Jumat, 23 Juni 2017

Cara Latihan Gerakan Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Cara Latihan Gerakan Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Salam Olahraga, Jaya!

Terimakasih sudah kembali lagi ke zonapelatih, dimana kali ini admin akan memberikan bentuk-bentuk latihan teknik dasar voli. dari rangkuman beberapa artikel yang admin baca. Dimana permainan voli ini juga salah satu permainan bola besar yang populer di Indonesia. Maka dari hal tersebut Anda (coach) wajib membaca artikel ini sampai selesai. Permain bola voli ini selain digemari oleh masyarakat umum, juga diminati dalam ekstrakurikuler siswa di sekolah. Dengan hal seperti itu sudah tentu seorang pelatih harus rajin upgrade pengetahuan tentang variasi latihan voli, supaya anak didik tidak mudah bosan dengan menu-menu latihan tersebut.

Dalam bermain bola voli, akan terlihat bagus dan memenangkan sebuah pertandingan pasti tidak lepas dari bagaimana kualitas teknik dasar pemain itu sendiri. Bagimana mungkin menang bila pemain kita saja belum bisa melakukan passing dan servis? Belum lagi smash dan block. Oleh akrena hal tersebut mari kita latihan dari yang udah dahulu, seperti teknik dasar voli.

Pada prinsipnya gerakan dasar permainan bola voli terdiri dari passing, servis, smash (spike) dan blok (bendungan). Untuk lebih jelasnya silahkan simak Latihan melakukan passing atas dan bawah, servis dan blok berikut ini.

Cara Melakukan Passing Atas Permainan Bola Voli

Cara Latihan Gerakan Teknik Dasar Permainan Bola Voli

* Tahap Persiapan, berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan (sedikit ditekut) sampai berat badan bertumpu pada bagian ujung depan kaki.

* Selanjutnya lengan agak ditekut di depan badan dengan kedua telapak tangan serta jari-jari direnggangkan sehingga membentuk seperti mangkok atau corong di depan atas wajah Anda.

* Tahap Gerakan, doronglah kedua lengah ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut serta pinggu naik serta tumit terangkat, saat proses ini usahakan arah datangnya bola tepat berada di tengah-tengah wajah Anda. Perkenaan bola voli yang baik dan bagus adalah tepat menggenai jari-jari tangan Anda.

* Tahap Akhir gerakan, tumit terangkat dari lantai (jinjit), pinggul serta lutut naik begitu juga kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak fundamental dari gerakan mendorong.

Cara Melakukan Passing Bawah Permainan Voli

Cara Latihan Gerakan Teknik Dasar Permainan Bola Voli

* Tahap Persiapan, berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu (sesuai kenyamanan masing-masing) dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada kedua ujung kaki bagian depan Anda. Rapatkan serta luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar dan pandangan ke arah datangnya bola.

* Tahap Gerakan, doronglah kedua lengan ke arah datangnya bola, bersamaan kedua lutut dadn pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah bdan dan perkenaan bola tepat pada lengan bagian bawah di atas pergelangan tangan.

* Tahap Akhir gerakan, tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti aeah gerakan bola.

Cara Melakukan Servise Atas Permainan Bola Voli

Cara Latihan Gerakan Teknik Dasar Permainan Bola Voli
* Tahap Persiapan, berdiri dengan kedua kaki dalam posisi melangkah, berat badan bertumpu pada kedua kaki dan sikap badan agak ke depan, pegang bola di depan badan.

* Tahap Gerakan, lambungkan bola ke atas agak ke belakang menggunakan tangan kiri, lentingkan badan ke belakang. Bersamaan dengann gerakan badan ke depan, bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan pergelangan tangan.

* Tahap Akhir Gerakan, ikuti gerakan badan ke depan dengan menlangkahkan kaki belakang ke depan. Berakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak memukul.

Jika kalian sudah menguasi teknik servis yang bagus, maka Anda bisa melakukan serangan awal dari teknik servis tersebut. Karena dengan servis voli keras dan menukik daapat menghasilkan point pertama untuk tim Anda


Cara Melakukan Smash Dalam Permainan Bola Voli


Cara Latihan Gerakan Teknik Dasar Permainan Bola VoliSmash yaitu suatu teknik serangan yang biasanya merupakan pukulan keras paling akhir untuk mengalihkan boa ke daerah lawan. Pukulan tersebut dilakukan diatas dekat net menukik cepat dan keras. Bagi Anda yang ingin menjadi smasher yang ahndal silahkan baca disini cara lathan menjadi smasher handal.

* Tahap persiapan, berdiri rileks serta mengambil awalan/ancang-ancang sekitar dua meter atau lebih dari net. Fokus penuh terhadap bola yang dioper melambung ke atas net oleh teman yang lain.

* Tahap pelaksanaan, berlari dan melompat sambil mengayunkan tangan ke belakang yang secara berkesinambungan diayunkan ke depan (ke arah bola). Lakukan smash/pukulan keras serta gerakan memantul agar tangan tidak menyentuh net.

* Tahap akhiran, lakukan tarikan tangan ke belakang agar tidak menyentuh net. Bersamaan dengan gerakan tersebut bada turunkan ke tanah. 

Cara Melakukan Block Dalam Permainan Voli

Cara Latihan Gerakan Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Membendung/blocking yaitu suatu teknik atau cara yang digunakan pemain voli untuk bertahan dari smash yang dilakukann oleh lawan. Dengan cara melompat dan menutup arah bola yang dipukul oleh lawan.

* Tahap Persiapan, berdiri menghadap ke jaring/net, kedua kaki terbuka kira-kira selebar bahu. Lutut ditekuk atau direndah agar lompatan bisa tinggi. Kedua tangan siap didepan dada dengan telapak tangan menghadap net/jaring. Pandangan mengawasi jalannya bola serta memperhatikan lawan yang akan melakukan smash/pukulan bola.

* Tahap Pelaksanaan, kedua kaki menolak secara bersamaan ketas tegak lurus di depan net sambila meluruskan kedua tangan. Kemudian telapak tangan dirapatkan dengan jari-jari tangan dibuka sehingga ibu jari kiri dan kanan berdekatan.

* Posisi kedua tangan diarahkan menutup lintasan bola serangan lawan

* Segera mendarat dengan kedua kaki mengeper dan kdua lengan diturunkan melalui depan dada

Demikian cara melakukan gerakan tekni dasar permainan bola voli seperti servis atas, smash, blocking, serta passing atas dan bawah. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.