelahan, tidak hanya badan kita yang lelah lho ya heheh

1. Kurangnya pemanasan (warming up) diawal latihan dan kurangnya pendinginan (colling down) diakhir latihan (aktivitas)
2. Kurangnya asupan vitamin. seperti vitamin (B1), asam pantotenat (B5), dan piridoksin (B6)
3. Aktivitas yang berlebih, bisa dikatakan kerja otot dipaksakan dipakai terus menerus sehingga otot kelelahan. Dan karna adanya asam laktat yang semakin menumpuk pada otot lebih mempermudah terjadinya kram otot.
4. Kurangnya mineral seperti kalium, kalsium dan magnesium
5. Penyempitan arteri, sehingga pasokan darah ke otot kurang
6. Kurangnya cairan dalam tubuh (dehidrasi)
7. Suhu dingin biasanya terjadi setelah mandi

Bagian tubuh yang sering mengalami kejang otot

1. Otot kaki, biasanya para pemain bola yang fisiknya kurang bagus sering mengalami hal kerjang otot
2. Otot betis (gastrocnenius)
3. Otot Perut (abdominal)
4. Otot telapak kaki


Setelah Anda paham tentang apa itu kram otot serta penyebab dari itu. Maka Anda juga harus paham bagaimana cara mengatasi kram tersebut.

Penanganan cedera kejang otot (kram otot)

Kram Otot dan Penanganan Yang Tepat
1. Jika atlet merasakan akan kram lebih baik atlet segera disruh istirahat dan lemaskan otot-otot yang merasa tegang (nyeri)
2. Jika atlet telah mengalami kram segera tahan otot waktu otot berkontraksi. Dengan kata lain balas balik kontraksi tersebut sampai kejang-kejangnya hilang.
3. Berilah atau kompres dengan air hangat atau bisa gunakan balsem dan sejenisnya.
4. Lakukan pijatan atau massage pada otot yang tegang

Cara mencegah terjadi kram otot

Kram Otot dan Penanganan Yang Tepat
1. Lakukanlah pemanasan yang cukup bila akan berolahraga atau melakukan suatu aktivitas yang berat. Pemasan berfungsi untuk menyiapkan tubuh untuk aktivitas berikutnya lebih berat. Selain itu pemanasan juga untuk melancarkan aliaran darah menuju sel otot kaki sehingga otot tidak mudah tegang
2. Minum minuman yang banyak mengandung zat elektrolit agar tidak mudah dehidrasi. Diakrenakan kejang otot salah satunya kaena terjadinya dehidrasi pada tubuh.
3. Makan-makan yang kaya nutrisi
4. Bagi atlet bila melakuakn latihan usahakan diawlai dari latihan yang ringan ke laithan yang berat.


Nah dengan penjelasan diatas, apakah Anda sudah paham tentang kram otot? Seharusnya Anda sudah memahami dan tahu bagaimana caranya menangani serta mencegah terjadinya kram otot bukan. Semoga artikel Kram Otot dan Penanganan Yang Tepat bisa buat refrensi Anda. Silahkan share ke sodar-sodara Anda.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.