Jumat, 15 Juli 2016

PERLENGKAPAN SEORANG KIPER FUTSAL

Seorang kiper futsal sangatlah vital dalam permainan futsal, karena seorang kiper merupakan pertahanan terakhir dalam melindungi gawang. oleh karena itu seorang kiper banyak dituntut keberaniannya dalam menghalau berbagai serangan. Banyak kejadian seorang kiper akan sering berbenturan dengan pemain lawan ataupun juga berbenturan dengan tiang gawangnya sendiri. Oleh karena seorang kiper harus membutuhkan perlengkapan ekstra selain perlengkapan yang sudah standar sesuai aturan yang berlaku.

Namun sebelum saya sebutkan perlengkapan seorang kiper, lebih baiknya kita juga mengetahui perlengkapan standar bermain futsal. Perlengkapan tersebut yaitu: 

1. Kostum yaitu terdiri dari Baju Celana dan kaos kaki
2. Pelindung tulang kering (skin guard)
3. Sepatu

Nah untuk kiper futsal ada tambahan lagi untuk memaksimalkan perlindungan diri nya yaitu seperti:

1. HELMET

PERLENGKAPAN SEORANG KIPER FUTSAL
Helmet ini berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan. Kita tahu sendiri kan bahwa lapangan futsal keras. Jadi Anda sudah paham akan maksud saya.

2. KNEE PAD 

PERLENGKAPAN SEORANG KIPER FUTSAL
Knee Pad yaitu pelindung lutut. Fungsinya agar mengurangi cidera pada lutut. Penggunaan knee pad sangat perlu dikarenakan venue futsal yang keras (semen, pollywood, atau plastik). Agar lutut aman gunakan knee pad sesuai kenyamanan sobat. Karena kalau belum terbiasa memakainya bisa menyebabkan gatal (kurang nyaman) pada lutut.

3. ELBOW PAD

PERLENGKAPAN SEORANG KIPER FUTSAL
Elbow Pad atau pelindung siku berguna untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan benturan di siku. Terkadang seorang kiper harus menjatuhkan badan (dive) terlalu keras. Sehingga elbow pad sangat berguna untuk seorang kiper futsal.

4. FINGER TAPE

PERLENGKAPAN SEORANG KIPER FUTSAL
Finger tape atau Roll tape diperlukan oleh kiper untuk mencegah terjadinya cidera pada jari. Finger tape bisa juga diganti dengan sarung tangan full gloves atau semi-gloves untuk kiper. Finger tape juga berfungsi untuk menghindari pergeseran sendi jari. Finger tape ini mungkin saja bisa membuat sobat sobat gatal di bagian jari karena belum terbiasa memakainya. Finger tape dibagi menjadi 2 jenis. Yaitu karet dan plester. Atau sobat sobat juga bisa tanpa aksesori di jari :D. Sesuai dengan kenyamanan teman teman.

Nah semoga artikel PERLENGKAPAN SEORANG KIPER FUTSAL bermanfaat buat kita semua, khususnya buat seorang kiper futsal. Artikel ini saya rangkum dari berbagai sumber

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.