Zona Pelatih

follow us

CARA PRAKTIS MENINGKATKAN KONDISI FISIK PEMAIN


CARA PRAKTIS MENINGKATKAN KONDISI FISIK PEMAIN
CARA PRAKTIS MENINGKATKAN KONDISI FISIK PEMAIN

Agar dapat meningkatkan kondisifisik pemain tidaklah semudah membalikkan tangan anda. Tidak bisa dengan hanya asal-asalan dalam berlatih. Meski pelatih sudah membuat program latihan yang bagus, namun ketika pelaksanaannya pemain hanya asal-asalan maka hasilnya pun akan jauh dari yang diharapkan.

Oleh karenanya pemain juga harus tahu dan melakukan anjuran/saran dari seorang pelatih. Itu semua dilakukan untuk keberhasilan atlet/pemain itu sendiri. Anjuran untuk pemain agar dapat meningkatkan kondisi fisik secara praktis bisa anda lihat dibawah ini.

Banyak minum air putih dan air kelapa muda (isotonik natural)
CARA PRAKTIS MENINGKATKAN KONDISI FISIK PEMAIN

Karena sudah tentu pemain banyak mengeluarkan keringat oleh karena itu banyaklah minum air putih dan air kelapa muda, sebagai penggnti cairan tubuh yang hilang. Selain itu juga sangat penting untuk kseluruhan tubuh (ingat 2/3 tubuh kita terdiri dari cairan). Air putih dan isotonik penting juga untuk fungsi otot dan otak. Kalau kita sampai dehidrasi mudah terjadi kejang, koordinasi dan konsentrasi menurun. Sehingga performa pemain akan rendah.

Jangan lupa mengkonsumsi protein, mineral serta vitamin (sayuran dan buah-buahan)
CARA PRAKTIS MENINGKATKAN KONDISI FISIK PEMAIN

Selain air isotonik tadi pemain juga harus mengkonsumsi protein, mineral serta vitamin. Untuk makanan protein bisa makan putih telur, ikan, daging, pisang dan masih banyak lagi. Protein penting otot sedangkan otot sangatlah penting berguna untuk tenaga/power. Sehingga dengan begitu kalau otot bagus makan tidak akan mudah cedera dan eksplosifitas akan meningkat.  Sedanngkan untuk vitamin dan mineral bisa makan berbagai sayur mayur serta buah-buahan karena vitamin dan meneral berfungsi untuk tubuh secara menyeluruh.

Konsumsilah karbohidrat kompleks

Karbohidrat komplek berfungsi sebagai sumber tenaga untuk pemain sepakbola yang utama. Karbohidrat komplek bisa anda temukan pada nasi merah, sagu, ubi-ubian, kacang hijau, kentang dan masih banyak lagi. Karbohidrat komplek ini mampu meningkatkan daya tahan (endurance).

Jangan suka makan makanan yang berlemak serta minum minuman yang berkarbon dan bergula

Makanan yang berlemak akan lebih mudah menurunkan stamina/endurance serta koordinasi pemain. Untuk gula merupakan sumber energi simpel yang berarti cepat habis. Oleh karena itu bila anda ingin mengkonsumsi gula bisa ganti gula anda dengan gula merah, gula sehat tropica atau madu yang paling bagus. Nah kalau untuk minuman yang berkarbon ini menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga dapat berpengaruh terhadap performa pemain.

Lakukan teori super kompensasi

Terori super kompensasi yaitu intensitas latihan terjadwal sehingga tidak asal-asalan, lakukan istirahat iantara latihan dengan intensitas tinggi (24-32 jam) sehingga pemain tidak akan mengalami overtraining, meningkatkan intensitas latihan secara perlahan-lahan. Dengan cara diatas fisik pemain akan meningkat perlahan. Karena bila intensitas latihan rendah atau pun latihan terlalu berat dan tanpa istirahat yang cukup, malah akan mengakibatkan stamina pemain stagnan atau menurun. Perlu diingat istirahat juga termasuk dalam latihan.

Internaval vs steady jogging

Sebelum latihan udsahakan pemanan terlebih dahulu, ini berfungsi untuk menyiapkan tubuh untuk latihan selanjutnya. Dalam latihan idealnya jogging dahulu baru selanjutnya stamina dimatangkan dengan interval. Latihan interval berarti ada waktu istirahat dengan kata lain ada waktu dimana menurunkan intensitas latihan. Sebagai contoh anda bisa sprint sejauh 25 meter kemudian melakukan jogging 25 meter begitu seterusnya.

Lakukan recovery training

Recovery training berguna untuk menghnacurkan/menghilangkan asam laktat dalam tubuh. Contoh latihan recovery yaitu lakukan jogging 10 menit, stretching yang lama, berendam di air panas serta massage/pijat. Dan apabila waktu pertandingan sangat berdekatan bisa berendam di air es batu selama 3 menit. Agar lebih cepat fit kembali.

Jangan melakukan overtraining sebelum pertandingan

Biasanya pelatih tetap melakukan latihan sehari sebelum pertandingan dilakukan, yang perlu diingat jangan sampai latihan tersebut overtraining buat pemain.

Yach semoga dengan adanya artikel CARA PRAKTIS MENINGKATKAN KONDISI FISIK PEMAIN, mampu membantu pelatih dan pemain dalam menghadapi pertandingan yang akan berlangsung. Dan tentu saja harapannya akan lebih baik lagi.


Sumber : Kurikulum Sepakbola Indonesia

You Might Also Like: