Sabtu, 27 Mei 2017

Program Latihan Ketika Puasa

Program Latihan Ketika Puasa

Bulan Ramadhan telah tiba, otomatis kita melakukan puasa (bagi yang menjalankannya). Dimana secara jasmani kita menahan lapar (makan) dan haus (minum). Saat puasa proses metabolisme tubuh akan lebih rileks dalam bekerja/melakukan kegiatan.

Lalu bagimana bagi atlet yang ingin tetap melakukan latihan? Karena kita tahu seorang atlet harus selalu menjaga performanya agar selalu siap untuk bertanding. Nah bagi para atlet maupun khususnya pelatih wajib membuat program latihan yang pas ketika altet puasa. Sehingga puasa tidak menghalangi bagi altet untuk tetap latihan.


Perlu Anda pahami dahulu ketika kita berpuasa tentunya, Energi kita berkurang dikarenakan kurangnya asupan energi kedalam tubuh kita. Maka dari hal tersebut zonapelatih memberikan saran tentang latihan pada waktu puasa.

Cara melakukan latihan ketika puasa sebagai berikut:


1. Lakukan dari durasi pendek ke panjang, sebagi contoh durasi latihan yang biasanya dua-tiga jam waktu biasa kini bisa Anda perpendek dengan durasi 30-45 menit dahulu. Kemudian bisa Anda tambah sedikit demi sedikit.
2. Lakukan latihan ketika waktunya mendekati berbuka. Sebagai contoh bila pada hari-hari bisa latihan dilakukan mulai jam 15.30 WIB maka sekarang ganti mulai latihan pada pukul 16.15 WIB.
3. Bila ketika latihan Anda merasa pusing, segeralah istirahat. Jangan paksakan ketika diri Anda untuk tetap berlatih


Tips dan Triks Latihan ketika Puasa


1. Ketika saur, makananlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat komplek, protein tinggi dan makanan yang lambat diserap tubuh. Dengan begitu pasokan energi bagi tubuh akan selalu ada. Sebagi perbandingan, bila Anda makan bubur nasi dengan Anda makan bubur dari beras ketan akan lebih tahan lama bubur bras ketannya.
2. Ketika berbuka segeralah komsumsi makanan dengan protein yang tinggi seperti daging merah, dada ayam ataupun susu. BIla belum ada sebisa mungkin dengan minuman hangat dan manis. Dengan begitu puasa tidak akan dan tidak pernah menghalangi Anda untuk berlatih.

Manfaat Puasa

1. Meningkatkan Detoksifikasi
2. Menyehatkan Sistem Pencenaan
3. Mengatasi Masalah Peradangan
4. Mengurangi Kadar Gula Darah
5. Meningkatkan Pembakaran Lemak
6. Mengurangi Hipertensi
7. Meningkatkan Kekebelan Tubuh

Nah itulah tadi Program Latihan Ketika Puasa dari zona pelatih yang mungkin bisa Anda gunakan sebagai tambahan refrensi Anda dalam membuat program latihan.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.