Senin, 30 Mei 2016

PROGRAM LATIHAN KEBUGARAN JASMANI YANG MENGINSPIRASI



PROGRAM LATIHAN KEBUGARAN JASMANI
Kebugaran Jasmani
Kebugaran Jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan kerja sehari-hari secara efisien tanpa mengalami/menimbulkan kelelahan yang berarti. Kebugaran jasmani ini dikelompokkan ke dalam tiga kelompok yaitu:

Kebugaran Statis dapat diartikan sebagai keadaan seseorang yang bebas dari penyakit

Kebugaran Dinamis dapat diartikan sebagai kemampuan untuk bekerja secara efisien yang tidak memerlukan keterampilan, contohnya berjalan, mengangkat, lompat dan lain-lain 

Kebugaran Motoris dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan kerja dengan keterampilan tinggi dan efisien

Sehingga dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa orang sehat belum tentu bugar, namun orang bugar seharusnya sehat. Lalu bagaimana cara menilai bahwa orang itu bugar? Agar dapat menilai orang itu bugar Anda haruslah mengetahui komponen-komponen kebugaran itu sendiri. Komponen kebugaran jasmani itu dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu:

Komponene kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan (dayatahan jantung-paru, kekuatan dan daya tahan otot, kelentukan, komposisi tubuh). 

Komponen kebugaran yang berhubungan dengan keterampilan ( kecepatan, koordinasi, kesimbangan, power, kelincahan serta perasaan gerak/kecepatan reaksi).


Latihan kebugaran jasmani sebenarnya sudah pernah Anda lakukan entah itu secara sadar atau tidak. Kebugaran jasmani bisa Anda kemas dalam sebuah bentuk permainan seperti Voli, Basket, Bulutangkis, Sepakbola, Futsal dan lain-lain. Bisa juga Anda kemas dalam bentuk senam TKJI dan lain-lainnya. Ataupun Anda cukup jogging tiap seminggu tiga kali.

Yang terpenting dalam membuat program latihan kebugaran jasmani Anda harus paham betul tiga gerak dasarnya yang biasa disebut dengan MOLIS (Move-Lift-Stretch)

Move yaitu gerak kontinyu-ritmis, menggunakan otot-otot besar tubuh baik anggota gerak atas ataupun bawah. Dasar geraknya meliputi jalan, lari, lompat, loncat dan lain-lain. Ini bertujuan untuk meningkatkan dayatahan jantung-paru dan memperbaiki komposisi tibuh dalam arti mengurangi lemak tubuh (karena bahan bakar utama gerak yaitu lemak).



Lift yaitu gerak melawan beban, baik beban berat bdan sendiri ataupun beban dari luar seperti dumble/partner atau biasanya kalau Anda fitnes. Ini bertujuan untuk melatih otot baik kekuatan dan daya tahan.
 
Stretch yaitu gerakan meregangkan sendi dan mengulurkan otot yang dapat dikerjakan secara statis maupun dinamis. Gerakan ini bertujuan untuk melatih kelentukan sendi dan kelenturan otot sehingga diharapakan menghasilkan mobilitas gerak yang komplek/tinggi. Dengan dasar gerak tersebut semua komponen kebugaran jasmani akan terlatih dan status kebugaran akan meningkat.

Jadi dengan memahami ke tiga dasar gerak tersebut, anda dapat membuat program latihan kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan tanpa merasa kesulitan ataupun bingung. Selamat mencoba, salam sehat dan bugar selalu.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.