Zona Pelatih

follow us

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LATIHAN

Beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas latihan adalah sebagai berikut :

1. PELATIH
Ya seorang pelatih sangatlah berpengaruh dalam proses latihan. Karena pelatih lah yang merencanakan, menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi proses berlatih melatih atletnya. Selain itu pelatih juga mencari dan memilih bibit-bibit atlet yang berbakat, memimpin dalam pertandingan, mengorganisir dan mengelola proses latihan serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan atletnya. Maka dari itu carilah seorang pelatih yang berkualitas dan mempunyai dedikasi serta komitmen melatih yang baik.

Carilah pelatih yang mempunyai kemampuan melatih yang bagus. Usahakan yang telah mengikuti suatu kursus kepelatihan (lisensi pelatih). Yang mempunyai pengetahuan serta pengelaman dalam bidangnya (misal bidang sepakbola, futsal, basket, voli dll). Dan yang paling penting pelatih mempunyai kepribadian yang baik pula, karena biasanya seorang pelatih akan menjadi suatu contoh figur bagi atlet-atletnya.

==== Baca juga Pengertian Pelatih====


2. OLAHRAGAWAN/ATLET
Merupakan seseorang yang menggeluti dan aktif melakukan latihan untuk meraih prestasi ppada cabang olahraga yang dipilihnya (Sukadiyanto, 2015:4). 

Selain pelatih seorang olahragawan/atlet juga sangat berpengaruh terhadap kualitas latihan itu sendiri. Karena olahragawan/atlet itu sendiri yang langsung melakukan proses latihan tersebut. Maka seorang olahragawan haruslah mempersiapkan beberapa faktor untuk meningkatkan proses kualitas latihan antara lain : Fisik, Taktik, Teknik, Psikologis dan Sosiologis

====Baca juga Komponen Latihan====

Untuk lebih mudahnya memahami faktor yang mempengaruhi kualitas latihan, bisa lihat bagan dibawah ini.

You Might Also Like: