Minggu, 28 Mei 2017

LATIHAN PENGUATAN OTOT LUTUT

LATIHAN PENGUATAN OTOT LUTUT

Bagi olahragawan apapun itu olahraganya. Sangatlah penting untuk selalu menjaga kesehatan lututnya. Dikarenakan lutut mempunyai fungsi besar dalam gerak tubuh. Bayangkan bila lutut Anda sakit, untuk berdiri, berjalan dan bahkan berenang pasti akan menyusahkan. Oleh akrena itu jagalah perkuat otot-otot lutut Anda.

Seorang atlet jangan pernah menyepelakan kekuatan otot lutut apalagi sampai mengabaikannya. Bisa-bisa terjadi cedera lutut dan tidak bisa sembuh totol (alias ciri), maka bisa membuat berakhirnya karir Anda dalam dunia olahraga. karena lutut menopang berat badan kita. Oleh karena hal tersebut otot lutut perlu dikuatkan dan dilatih agar lebih kuat.

Latihan Fisik Untuk Penguatan Otot Lutut


1. Melakukan Gerakan Lunge

Latihan Lunge sangat dianjurkan untuk menguatkan ligamen pada otot. Caranya yaitu berdirilah dengan tangan berada di pinggu. Langkahkan kaki kiri kedepan dan turunkan tubuh Anda ke arah lantai sampai kaki kiri Anda menekuk pada sudut yang tepat. Lutut dari kaki kanan Anda aakn turun sampai menyentuh lantai. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Kemudian gantilah kaki yang tadinya di depan sekarang jadi dibelakang.

2. Berlari

Lakukan lah lari bisa lari pagi ataupun sore hari. Untuk lari ini sangatlah efektif untuk menguatkan otot lutut Anda dan juga membantu meningkatkan kebugaran tubuh Anda.

3. Latihan Hamstring (paha belakang)

Latihan hamstring bisa Anda lakukan dengan step-up. Berdirilah di depan permukaan yang ditinggikan dan melangkahkan di atas permukaan itu dengan satu kaki. Kemudian gantilah dengan kaki yang lain. Lakukan secara bergantian.

4. Latihan melompat

Melompat merupakan salah satu altihan otot yang bagus. Dikarenakan langsung berhubungan dengan otot dimana latihan bisa dengan cara lompat katak ataupun dengan skipping.

5. Latihan Squat

Lakukan gerakan Squat untuk menguatkan Glute (otot pantat). Caranya beridirilah dengan tegak dan berjongkoklah ke arah lantai, dengan lutut ditekut dan punggung tetap lurus. Untuk latihan yang lebih ringan bisa dengan cara silahkan duduk dikursi dan berdiri di depan kursi dan duduk kembali.

Penyebab Sakit Lutut

Beberapa kondisi kesehatan dapat menyebabkan sakitnya lutut yaitu:
1. Cedera sebagai contoh cedera pada tulang rawan atau kerusakan tendon maupun ligamen
2. Adanya penyakit seperti osteoartritis, penyakit asam urat atau tendonitis
3. Adanya pendarahan pada sendi lutut
4. Adanya infeksi seperti artritis septik

Gejala serta Komplikasi Adanya Sakit Lutut 

Perlu dipahami bahwa setiap penderita tidak akan merasakan gejala yang sama ketika lututnya sakit. Ini dikarenakan adanya penyebab yang berbeda-beda. 

Beberapa gejala bisa untuk mengetahui sakit lutut antara lain :

1. Adanya pembengkakan
2. Lutut terasa kaku atau susah diluruskan
3. Adanya gemeretak pada lutut
4. Adanya warna tidak normal pada area lutut seperti warna kemerahan serta hangat bila disentuh
5. Sendi lutut tidak stabil atau lemas atau tidak mampu menahan beban badan sendiri.
6. Demam
7. Perubahan bentuk pada lutut

Pengobatan serta Pencegahan Sakit Lutut

Ketika Anda telah mengetahui bahwa lutut Anda cedera segeralah lakukan pengobatannya dengan :

1. Segera bawa ke dokter ahli
2. Berilah pertolongan pertama
3. Berikan obat-obatan untuk megnurangi rasa sakit
4. Panggil Fisioterapis untuk melatih serta menguatkan otot lutut
5. Operasi untuk menangani cedera yang serius

Selain mendpatkan penanganan seperti diatas alangkah baiknya Anda juga membantu kesembuhan lutut Anda sendiri di rumah dengan cara

1. Banyak istirahat agar lutut terhindar dari lebih banyaknya tekanan dikarenakan banyaknya aktivitas yang dilakukan
2. Mengompres lutut dengan es, ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit sekaligus mengurangi peradangan
3. Menaruh kaki yang cedera pada posisi yang lebih tinggi (prinsip RICE). Silahkan baca tentang RICE

Seluruh latihan di atas tidak disarankan untuk dilakuka setiap hari. Jangan pernah memuntir lutut kesamping hingga membuat lutut Anda terkilir. Bila dalam latihan membuat lutut Anda merasa nyeri/sakit segeralah berhenti berlatih.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.