Jumat, 05 Februari 2016

Cara Merawat Sepatu Bola Futsal dan Bola


Cara Merawat Sepatu Bola Futsal dan Bola
Bagi seorang pemain sepakbola dan futsal, sepatu merupakan bagian terpenting. Karena sepatu bisa diibaratkan senjata perang mereka. Oleh karena itu lah perlu perlakuan khusus (merawat) untuk merawat sepatu agar tidah mudah rusak, awet serta nyaman dipakai.

Selain itu bola juga penting untuk pemain sepakbola dan futsal begitu juga dengan olahraga yang lain yang menggunakan bola tentunya. Apalagi untuk pemula, bola sangatlah penting karena dapat digunakan untuk latihan pribadi di rumah. Oleh karenanya bola juga memerlukan perawatan khusus juga.
  
Cara Merawat Sepatu Bola Futsal dan Bola

Cara merawat bola futsal dan sepakbola

Bersihkan Bola
Setelah dipakai segera bersihkan, cukup dilap menggunakan kain atau bisa menggunakan kaos kaki setelah latihan. Selain itu bisa anda cuci, cukup dengan menyiramnya saja. Setelah itu keringkan. Jangan biarkan bola terlalu lama basah, karena akan lebih cepat rusak.

Menjaga Kelembapan Bola
Dalam hal ini bola sebaiknya digantung saja. Jangan diletakkan di lantai, karena suhu lantai sering berubah. Ini akan berpengaruh terhadap tekanan udara dalam bola dan dapat mempengaruhi keadaan bola.

Selain itu jangan biarkan bola terlalu lama dalam keadaan kempes, karena bola akan lebih cepat rusak, entah bocor atau lapisan cepat rusak/mengelupas. Sehingga alangkah baiknya bila bola jarang dipakai namun tetap dijaga tekanan udara pada bola.

Jangan ditindih atau diduduki
Biasanya saat istirahat latihan kita sering menduduki bola. Itu merupakan hal yang sangat tidak dianjurkan karena akan membuat bola cepat rusak. Seperti bola menjadi lonjong/oval (tidak bulat), sehingga saat bermain membuat tidak nyaman atau enak dikarenakan keadaan bola tersebut. Atau bola menjadi tidak teratur saat digunakan untuk passing ataupun game.

Yach cukup 3 hal saja yang perlu anda lakukan untuk merawat bola futsal dan sepakbola kesayangan anda semua. Selanjutnya kita bahas cara merawat sepatu bola dan futsal agar tidak mudah rusak, awet dan nyaman dipakai.

Cara merawat sepatu bola dan futsal

Bersihkan dan longgarkan
Setelah selesai menggunakan sepatu, segera sepatu anda bersihkan, bisa menggunakan kain lap ataupun mencucinya. Selain itu anda bisa melonggarkan sepatu. Dengan cara mengendorkan tali-tali sepatu. Supaya sirkulasi udara pada sepatu lebih bagus dan tidak menyebabkan sepatu menjadi lembab. Karena saat kita menggunakan sepatu uuntuk bermain maka suhu yang dihasilkan kaki kita sewaktu bermain akan mempengaruhi kelembapan sepatu.

Lepas outsole
Bila outsole sepatu bisa dilepas, maka lepaslah dan bersihkan sekalian. Supaya anda lebih maksimal dalam membersihkan dalamnya sepatu.

Tempatkan pada suhu sedang
Jika sepatu tidak digunakan simpanlah pada suhu yang sedang, jangan ditaruh dilantai atau diluar rumah. Ini tidak baik selain suhu berganti-ganti, juga sepatu bisa hilang kalau ditaruh di luar rumah heheh.

Keringkan
Usahakan sepatu yang akan disimpan itu benar-benar kering, agar tidak mudah tumbuh jamur ketika disimpan. Gunakan sepatu disaat kering.

Kasih minyak sepatu
Bila sepatu anda terbuat dari kulit asli maka gunakanlah minyak kulit untuk menjaga kelembapan pada sepatu dan jangan jemur sepatu kulit anda langsung terkena cahaya matahari.

Sekian dahulu tips Merawat Sepatu Bola Futsal dan Bola agar tidak mudah rusak, awet serta nyaman dipakai. Bila anda mempunyai tips atau cara lain bisa tambahkan pada kolom komentar.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.