Tujuan dan Manfaat Dibuatnya Program Latihan



Salah satu tugas seorang pelatih adalah membuat program latihan. Program latihan sangatlah vital dalam dunia kepelatihan. Karena dengan adanya program latihan maka latihan akan lebih terarah dan lebih teratur.

Untuk menyiapkan pemain dalam menghadapi kompetisi
Untuk meningkatkan kualitas ketrampilan pemain
Untuk membetuk sikap, loyalitas dan kerjasama pemain


Sebelum membuat program latihan, maka seorang pelatih haruslah melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
Menganalisis kebutuhan Tim
Menentukan tujuan dan materi program latihan
Menentukan metode latihan yang pas untuk Tim
Mengevaluasi program latihan yang sudah berjalan.

Analisis Kebutuhan Tim
Analisis kebutuhan Tim sangatlah pokok dan wajib dilakukan oleh seorang pelatih. Karena dengan melakukan hal tersebut seorang pelatih akan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari Tim nya. Sehingga program latihan yang tepat dapat dibuat sesuai kondisi Tim.

Penentuan Tujuan Latihan
Tujuan latihan harus dirumuskan secara detail atau spesifik, agar mudah dimengerti dan dipahami. Entah itu berupa tujuan perubahan perilaku atau perubahan pengetahuan dan ketrampilan. Ataupun target yang inginkan contoh Juara kompetisi atau cukup masuk 4 besar dalam kompetisi.  Sehingga dalam memilih materi latihan pun akan lebih terfokus.

Pemilihan Metode Latihan
Metode melatih juga harus diperhatikan. Karena bila program latihan dan tujuan latihan sudah bagus, namun karena pelatih salah dalam memiilih metode latihan akan fatal akibatnya. Salah satunya pemain tidak menyukai anda. Dan tahu apa itu artinyakan? Latihan tidak akan berjalan lancar dan kondusif.

Evaluasi Latihan
Setiap selesai latihan usahakan selalu sediakan sedikit waktu untuk melakukan evaluasi terhadap para pemain. Seperti tentang suasana latihan hari ini, pemain A melakukan kesalahan seperti ini. Dan biasakan berilah masukan kepada para pemain.

Selain itu seorang pelatih juga wajib melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Artinya mengevaluuasi sendiri program yang telah dijalankannya. Ini berguna untuk mengetahui apakah program latihannya berjalan sesuai dengan tujuannya dan tidak melenceng dari garis tujuan awal.


Semoga dengan adanya Tujuan dan ManfaatDibuatnya Program Latihan diharapkan kan para pelatih semakin baik dan dalam membuat program latihannya. Dan mampu memajukan prestasi sesuai bidang masing-masing. Salam Jaya!
Tujuan dan Manfaat Dibuatnya Program Latihan

You Might Also Like: