Zona Pelatih

follow us

Cara Menyusun Strategi Sebuah Tim | Futsal | Sepakbola | Olahraga

Cara Menyusun Strategi Sebuah Tim | Futsal | Sepakbola | Olahraga

Sebuah tim olahraga seperti sepakbola, futsal, basket, korfball dan lain-lainnya alangkah baiknya bila mempunyai seorang pelatih. Seorang peracik strategi dan taktik bagi kesuksesan sebuah tim. Seorang pelatih juga akan membuat program latihan yang akan membuat pemain-pemainnya bertambah hebat serta untuk mewujudkan target sebuah tim olahraga.

Sebagai contoh sebuah tim futsal/sepakbola pastilah ingin bermain dengan baik dan cantik. Mempunyai gaya bermain yang khas agar mampu menjadi ciri atau jati diri sebuah tim. Selain itu sebuah tim futsal/sepakbola tentunya selalu ingin memenangkan setiap pertandingan dan tentunya juaralah hasil yang paling diminati dan bahkan menjadi target utama.

Oleh karena itu disinilah peran seorang pelatih dalam mengkondisikan pemain-pemainnya serta tim yang ia besut. Peran apa saja yang menjadi tugas seorang pelatih, bila Anda belum paham bisa cek disini "peran dan tugas seorang pelatih".

Membuat Strategi bagi Tim

Dalam hal ini adalah salah satu tugas dari seorang pelatih untuk menyusun strategi sebuah tim dalam suatu pertandingan/kompetisi. Nah dalam membikin strategi/taktik yang akan digunakan seorang pelatih tidak asal-asalam membuatnya. Seorang pelatih yang handal dan berpengalaman pasti mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut untuk menciptakan permainan yang bagus dan tentunya menang.

1. Kualitas Individu Pemain

Untuk membentuk pola stratgei yang dibutuhkan pelatih harus paham betul dengan kualitas pemain/atelt yang dimilikinya. Sehingga strategi yang diterapkan akan berjalan dengan lancar. Sebagai contoh bila kualitas pemain kita kalah namun kita memaksakan man to man, maka apa yang akan terjadi? Pastilah Anda sudah bisa menebaknya bukan? Nah oleh karena hal itulah seorang pelatih wajib paham kualitas yang dimiliki pemainnya.

2. Keunggulan dan kekurangan Tim

Setelah paham akan kualitas individu pemainnya. pelatih juga harus sadar akan kelebihan serta kekurangan timnya. Semisal sebagai tim unggul dalam umpan-umpan pendek, maka jangan menerapkan cara bermain dengan unpan-umpang jauh/lambung.

3. Kualitas Permainan Lawan

Selain itu platih juga diharapkan mampu mengalisis atau mengetaui kemampuan tim lawan. Karena dalam setiap permainan/pemain lawan pasti akan ditemukan celah/kekurangan yang mampu dimanfaatkan untuk mencpai kemenangan.

Nah seperti itulah penjelasan singkat yang bisa Zonapelatih berikan dalam hal "Cara Menyusun Strategi Sebuah Tim | Futsal | Sepakbola | Olahraga". Semoga dengan artikel ini bisa membantu Anda terutama pelatih dalam hal menyusun strategi bertandingnya.

You Might Also Like: