Senin, 08 Mei 2017

CARA CEPAT MENINGKATKAN DRIBBEL BASKET | LATIHAN MENINGKATKAN SKILL PEMAIN


CARA CEPAT MENINGKATKAN DRIBBEL BASKET  | LATIHAN MENINGKATKAN SKILL PEMAIN
Bagi seorang atlet basket pasti ingin mempunyai skill bagus. Salah satunya yaitu dribbel. Oleh karena itu banyak sekali atlet basket mencari cara latihan untuk meningkatkan skill dribbel basket. Supaya permainan basketnya semakin telihat bagus dan menonjol. Dribbling sendiri merupakan suatu tehnik dasar dalam permainan bola basket. 

Dimana dalam berlatih dribel banyak sekali bentuk dan jenisnya. Seperti dribbling beranting, dribbling dengan bertukar tangan kanan-kiri dan lain-lain. Perlu diingat dlam berlatih dirbbling usahakan pandangan mata tidak tertuju dan fokus pada bola. Melainkan harus bisa melihat sekeliling (melihat lawan dan teman). Dan pastinya bola wajib dalam penguasaan.

METODE LATIHAN MENINGKATKAN DRIBBLING PADA PERMAINAN BASKET

1. Latihan Dribbling Beranting
Pada sesi latihan dribbling beranting ini bagilah pemain menjadi dua kelompok (usahakan jumlah kelompok sama). masing-masing kelompok membawa bola dengan tangan kiri,pada saat penyerahan bola harus dilakukan dibelakang garis start.Dribbling dilakukan sambil mundur supaya diperoleh feeling yang bagus terhadap bola.Kemudian pada waktu kembali ke start dribbling dilakukan dengan tangan yang kurang bagus misalnya biasanya anda melakukan dengan tangan kiri maka gunakanlah tangan kanan.

2. Latihan Dribbling Melingkar
Para pemain membawa bola serta menuju ke lingkaran tengah lapangan. Setelah itu melakukan dribbling mengelilingi lingkaran tersebut dengan pandangan melihat ke depan (pusat lingkaran). Setelah satu puratan lakukan putaran balik dengan tangan kiri (jika awal tadi menggunakan tangan kanan)

3. Latihan Dribbling Segi Empat
Cara melakukannya sama seperti dribbling melingkar. Namun boleh juga dibuat berbeda agar variasi latihan lebih banyak

4. Latihan Dribbling Sambil Berlari Melewati Cone
Pada latihan ini gunakanlah cone untuk membuat ringtangan pemain.

5. Latihan Dribbling Dengan Mengamankan Bola
Latihan ini dilakukan bersama-sama pada tempat yang sama. Semua pemain melakukan dribbling bola bebas kesegala arah dan berusaha menepis bola pemain lain. Namun tetap dengan menguasi bolanya sendiri. Dengan kata lain pemain boleh menepis bola pemain lai, namun tetap melakukan dribbling

6. Latihan Dribbling dengan Sprint
Buatlah jarak 5-10 meter. Ini digunakan untuk pemain melakukan dribbling dengan kecepatan penuh.

7. Latihan Fill Tangan
Latihan mendribbling bola menggunakan salah satu tangan selama satu menit, kemudian bergantian dengan tangan satunya juga selama satu menit. Ini dimaksud untuk mendaptkan fill (rasa) dalam melakukan dribbling bola basket

8. Latihan Dribbling menggunakan dua bola basket
Ini dimaksudkan melatiha konsentrasi Anda. Konsentrasi bisa dibagi secara ototmatis dribbling Anda akan cepat meningkat.

Sekian dahulu CARA CEPAT MENINGKATKAN DRIBBEL BASKET TEBARU | LATIHAN MENINGKATKAN SKILL PEMAIN semoga dengan latihan yang rajin Anda kan semakin meningkat skill basketnya. Dan jelas akan menambah percaya diri pada saat pertandingan. Silahkan share keteman-teman Anda, serta selalu ikuti Zona Pelatih untuk mendapatkan informasi tentang dunia olahraga. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikelnya.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.