PRESTASI PUNCAK | CARA MENCAPAI PRESTASI PUNCAK ATLET

PRESTASI PUNCAK | CARA MENCAPAI PRESTASI PUNCAK ATLET

Prestasi Puncak Atlet merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh seorang pelatih dan atlet itu sendiri. Prestasi puncak bisa disebut juga dengan masa emas. Dimana kondisi atlet benar-benar sedang dalam performa yang bagus dan prima.

Sebelumnya Anda harus paham dahulu apa tujuan dari Perencanaan Program Latihan? Tujuannya agar puncak prestasi atlet tercapai pada hari dan tanggal yang sudah direncanakan, (pada pertandingan yang paling penting). Dalam metodologi training, masalah yang paling kompleks ialah bagaimana mencapai Prestasi Puncak pada hari yan  telah direncanakan.

Perencanaan Program latihan harus didasarkan pada konsep periodisasi serta dengan prediksi kemungkinan prestasi yang mampu dicapai atlet pada setiap tahap latihan.

Tidak dipungkiri terkadang Prestasi Puncak Atlet datang lebih awal bahkan kadang belakangan, tidak sesuai target. Nah apakah yang mempengaruhinya?

A. Jika Prestasi Puncak jatuh sebelumnya, mungkin disebabkan karena:

1. Latihan terlalu berat dan kurang ada peluang untuk regenerasi.
2. Jadwal pertandingan yang terlalu berat atau sering.
3. Memaksa atlet untuk mencapai prestasi tinggi dalam waktu singkat.

B. Jika jatuh sesudahnya, kemungkinannya ialah:

1. Latihan terlalu ringan, kurang serius,  atau persiapan kurang  matang,
2. Program unloading yang  tidak  tepat sehingga overkompensasi baru  muncul seusai pertandingan.

Oleh karena itu seorang pelatih harus paham betul mengenai periodisasi latihan. Untuk belajar dan cara membuat periodesasi latihan silahkan baca di " Pentingnya periodisasi latihan bagi atlet"

Semoga setelah membaca artikel yang sedikit ini, sekarang Anda lebih paham dan mengerti apa yang akan dilakukan mendatang.
PRESTASI PUNCAK | CARA MENCAPAI PRESTASI PUNCAK ATLET

You Might Also Like: