CARA MELAKUKAN PASSING dan CATCHING YANG BAIK DALAM BASKET


PASSING dan CATCHING
CARA MELAKUKAN PASSING dan CATCHING YANG BAIK DALAM BASKET
Sahabat zonapelatih yang budimana, kali ini admin akan menjelaskan tentang passing & catching dalam permainan bola basket. Mungkin bagi yang sudah mengenal dan menggeluti olahraga basket, sudah tentu mereka paham akan apa itu passing & catching. Namun tidak ada salahnya Admin jelaskan kembali.

Passing catching merupakan fundamental dalam permainan bola basket. Sehingga sangatlah penting seorang pelatih melatihkan passing & catching ini. Begitu juga sebagai seorang pemain haruslah selalu berlatih untuk mengembangkan skill passing & catching nya, ini semua dilakukan demi kemajuan dan kesuksesan sebuah tim.

Kebanyakan pemain bola basket kita saat ini, setelah mendapatkan bola biasanya ia melakukan dribel. Padahal seharusnya sebelum pemain menerima bola harus sudah melihat temnnya yang terbuka untuk menerima bola dan bila semua teman tertutup barulah baru melakukan dribel. Sehingga dengan begitu hanya dengan passing & catching saja akan mampu membuat penyerangan yang efisien dan maksimal. Disinilah pentingnya pelatih dan pemain mengembangkan passing & catching nya.

Beberapa lemen dasar dalam passing yang harus diajarkan yaitu :

1.     Kecepatan passing
Kecepatan passing disini yang dimaksud yaitu kecepatan bola nya, harus melaju cepat, dan tajam (tidak terlalu keras ataupun terlalu lamban) dengan kata lain passing haruslah tegas. Sehingga pemain menyesuai seberapa kekuatannya untuk melakukan passing yang bagus pada jarak tertentu.

2.     Target penerima passing
Passing tidak lepas dari tingkat keakuratan, sehingga passsing haruslah tepat/akurat pada target yang spesifik. Yang dimaksud disini bukan hanya pada tepat pada orang yang menerima passing, tapi juga harus sesuai dengan kemauan si penerima passing, contohnya meminta bola atas, samping ataupun depan.

3.      Timing
Timing yang dimaksud yaitu bola yang sampai pada penerima disaat yang tepat. Agar lebih memudahkan Anda memahminya yaitu ketika adda teman satu tim meminta Anda memberikan passing atas untuk melakukan slamdunk, sudah tentu passing yang diberikan pas ketika teman satu tim sudah melompat dan bersiap melakukan slamdunk di depan ring sehingga timing nya pas (menerima bola dan langsung melakukan slamdunk.

4.     Trik
Usahakan sebelum menerima ataupun melakukan passing, lakukan dahulu trik (tipuan) tujuannya jels untuk mengelabui defender. Sehingga kita akan lebih leluasa dalam melakukan passing & catching.
CARA MELAKUKAN PASSING dan CATCHING YANG BAIK DALAM BASKET
Salah satu trik passing
5.     Komunikasi
Nah yang terkahir inilah yang wajib diperhatikan juga, karena tanpa andanya komunikasi yang baik antara pengumpan dan penerima maka passing & catching tidak akann berjalan dengan baik. Komunikasi ini bisa anda lakukan dengan suara, mata, sinyal, atau kode yang dimana semua itu bisa dibuat oleh tim anda sendiri. Misal pemain bila “satu” itu berarti bola atas.

PRINSIP MENANGKAP BOLA (CATCHING)
Prinsip menangkap bola/catching merupakan bagaimana cara pemain mampu menerima bola dengan tepat. Dalam catching juga pemain wajib menjemput bola, ini dilakukan agar pemain defender tidak mampu melakukan intercept. Begitu juga setelah menerima bola usahakan kuasi dengan dua tangan. 

Dalam menerima bola/catching gerakan tangan ketika menjemput bola dapat dibedakan menjadi beberapa bagian:

1. Two Hands Up, yaitu posisi tangan siap menerima bola yang arah datang bolanya berada pada pinggul ke atas dan ibu jari saling berhadapan.

2. Two Hands Down, yaitu kebalikan dari Two Hands Up, sehingga posisi tangan siap menerima bola yang arah datang bola berada pada pinggul ke bawah, dan ibu jari menghadap ke atas.

3. Block and Tuck, yaitu gerakan tangan jika passing melebar, sehingga penerima harus melangkah. Usahakan setelah diterima, bola segera dipegang dengan dua tangan.

Semoga artikel CARA MELAKUKAN PASSING dan CATCHING YANG BAIK DALAM BASKET bermanfaat buat kita semua khususnya bagi pelatih dan pemain bola basket.

CARA MELAKUKAN PASSING dan CATCHING YANG BAIK DALAM BASKET

You Might Also Like: